Kode Error Printer Canon

Printer merupakan sebuah alat yang dipakai untuk mencetak sebuah dokumen. Printer ini merupakan alat yang sudah usang di pakai dalam dunia percetakan. Perkembangan printer sangatlah pesat ketika ini. Terlihat dari munculnya aneka macam jenis printer terbaru ketika ini. Untuk persaingan pasarpun sangat sengit, untuk kini Canon lebih memimpin pasar printer.

Printer sangat sensitif terhadap apapun. Menggunakan printer harus sangat hati-hati, apabila seenaknya saja memakai printer maka akan banyak kerusakan yang terjadi. Printer sensitif terhadap apapun benda yang masuk kedalamnya, ibarat debu, tanah, rambut, dll. Pertama-tama saya akan menawarkan informasi perihal Kode Error Printer Canon dan solusinya :

Printer merupakan sebuah alat yang dipakai untuk mencetak sebuah dokumen Kode Error Printer Canon

1. Kode awal E
Biasanya terjadi sebab error pada katrid.

2. Kode awal P
Biasanya terjadi sebab error pada komponen printer.

Dari beberapa bencana yang pernah ditemukan pada printer dengan merek Canon dengan Panel LCD, berikut ini merupakan sedikit catatan dari error yang pernah ditemui:

Error Kode E
  • E 04, E 05, E 14, E15 
Indikasi error terjadi sebab adanya katrid yang tidak terbaca (terpasang) dengan baik. Coba cabut katrid, bersihkan elemen pada kepingan belakang katrid dengan tissue lembab dan pasang kembali dengan baik. E 05 atau E 15 biasanya sebab katrid Black, sedangkan E 04 atau E 14 biasanya sebab katrid Color.

Apabila error masih terjadi, hal ini berarti salah satu atau bahkan kedua katrid ada yang sudah tidak berfungsi lagi. Gantilah katrid yang rusak dengan yang masih baik untuk test fungsi printer. Bila Error hilang, berarti katrid harus diganti.

Apabila katrid sudah diganti dan error masih terjadi, maka kemungkinan lain ialah terjadinya kerusakan pada rumah katrid atau kabel data pembaca katrid.
  • E 13, E16 
Error ini memperlihatkan bahwa salah satu dari katrid sudah habis masa pemakaiannya. Jika kita perhatikan, pada Status Printer di komputer akan memperlihatkan bahwa katrid sudah menjadi kosong (Ink Has Run Out). Coba tekan dan tahan tombol RESUME/STOP pada printer beberapa detik (biasanya 3-5 detik) sampai lampu alarm berhenti berkedip. Lakukan sampai dua kali jikalau diperlukan. Apabila sehabis beberapa kali dicoba namun printer masih memperlihatkan error yang sama, kemungkinannya ialah board printer tidak berfungsi dengan baik.

Error Kode P
  • P 02
Carriage Error
Pada printer modifikasi dengan system infus, error ini seringkali terjadi. Pastikan bahwa carriage sanggup bergerak dengan leluasa. Hal yang perlu dipastikan pada error ini adalah:
  1. Tidak ada benda kecil yang masuk ke dalam printer.
  2. Untuk printer dengan system infus, selang pemasok tinta tidak menghalangi lajunya carriage.
  3. Periksa kepingan encoder pada kepingan dalam, pastikan pita dalam keadaan bersih, jikalau terkena cipratan tinta, buka printer dan bersihkan dengan baik.
  • P 03 
Line feed Error
Penyebab utama dari error ini ialah sebab kotornya Disc Encoder pada printer. Terletak di kepingan dalam printer sebelah kiri. Pastikan Disc dalam keadaan bersih. Jika disc dalam keadaan bersih, kemungkinan lain ialah sensor pembaca disc yang bermasalah/rusak.
  • P 05 
ASF Error
Beberapa penyebab dari error ini ialah sensor pendeteksi kertas, roller penarik kertas, dinamo motor dan board printer. Periksa setiap baigian ini satu per satu. Seringkali kerusakan dengan error ini terjadi hanya sebab ASF yang patah atau terdapat kepingan yang tidak berfungsi dengan baik.
  • P 06 
Internal Temp Error
Kerusakan ini terjadi sebab kerja printer yang berlebihan atau sebab printer board printer mengalami kerusakan. Terkadang persoalan sanggup teratasi hanya dengan membersihkan kepingan dalam printer termasuk board printer. Bila hal ini tidak sanggup mengatasi error, maka board sudah harus diganti.
  • P 07
Ink Absorber Full
Error terjadi sebab batas maksimum penggunaan printer sudah tercapai. Untuk mengatasi error ini hanya diharapkan software untuk mereset batas penghitungan penggunaan printer. Pada prinsipnya printer menghendaki semoga busa penampung tinta pembuangan pada kepingan dalam diganti dengan busa penampung yang baru. Pada printer yang sudah memakai sistem pembuangan tinta, hal ini tidak perlu dikhawatirkan.
  • P 08 
Print Head Temp Rise
Hal ini terjadi sebab head pada katrid menjadi terlalu panas sehabis printer mencetak secara berlebihan. Biasanya katrid yang terkena efek ialah katrid warna. Gantilah katrid dengan yang baru.
  • P 09 
EEPROM error
Kerusakan terjadi sebab memori pada board mengalami kerusakan. Gantilah board dengan yang baru.
  • P 10 
Board, Carriage, Both Cartridge
Jenis kerusakan ini biasanya akhir dari pencetakan terus-menerus sementara salah satu katrid ada yg sudah rusak (biasana katrid warna sudah habis atau tidak mengeluarkan tinta), sehingga mengakibatkan kerusakan pada board atau carriage. Hal termudah dalam penelurusan kerusakan untuk error ialah mengganti katrid terlebih dahulu, gres kemudian pada penggantian carriage atau board.
  • P 15 
VBUS over currant
Kelebihan arus pada USB printer ini sanggup mengakibatkan kerusakan pada board. Cobalah mengganti kaber USB terlebih dahulu, jikalau masih bermasalah gantilah board printer.
  • P 20 
Other Error
Error ini tidak dikenali oleh Printer Status sehingga printer tidak berfungsi. Untuk mengatasinya ialah dengan mengganti board.
  • P 22
Scanner Error
Kerusakan pada scanner printer biasanya terjadi sebab printer pernah terjatuh atau sebab tertimpa benda yang agak berat. Cobalah perbaiki scanner, jikalau scanner sudah dinggap baik, ganti board printer.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kode Error Printer Canon"

Posting Komentar