Kenapa Pohon Cabai Daunnya Rontok? Ini Cara Mengatasinya!

Ketika menanam cabai niscaya anda pernah melihat daunnya menguning atau kalian niscaya memperha Kenapa Pohon Cabe Daunnya Rontok? Ini Cara Mengatasinya!Ketika menanam cabai niscaya anda pernah melihat daunnya menguning atau kalian niscaya memperhatikan peroses menguningnya daun cabai ini. Lalu kenapa pohon cabai daunya rontok? Apa penyebabnya?  Nah berikut penyebab kenapa pohon cabai daunya rontok menyerupai cara merawat bunga mawar yang sudah dirangkai.


kenapa pohon cabai daunya rontok hal ini disebabkan oleh penyakit pada pohon cabai yakni nekrosis dan juga klorosis. kedua penyakit ini sering kali dipaparkan sebagai penyebab utama daun cabai menjadi rontok.


Karena ganguan kesehatan dari pohon cabai ini ganguan kesehatan ini biasanya disebabkan oleh kekurangan unsur hara tertentu. Hal ini sudah menjadi sesuatu yang umum dan sering terjadi diberbagai tempat dalam kategori pertanian dunia hortikultura.


Jika pohon cabai ini terkena penyakit nekrosis serta klorosis maka daunya akan menguning, lantaran tumbuhan kekurangan unsur hara Chlor, Kalsium (Ca), Kalium (K), Nitrogen (N), Magnesium (Mg), dan Zn (Seng). Keempat unsur hara tersebut begitu penting untuk mencegah biar tumbuhan cabai supaya tidak mengalami tanda-tanda nekrosis dan klorosis.


Gejala klorosis dan nekrosis pada pohon cabai juga memperlihatkan ciri-ciri lain  seperti mempunyai tubuh yang kerdil, pertumbuhannya lambat, serta gampang terjangkit hama dan penyakit. Gejala klorosis dan nekrosis juga selalu diikuti dengan kerontokan pada daun (absisi), lantaran produksi hormon ABA terjadi secara berlebihan.


Solusi untuk mengatasi apabila tumbuhan mengalami tragedi klorosis dan nekrosis yaitu untuk memakai takaran pupuk yang sempurna sesuai anjuran, kurangi penggunaan pupuk N dengan takaran terlalu tinggi.


Sekaligus juga imbangi dengan penggunaan pupuk berkadar Kalsium dan Kalium cukup. Semoga bermanfaat menyerupai cara menanam daun antanan. Tidak hanya disebabkan oleh penyakit akan tetapi kenapa pohon cabai daunnya rontok juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti:



  1. Tanaman kekeringan

  2. Tidak mendapat cahaya atau tertutup atap

  3. Tanah terlalu lembab atau basah

  4. Serangan virus CMV atau dengan kepanjangannya yaitu Cucumber Mozaik Virus dan Virus Gemini,

  5. Serangan hama Thrips, Tungau atau Aphids

  6. Kelebihan atau kekurangan pupuk Nitrogen

  7. Kekurangan unsur Kalsium

  8. Kekurangan salah satu unsur Mikro

  9. Serangan penyakit Antraknosa


Nah itulah penyebab kenapa pohon jambu daunya rontok. Lalu apakah cara untuk mencegah terjadinya kerontokan daun pada pohon cabai menyerupai kenapa bunga belimbing rontok. Berikut beberapa cara mencegah rontoknya daun cabe:



  • Menjaga kondisi tanah biar tetap lembab dimusim kemarau. Dengan melaksanakan penyiraman rutin supaya kebutuhan air tercukupi. Karena itu usahakan menanam cabai dilahan yang bersahabat dengan sumber air. Kekeringan ialah penyebab utama gugurnya bunga cabai di isu terkini kemarau.

  • Menanam cabai pada lahan yang mendapat sinar matahari penuh. Hindari menanam pada lahan yang bersahabat dengan pohon-pohon besar atau gedung. Tanaman cabai memerlukan sinar matahari secara penuh untuk menunjang pertumbuhannya.

  • Gunakan mulsa plastik hitam perak bila menanam pada isu terkini hujan. Mulsa plastik berfungsi untuk menjaga kondisi tanah supaya tidak terlalu basah.

  • Langkah awal yang sempurna ialah mencegah penyebaran virus . Pencegahan sanggup dilakukan dengan cara mengendalikan vektornya, yaitu kutu kebul dan aphids. Hindari menanam pada bekas atau bersahabat dengan  tumbuhan cabai dan kacang panjang.

  • Cegah semenjak dini serangan hama kutu-kutuan menyerupai thrips, aphids atau tungau. Gunakan pestisida sempurna target dan takaran sesuai rekomendasi. Untuk mengatasi hama dari jenis kutu-kutuan gunakan insektisida berbahan aktif abamectin dan profenofos. 






  • Jangan memperlihatkan pupuk nitrogen terlalu banyak. Hal ini selain mengakibatkan kerontokan bunga juga mengakibatkan tumbuhan rentan terhadap penyakit yang lain. Juga jangan hingga tumbuhan kekurangan unsur nitrogen. Berikan pupuk nitrogen sesuai dengan kebutuhan tanaman.

  • Gunakan pupuk kalsium sebagai pupuk dasar untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tanaman. Atau memperlihatkan kalsium dengan penyemprotan. Semprotkan kalsium pada dikala tumbuhan cabai akan memasuki fase pembungaan (generatif), lakukan penyemprotan setiap 10 – 15 hari sekali.

  • Unsur mikro perlu diberikan dengan penyemprotan pupuk daun. Walaupun diharapkan dalam jumlah yang sangat sedikit, kekurangan unsur hara mikro juga sanggup mengakibatkan kerontokan bunga. Semprotkan pupuk daun sesuai dengan takaran yang direkomendasikan.

  • Antraknosa merupakan penyakit tumbuhan cabai yang disebabkan oleh jamur. Penyakit ini sanggup mengakibatkan gugurnya bunga dan buah cabai. Semprotkan fungisida untuk mencegah penyakit antraknosa semenjak dini, yakni semenjak munculnya bunga pertama. Sebab bila sudah parah penyakit antraknosa sangat sulit dikendalikan. Untuk mengendalikan penyakit antraknosa gunakan fungisida berbahan aktif mancozeb bergabtian dengan propinep.


Nah itulah penyebab dan pencegahan dari rontoknya daun cabai tersebut. Adapun manfaat dari cabai sehingg banyak petani yang membudidayakan cabai ialah: meningkatkan imunitas, menurunkan berat badan, mengatasi diabetes, menyehatkan pencernaan, meredakan rasa sakit, mengurangi rasa sakit kepala, mengurangi rasa pegal, melancarkan pernafasan menyerupai tips menanam maringold.


Selain mempunyai manfaat cabai juga mempunyai banyak sekali fungsi yang dikandungnya seperti: kandungan vitamin C yang tinggi vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menguatkan imun tubuh, vitamin B6 yang terdapat pada cabai mempunyai tugas penting dalam metabolisme tubuh, vitamin K6 kuat pada pembekuan darah dan kesehatan tulang dan ginjal menyerupai tips menanam nangkadak.


Potassium sanggup mengurangi risiko penyakit jantung, copper merupakan elemen sisa antioksidan yang mempunyai fungsi untuk kesehatan neuron dan tulang yang kuat, beta karoten ditemukan pada cabai merah, dan ketika masuk ke dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A. Nah bukankah tumbuhan cabai ini mempunyai potensi yang tinggi? maka laba menanam pohon cabai ini merupakan sebuah laba yang sangat besar.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kenapa Pohon Cabai Daunnya Rontok? Ini Cara Mengatasinya!"

Posting Komentar