Download Ajaran Skoring Pengukuhan Jenjang Smp Atau Mts
Bobot Komponen Instrumen Akreditasi
Instrumen Akreditasi SMP/MTs disusun menurut delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 169 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban.
Bobot Butir Instrumen Akreditasi
Instrumen Akreditasi SMP/MTs memuat 169 butir pernyataan, masing-masing mempunyai bobot butir yang berbeda-beda tergantung dukungannya terhadap pembelajaran bermutu. Bobot butir pernyataan terendah ialah 1, dan bobot butir pernyataan tertinggi ialah 4.
Definisi operasional bobot butir ialah sebagai berikut. y Bobot 1 ialah bobot minimal untuk mendukung fungsi butir dalam proses pembelajaran semoga sanggup berlangsung. y Bobot 2 ialah bobot yang mendukung fungsi butir tersebut dalam proses pembelajaran yang layak. y Bobot 3 ialah bobot yang mendukung fungsi butir tersebut dalam proses pembelajaran yang baik. y Bobot 4 ialah bobot maksimal yang mendukung fungsi butir tersebut dalam proses pembelajaran yang sangat baik.
Skor Butir Instrumen Akreditasi
Seluruh butir pernyataan Instrumen Akreditasi SMP/MTs merupakan pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi balasan yaitu A, B, C, D, dan E. Ketentuan skor setiap opsi balasan sebagai berikut. Butir pernyataan yang dijawab A memperoleh skor = 4. Butir pernyataan yang dijawab B memperoleh skor = 3. Butir pernyataan yang dijawab C memperoleh skor = 2. Butir pernyataan yang dijawab D memperoleh skor = 1. Butir pernyataan yang dijawab E memperoleh skor = 0. Skor 4 disebut dengan Skor Butir Maksimum.
Perhitungan Jumlah Skor Tertimbang Maksimum
Jumlah Skor Tertimbang Maksimum untuk masing-masing komponen pengakuan diperoleh dengan rumus:
Jumlah Skor Tertimbang Maksimum untuk masing-masing komponen akreditasi,
Penentuan Nilai Akhir Akreditasi
Berikut ini langkah-langkah untuk memilih Nilai Akhir Akreditasi.
- Mengkonversikan setiap opsi balasan A, B, C, D, atau E ke dalam skor butir. Butir pernyataan instrumen yang dijawab A memperoleh skor butir 4 (A=4), B=3, C=2, D=1, dan E=0. Contoh balasan butir pernyataan instrumen beserta skor butir untuk standar isi ditunjukkan pada Tabel 3, kolom 2 dan 3.
- Masukkan bobot butir standar isi ke dalam Tabel 3, kolom 4.
- Menghitung Skor Tertimbang Perolehan untuk masing-masing butir dengan rumus: Masukkan hasil Skor Tertimbang Perolehan untuk standar isi yang diperoleh ke dalam Tabel 3, kolom 5, dari nomor butir 1 hingga dengan 17.
- Menghitung Jumlah Skor Tertimbang Perolehan dengan cara menjumlahkan skor tertimbang masing-masing butir, ditunjukkan pada Tabel 3 Kolom 5 baris terakhir. Jumlah Skor Tertimbang Perolehan untuk standar isi sama dengan 128. Selanjutnya masukkan Jumlah Skor Tertimbang Perolehan ini ke dalam Tabel 4, kolom 5 pada standar isi.
- Mengulang langkah E1, E2, E3, dan E4 di atas untuk komponen 2 (standar proses) hingga dengan komponen 8 (standar evaluasi pendidikan). Selanjutnya masukkan Jumlah Skor Tertimbang Perolehan ke dalam Tabel 4, kolom 5 pada standar proses hingga dengan standar evaluasi pendidikan.
- Menentukan Nilai Komponen Akreditasi dengan rumus:
Download File
Sumber http://mtsduc.blogspot.com/
0 Response to "Download Ajaran Skoring Pengukuhan Jenjang Smp Atau Mts"
Posting Komentar