Cara Menanam Tomat Dalam Pot Atau Polybag

Cara menanam tomat di pot atau polybag memakai biji terbilang cukup mudah, hanya diharapkan waktu 3 bulan saja Anda juga sudah sanggup memanen tomat yang Anda tanam. Sebagaimana yang kita ketahui, tomat merupakan salah satu jenis tumbuhan sayuran ini populer dengan kandungan nutrisinya yang melimpah. Selain itu, tomat sanggup diolah menjadi banyak sekali macam masakan, mulai dari jus, saus, suplemen kasar asem, dan masih banyak lagi. Selain dibentuk sebagai masakan, ternyata tomat juga mempunyai khasiat yang manis untuk merawat kulit wajah Anda. Jenis tomat sendiri gotong royong sangat beragam, mulai dari tomat sayur, tomat buah, tomat cherry, dan masih banyak lagi. dari setiap tomat tersebut, mempunyai ciri masing-masing yang membedakan satu sama lain. Jika Anda berminat untuk membudidayakan tomat ini di rumah, alangkah baiknya Anda menyimak uraian berikut ini.


Cara menanam tomat di pot atau polybag memakai biji terbilang cukup gampang Cara Menanam Tomat Dalam Pot Atau Polybag
Menanam tomat dalam pot sangat gampang dilakukan. Pohon tomat yang ditanam di dalam pot dan diletakkan di teras rumah pastinya akan memudahkan Anda disaat merawat hingga memanen buahnya.

Persiapan Untuk Menanam Tomat di Rumah


Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk sanggup menanam tomat dengan biji di pot atau polybag, antara lain:


Menyiapkan Pot Atau Polybag


Karena Anda hendak menanam tomat pada pot atau polybag, maka ketersediaan pot atau polybag menjadi suatu keharusan. Untuk ukuran pot atau polybag sanggup diadaptasi dengan kebutuhan.


Menyiapkan Media Tanam


Untuk sanggup menanam tomat di pot atau polybag, Anda perlu menyiapkan media tanam yang tepat. Media tanam sanggup dibentuk dari kombinasi tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Media tanam tomat sanggup dibentuk beberapa hari sebelum ditanami semoga mineral dalam kompos sanggup menyatu dengan tanah. Upayakan media tanam mempunyai pH 5.5 – 7, serta mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi semoga pertumbuhan tomat tidak terhambat.


Memilih Benih Tomat


Untuk mendapat tumbuhan tomat yang sehat dan menghasilkan buah yang banyak, maka Anda harus bisa menentukan benih unggulan. Hanya saja Anda perlu menentukan terlebih dahulu jenis tomat apa yang hendak Anda tanam. Setelah itu Anda sanggup membeli benih tomat yang masih berupa biji tomat yang lalu sanggup Anda semaikan sendiri di rumah.


Menyemaikan Benih Tomat


Cara menanam tomat di pot atau polybag memakai biji terbilang cukup gampang Cara Menanam Tomat Dalam Pot Atau Polybag
Benih tomat yang telah disemai mulai tumbuh menghasilkan batang hijau dan daun muda yang masih kecil.

Setelah membeli benih tomat, semaikan benih tersebut pada media semai yang sanggup terdiri dari bedengan-bedengan. Usahakan menempatkan media semai pada daerah yang tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung. Siram media semai secara teratur semoga tetap dalam kondisi lembab. Dengan demikian benih akan cepat tumbuh. Setelah bibit berusia 14 hari, maka Anda sanggup memperlihatkan pupuk untuk merangsang pertumbuhan bibit. Pupuk yang dipakai sanggup berupa pupuk kompos, atau pupuk buatan pabrik. Bibit tomat ini gres siap ditanam ketika usianya sudah mencapai 1 bulan.


Proses Penanaman dan Perawatan Tomat Pada Pot Atau Polybag


Setelah tahap persiapan selesai, Anda sanggup eksklusif menanam tomat pada media tanam yang telah dimasukkan pada pot atau polybag. Cara pencabutan bibit dari media semai perlu dilakukan secara perlahan semoga akar bibit tomat tidak putus, kalau perlu sirami dulu tanah pada media semai semoga bibit gampang dicabut. Jika Anda memakai media semai berupa polybag kecil, maka Anda sanggup menyobek polybag tersebut untuk sanggup ditanam pada pot atau polybag yang ukurannya lebih besar. Selanjutnya tanah yang dipakai sebagai media semai sanggup ikut ditanam pada pot atau polybag yang baru.


Cara menanam tomat di pot atau polybag memakai biji terbilang cukup gampang Cara Menanam Tomat Dalam Pot Atau Polybag
Menanam tomat di dalam pot sebaiknya diberi penyangga sebagai penopang tumbuhan tomat tetap tumbuh ke atas.

Setelah bibit tomat dipindahkan, Anda perlu memperlihatkan perawatan teratur untuk menjaga tumbuh kembang tomat tersebut. untuk beberapa hari pertama, Anda perlu melaksanakan penyiraman rutin guna menghindari kekurangan air pada pohon tomat. Sementara sesudah itu tomat relative tidak membutuhkan banyak air sehingga Anda cukup melaksanakan penyiraman 2 hari sekali saja. Anda juga perlu memperlihatkan tongkat atau kayu penyangga untuk tomat semoga sanggup tumbuh secara tegak. Upayakan untuk rutin memangkas tunas gres yang tumbuh semoga proses pembuahan tomat semakin cepat.


Cara menanam tomat di pot atau polybag memakai biji terbilang cukup gampang Cara Menanam Tomat Dalam Pot Atau Polybag
Menanam tomat di dalam polybag juga memerlukan peyangga, apalagi dikala tumbuhan sudah mulai berbuah. Penyangga kayu atau besi membuat buahnya tidak berjatuhan ke bawah dan tetap tumbuh tegak.

Anda perlu memperlihatkan tambahan nutrisi untuk tumbuhan tomat Anda dengan pupuk kompos yang sanggup diberikan pada masa satu ahad sesudah pemindahan bibit. Setiap pot atau polybag, Anda cukup memberi sekitar satu genggam saja. Jika tumbuhan tomat Anda terjangkit penyakit, segeralah untuk mencabutnya dan membuangnya semoga tidak hingga menulari pohon tomat lainnya. Jika memang sangat urgen, Anda sanggup memperlihatkan pestisida alami untuk mengatasi penyakit yang menyerang tomat.


Masa Panen Tomat Yang Ditanam di Pot atau Polybag


Cara menanam tomat di pot atau polybag memakai biji terbilang cukup gampang Cara Menanam Tomat Dalam Pot Atau Polybag
Buah tomat sudah siap dipanen.

Masa panen tomat terbilang cukup cepat, lantaran dalam jangka waktu tidak hingga 100 hari Anda sudah sanggup memanen tomat-tomat yang Anda tanam. Ciri yang menunjukan tomat siap dipanen yaitu perubahan warnanya yang awalnya hijau menjadi agak kekuning-kuningan. Hanya saja pemanenan tomat tidak sanggup dilakukan secara sekaligus lantaran kemunculan buah tomat pun tidak dalam waktu yang bersamaan.


Demikianlah langkah-langkah menanam tomat dengan memakai biji pada pot atau polybag. Semoga sanggup bermanfaat untuk Anda sekalian 🙂


Kami juga menyediakan banyak sekali macam varietas benih tomat, mulai dari tomat biasa hingga tomat unik ada disini. Cek kini juga yukkk!!



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Tomat Dalam Pot Atau Polybag"

Posting Komentar