Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Cara tanam menanam memang sudah merupakan hal yang lumrah bagi semua orang dimanapun alasannya yaitu di setiap kita berjalan niscaya kita akan mendapat tumbuhan dimana-mana mulai dari tumbuhan kecil, sedang, sampai besar ibarat pohon dan lain sebagainya. Jika cara bercocok tanam pada umumnya memang sudah banyak dikenal oleh semua masyarakat, nah bagaimana dengan cara menanam tumbuhan hidroponik yang bahkan merupakan istilah absurd bagi beberapa orang? Pasti banyak yang beranggapan bahwa cara ini susah dan bahwasanya rasa pesimis inilah yang membuatnya semuanya terlihat susah alasannya yaitu bahwasanya cara menanam tumbuhan hidroponik sanggup di lakukan dengan sangat gampang dan sanggup eksklusif dipraktikkan dengan memakai peralatan sederhana dan dengan menyiapkan bibit terlebih dahulu. Pada cara penanaman tumbuhan hidroponik ini memang sangat bervariasi sekali dan bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara menanamnya maka eksklusif saja simak ulasan dibawah ini.


Cara Menanam Hidroponik Dengan Sistem Wick ( Botol )


Cara tanam menanam memang sudah merupakan hal yang lumrah bagi semua orang dimanapun karen Cara Menanam Tanaman Hidroponik
Contoh penanaman hidroponik sistem wick.

Cara ini merupakan hal yang sangat gampang dilakukan alasannya yaitu hanya memakai botol minuman yang sudah bekas atau habis digunakan yang sanggup dengan gampang dijajal oleh para pemula. Beberapa materi yang harus dipersiapkan pada ketika memakai cara ini yaitu sanggup Anda lihat di bawah ini.


Bahan Yang Digunakan



Langkah-Langkah Yang Dilakukan



  1. Pertama Anda sanggup memotong botol terlebih dahulu lalu buat lubang dengan memakai solder yang berfungsi untuk susukan pembuangan air jikalau ternyata jumlah nutrisi sangat berlebih dan apabila akar tumbuhan memerlukan rongga udara.

  2. Kemudian untai kain lubang botol dengan memakai kain flanel.

  3. Masukkan bibit yang minimal sudah mempunyai daun sebanyak 4 helai pada botol.

  4. Beri nutrisi ke dalam wadah dan sempurna pada pecahan di bawahnya.

  5. Diusahakan untuk menyesuaikan standar PHP air dan juga PPM air.


Cara Menanam Hidroponik Dengan Sistem Apung ( Rockwool )


Cara tanam menanam memang sudah merupakan hal yang lumrah bagi semua orang dimanapun karen Cara Menanam Tanaman Hidroponik
Contoh penanaman hidroponik memakai media tanam rockwool.

Cara hidoponik berikutnya yaitu dengan memakai sistem apung atau materi rockwool. Awalnya cara ini digunakan sebagai isolasi didalam konstruksi yang sanggup membangun ruangan dengan kedap suara. Bahan rockwool juga sanggup digunakan tanpa ada batas waktu yang sering disebut juga dengan sistem pembenihan.


Bahan Yang Digunakan



Langkah-Langkah Yang Dilakukan



  1. Hal yang pertama harus dilakukan yaitu dengan merendam bibit terlebih dahulu selama 30 menit.

  2. Basahkan media dengan memakai air higienis dan diamkan sampai air siraman yang berlebih sanggup menetes.

  3. Buatlah lubang kecil pada rockwool dengan cara digaritkan membentuk bujur sangkat dengan jarak 2 cm.

  4. Letakkan bibit secara satu persatu pada tiap tiap lubang dengan memakai posisi titik tumbuh mengarah pada pecahan bawah sekitar 0,5 cm yang sanggup dilakukan dengan memakai pinset. Jika sudah maka tutup bibit dengan memakai mulsa.

  5. Simpan bibit dengan suhu yang terjaga kelembabannya dan semprot dengan hand sprayer.

  6. Setelah 7 hari, bibit akan mulai berkecambah dan plastik mulsa sanggup dibuka kembali biar bibit sanggup terkena sinar matahari.

  7. Penyiraman sanggup dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.


Cara Menanam Hidroponik Dengan Sistem Substrat ( Media Pasir )


Cara tanam menanam memang sudah merupakan hal yang lumrah bagi semua orang dimanapun karen Cara Menanam Tanaman Hidroponik
Contoh penanaman hidroponik sistem substrat. Penggunaan polybag bisa diganti dengan media tanam pot.

Hidroponik berikutnya sanggup dilakukan dengan memakai sistem substrat yang memanfaatkan media pasir. Pada sistem ini terdapat kemampuan untuk menjaga kelembaban pada media yang diubahsuaikan juga dengan ukuran partikelnya.


Bahan Yang Digunakan



Langkah-Langkah Yang Dilakukan



  1. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menanam bibit yang diharapkan pada sebuah polybag yang berisi pasir dan sanggup juga ditambah dengan arang atau sekam.

  2. Jika bibit sudah tumbuh maka anda sanggup memindahnya pada lubang yang terdapat di media hidroponik yang juga memakai polybag besar. Usahakan melaksanakan pemindahan pada sore hari.

  3. Berikan larutan nutrisi dengan memakai selang plastik yang sanggup digunakan sebagai pedoman tunjangan nutrisi. Kebutuhan nutrisi yang diberikan harus mempunyai kandungan unsur makro yang cukup ibarat N, P, K, Ca, dan juga Mg. Pupuk lainnya juga sanggup dicampurkan ke dalam kolam air yang lalu sanggup dialirkan pada polybag.

  4. Nutrisi sanggup dilakukan sebanyak 5 – 8 kali dalam sehari.


Cara Menanam Hidroponik Dengan Sistem NFT ( Paralon )


Cara tanam menanam memang sudah merupakan hal yang lumrah bagi semua orang dimanapun karen Cara Menanam Tanaman Hidroponik
Contoh penanaman secara hidroponik sistem NFT (Nutrient Film Technique).

Cara hidroponik lainnya yaitu sistem NFT atau Nutrient Film Technique yang bertujuan untuk mengontrol bagaimana kemiringan paralon yang besar lengan berkuasa terhadap produksi tumbuhan atau pertumbuhan tanaman. Makara pada pada dasarnya sistem ini yaitu budidaya tumbuhan yang menciptakan pecahan akar tumbuhan tumbuh pada lapisan nutrisi yang sangat dangkal dan juga tersikulasi sehingga tumbuhan tersebut sanggup memperoleh air yang cukup.


Bahan Yang Digunakan



Langkah-Langkah Yang Dilakukan



  1. Hal yang pertama harus dilakukan yaitu dengan menciptakan rak sebagai penopang yang memakai pipa dengan panjang sekitar 65 cm.

  2. Buat nutrisi dengan memakai wadah ibarat kolam dan lain sebagainya dengan volume 20 liter.

  3. Masukkan jenis bibit yang digunakan ke dalam rockwool dan tunggu sampai pertumbuhannya berjalan secara maksimal dengan tunjangan nutrisi yang cukup.


Cara Menanam Hidroponik Dengan Sistem Water Culture System ( Media Air )


Cara tanam menanam memang sudah merupakan hal yang lumrah bagi semua orang dimanapun karen Cara Menanam Tanaman Hidroponik
Contoh penanaman memakai sistem kultur air atau Water Culture System.

Cara hidroponik yang terakhir yaitu dengan memakai sistem water culture system atau dengan memakai media air yang sangat gampang untuk dilakukan. Makara pada sistem ini yang diharapkan hanyalah media air.


Bahan Yang Digunakan



Langkah-Langkah Yang Dilakukan



  1. Hal yang pertama harus dilakukan yaitu dengan memberi adonan nutrisi ke dalam bak.

  2. Setelah itu masukkan semua netpot pada sterofoam.

  3. Jika sudah maka sobek pecahan tengah rockwool dan isi dengan bibit dan lalu letakkan ke dalam netpot.

  4. Lama kelamaan bibit tadi akan tumbuh kecil sampai pecahan akarnya menggantung di air nutrisi hidroponik yang menciptakan bibit menjadi tumbuh tinggi.


Itulah beberapa info mengenai cara menanam tumbuhan hidroponik yang sanggup eksklusif anda terapkan dengan memakai beberapa cara yang ada. Bagi Anda yang masih sangat awal atau pemula sanggup memakai sistem wick yang memakai botol bekas atau sanggup juga dengan memakai sistem apung yang memakai rockwoll. Cara hidroponik sederhana tersebut sanggup Anda kembangkan ketika Anda sudah berhasil menjajal cara gampang ini. Tidak perlu takut rugi untuk membudidayakan tumbuhan dengan memakai tehnik ini alasannya yaitu hasil panen yang diberikan rupanya lebih melimpah asal perawatan dan pemeliharaan dilakukan dengan benar.


Kami juga menyediakan banyak sekali macam perlengkapan hidroponik, silahkan klik disini untuk melihatnya.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Tanaman Hidroponik"

Posting Komentar