All About Layer Manga Studio


Bagi kalian yang gres berguru mengenai digital painting niscaya ketika menonton tutorial gundah apasih layer? itulah yang terjadi pada saya,yah menyerupai layer kalau diterjemahkan merupakan lapisan dalam bahasa indonesia.

Makara sanggup dikatakan ketika kita menciptakan new canvas (halaman kerja / paper di manga studio), kita sanggup menambahkan layer (lapisan) seberapa banyak dengan yang kita butuhkan, mungkin dari kalian akan bertanya mengapa kita memerlukan layer? nah ketika kita menambahkan layer 1 kemudian kita menggambar skema di layer satu, sehabis itu kita menambahkan layer 2 dan kita mulai inking,pada ketika proses inking kita menghapus, yang terhapus hanya pada layer yang kalian sedang kerjakan, jadi layer satu tidak akan berpengaruh, jadi tugas layer ini sangat memudahkan para artist ketika menggambar sebab dengan adanya layer sanggup menimalisir kesalah. 



ketika kalian membuka manga studio dan menciptakan new canvas, kalian telah di sediakan layer yang pertama paling bawah paper dan layer 1, kalau kalian ingin menambahkan layer lagi, kalian sanggup klick pada tanda panah menyerupai diatas. 


L
LLalu aku akan menciptakan skema di layer tersebut, jadi layer sanggup kita rename supaya gampang mengingat, yang mana layer untuk coloring, inking dan lainnya. 

LLalu aku akan atur opacity, tingkat transparan pada layer tersebut, jadi sebelum aku akan inking gambar tersebut, sebelumnya supaya lebih gampang akan aku turunkan opacity menjadi 25 supaya lebih transparan, kalian sanggup menurunkan senyaman kalian ketika akan mulai proses inking. 


Lalu buat new layer,dan mulailah proses inking di layer terebut, INGAT sebelumnya pastikan kalau kalian klik dulu layer gres ingking kalian sebelum proses inking, supaya kalian tidak menciptakan line art (inking) pada layer sketch kalian. 




Setelah proses inking, nah kini saatnya kita untuk menghapus atau menghilangkan  skema kita, caranya dengan meng hilangkan tanda mata pada tanda panah diatas dengan cara men kliknya, sehabis itu skema yang kalian buat pada layer tersebut akan hilang 


hilang




jadi menyerupai kalian lihat diatas,layer banyak jenis nya, kalian sanggup meng klik tanda panah merah bertuliskan normal menyerupai diatas, akan banyak terlihat jenis-jenis dari layer,kalian sanggup merubah layer menyerupai yang kalian inginkan. APA bedanya? yuk kita pelajari 



Untuk mengetahi  fungsi-fungsi layer, kita tambahkan dulu layer gres diatas layer inking, kemudian ganti layer gres tersebut dari normal menjadi multiply, apa fungsinya? sebentar lagi kita akan belajar 



SSetelah itu kalian seleksi kepingan yang ingin kalian warnai, gunakan pollylinemarquee atau magic wand, sehabis itu pilih warna yang kalian ingin kan, kemudian klik fill.





Beginilah hasilnya, ketika kalian memakai multiply layer, jadi line art kalian tidak tertumpuk dengan warna pada proses coloring.



Berbeda kalau kalian memakai layr normal, line art yang sebelumnya kalian buat sebelumnya akan hilang. 



Namun kalau kalian memindahkan layer yang kalian gunakan tadi menjadi di bawah layer inking kalian, inking (line art ) kalian akan muncul, jadi simpelnya layer paling atas tidak akan terpengaruh oleh layer di bahwanya. 


kita akan berguru layer lainnya, pelengkap new layer kemudian rubah menjadi add glow



menyerupai namanya,kita akan menambahkan imbas cahaya, aku akan gunakan brush tool, yang aku gunaan yang soft 




tanda bulat merupakan kepingan yang aku apply, jadi sanggup dikatakan pada layer add glow hanya akan memperlihatkan imbas yang terlihat kalau ada warna dasar sebelumnya, namuan ketika kalian apply pada kepingan putih tanpa warna tidak akan terlalu terlihat efeknya. 


Namun keika kaian rubah menjadi normal, pada layer tersebut, akan berubah menyerupai ini, menarik bukan?



kalau kalian rubah ke Color burn layer 



kali ini kita akan menambahkan gradasi pada gambar kita gelap terangnya, nah supaya meminimalisir kesalahan kita buat layer baru, dengan tipe multiply. 


Lalu kalian seleksi kepingan yang ingin kalian tambahkan warna,lalu fill dengan bucket tool.



Jika warna nya terlalu pekat kalian sanggup hapus dengan soft eraser.
Ada juga tutorial basic mengenai manga studio yang sanggup kalian tonton di youtube channel manga belajar, dibawah ini.








Semoga tutorial kali ini mengenai layer sanggup membantu kalian yang gres berguru mengenai digital painting, kurang lebih pada photoshop juga sama dan software lainnya. kalau kalian masih binggung just leave me comment down below, see you








Sumber http://mangabelajar.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "All About Layer Manga Studio"

Posting Komentar