10 Kutipan Zaha Hadid Wacana Arsitektur

Dikutip dari Tempo. Zaha Hadid hari ini dikenang melalui Google Doodle. Tak diragukan lagi arsitek wanita kelahiran Irak, 31 Oktober 1950, ini yaitu sosok jenius di bidangnya.

Zaha Hadid dikenal sebagai Ratu Kurva alasannya karya-karyanya, yang alih-alih menggunakan sudut-sudut tajam, malah menggunakan kurva dan gelombang. Zaha sangat inspirasional, baik melalui karya maupun pernyataannya.

 Zaha Hadid hari ini dikenang melalui Google Doodle 10 Kutipan Zaha Hadid Tentang Arsitektur
10 Kutipan Zaha Hadid Tentang Arsitektur

 
Berikut 10 pernyataan yang sangat menginspirasi perihal arsitektur:

1. Bukan Sekadar Tempat Berteduh


"Arsitektur bukan sekadar daerah berteduh, melainkan rumah kesederhanaan yang seharusnya menggairahkan dan membuat kita berpikir lebih jauh."

2. Arsitektur yaitu Tulisan


"Arsitektur itu menyerupai menulis. Anda harus menyuntingnya berulang kali biar terlihat sederhana dan bermakna."

3. 360 Derajat


"Sudut ada 360 derajat. Kenapa kita hanya membuat satu dan sangat kaku?"

4. Arsitektur yaitu Kebahagiaan


"Arsitektur ialah berbicara perihal kesejahteraan, daerah orang dapat nyaman berada di bawah satu ruang, daerah berlindung, dan mengembangkan kebahagiaan."

5. Dunia Kontemporer


"Melalui karya, saya mencoba untuk menemukan sebuah arsitektur dan bentuk perencanaan kota yang sama tapi dalam cara yang kontemporer. Lalu saya mulai mencoba membuat bangunan yang berkilau mirip permata yang terisolasi. Lalu menghubungkannya satu dengan yang lain untuk membuat lanskap baru, mengalir bersama kota dan kehidupan masyarakat mereka."

6. Desain


"Desain yang brilian akan selalu mendapat masukan dan memperlihatkan manfaat bagi orang lain."

7. Lanskap dan Inspirasi


"Saya tidak pernah kehilangan inspirasi. Keindahan lanskap, di mana pasir, alang-alang, burung, bangunan, dan manusia, entah bagaimana mengalir bersama. Mereka tidak pernah meninggalkan saya."

8. Arsitek Perempuan


"Dulu saya tidak suka disebut arsitek perempuan. Saya bilang, 'sebut saya arsitek saja'. Tapi semakin ke sini saya sadar komplemen itu sangat dapat meyakinkan sesama wanita untuk maju dan berkembang. Sejak ketika itu saya tidak keberatan lagi."

9. Desain Industri


"Memang, desain kita akan menjadi lebih ambisius ketika melihat kemungkinan gres yang dapat diciptakan oleh teknologi dan industri."

10. Arsitektur dan Fashion


"Arsitektur yaitu bagaimana insan menempatkan dirinya ke dalam sebuang ruang. Sementara fashion, bagaimana kau menempatkan objek ke dalam badan seseorang."

Nah, demikian kutipan Zaha Hadid mengenai arsitektur, sungguh menginspirasi.

Credits :
AMRI MAHBUB

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Kutipan Zaha Hadid Wacana Arsitektur"

Posting Komentar