10 Cara Budidaya Udang Lobster Air Tawar Di Aquarium Dengan Murah Dan Praktis

Udang lobster sudah dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu kuliner dengan nilai jual y 10 Cara Budidaya Udang Lobster Air Tawar di Aquarium dengan Murah dan PraktisUdang lobster sudah dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu kuliner dengan nilai jual yang terbilang tinggi di pasaran. Budidaya udang lobster tawar di aquarium merupakan salah satu budidaya binatang dengan peluang perjuangan yang cukup baik.


Hal ini sebab udang lobster air tawar ialah termasuk salah satu jenis binatang yang diminati oleh banyak orang sebab rasanya yang enak. Selain dagingnya yang kenyal dan lezat, udan lobster juga termasuk kuliner dengan kadar kolestrol yang rendah. Sehingga, udang lobster menjadi salah satu seafood yang sanggup dimakan tanpa perlu khawatir dengan problem tubuh ataupun jantung selama metode pemasakannya sehat.


Tetapi sayangnya, pasokan lobster airtawar masih cenderung terbatas sebab tidak banyak acara pembudidayaan binatang ini. Maka dari itu, pembudidayaan binatang ini bisa menghasilkan rezeki yang cukup tinggi dengan perawatan yang cukup mudah.


Jika tidak ingin menjual, memelihara lobster juga bisa dijadikan hobi, terutama memelihara udang lobster air tawar di akuarium atau ibarat cara budidaya lobster hias merah. Karena selain praktis, memakai akuarium sebagai media pembudidayaan juga cenderung irit ruang. Maka, artikel ini akan membahas 10 cara budidaya udan lobster air tawar di aquarium dengan murah dan praktis.


1. Menyeleksi Induk


Langkah pertama dalam setiap budidaya binatang yang baik ialah dengan memastikan bahwa induk yang dipilih merupakan induk dengan kualitas unggulan dan tentunya berbeda jenis kelamin supaya terjadi pembuahan. Masing-masing lobster jantan dan betina tentunya mempunyai ciri-cirinya tersendiri.


Lobster jantan mempunyai tonjolan pada pasangan kaki jalan kelima, dihitung dari capit yang dimilikinya dan biasanya mempunyai sisi capit yang berwarna merah. Sementara lobster betina mempunyai sebuah bulatan pada pangkal pasangan kaki yang ketiga.


Selain memahami ciri-ciri dari jenis kelamin lobster yang akan dipakai untuk melaksanakan budidaya, ada juga hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam menentukan induk lobster ibarat cara budidaya pembesaran ikan lele.



  • Umur induk: umur induk yang manis untuk dikembangbiakan ialah 7 bulan, apabila terlalu muda, maka proses pengembangbiakan akan kurang sempurna.

  • Bobot induk: bobot yang ideal bagi induk jantan ialah 30 gram dan induk betina sebesar 20 – 30 gram.

  • Kesehatan induk: pilih induk yang sehat dan jarang sakit semoga anakan yang dilahirkan menjadi lebih kebal penyakit dengan kualitas baik.


2. Persiapan Aquarium


Ukuran aquarium yang dipakai sekitar 100 x 50 x 30 dengan aerator dan pompa filter yang harus disiapkan. Aquarium dengan ukuran tersebut mampun menampung 3 lobster dengan 1 jantan dan 2 betina.


Selain itu, pengisian air di aquarium juga harus diperhatikan, dimana ketinggian air sekitar 15 cm kalau diukur dari dasar aquarium. Yuk simak juga cara budidaya pembesaran ikan koi.


3. Pakan Bergizi


Dalam 10 cara budidaya udan lobster air tawar di aquarium dengan murah dan praktis, pinjaman pakan yang baik dan bergizi juga merupakan hal yang penting ibarat teknik budidaya pembesaran ikan konsumsi. Pemberian pakan biasanya dilakukan 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Karena lobster merupakan binatang nocturnal alias binatang yang aktif di malam hari, mereka pun akan membutuhkan energi lebih banyak pada malam hari.


Maka, pakan yang diberikan di sore hari disarankan lebih banyak dibandingkan pagi hari. Jenis-jenis pakan yang sanggup diberikan lobster ialah butiran pelet yang sanggup karam dalam air atau kuliner alami ibarat kacang-kacangan, umbi-umbian, atau jenis sayuran lainnya yang dimasak terlebih dahulu semoga memudahkan lobster untuk mencerna pakannya.







4. Ketersediaan Oksigen


Lobster air tawar membutuhkan kadar oksigen yang cukup dalam air supaya sanggup tumbuh dengan baik. Maka di akuarium diharapkan peralatan khusus yang dipakai untuk memastikan pasokan oksigen dalam air ibarat aerator. Selain itu, sisa pakan yang ada juga sanggup mengurangi kadar oksigen yang ada dalam akuarium.


5. Kualitas Air


Kualitas air tentunya mempunyai peranan yang penting dalam kelangsungan kehidupan lobster supaya tidak terganggu. Kualitas air yang baik sanggup menjaga kondidi lobster supaya tetap baik dan sehat. Maka dari itu, kondisi air yang jelek justru akan memicu penyakit yang terjadi pada lobster. Hal-hal yang sanggup memperngaruhi kualitas air ialah ibarat sisa makanan.


6. Menjaga Agar tidak Terjadi Kanibalisme Saat Moulting


Lobster merupakan salah satu binatang kanibalisme yang bisa memakan sesamanya. Hal ini sering terjadi pada ketika proses moulting, dimana lobster mengganti cangkang. Hal ini terjadi sebab tubuh lobster sudah membesar dan cangkangnya tidak bisa lagi memuat tubuhnya.


Ketika tubuh lobster keluar dari cangkangnya, lobster akan mengeluarkan aroma anyir dan dangingnya melembek sehingga lobster lain akan mengiranya sebagai makanan. Untuk mencegah hal ini, buatkan satu daerah di akuarium sebagai daerah bersembunyi atau pisahkan lobster yang sedang moulting di akuarium lainnya. Proses ini juga merupakan salah satu dari 10 cara budidaya udang lobster air tawar di aquarium dengan murah dan praktis. Yuk simak juga cara budidaya pembesaran lobster di air tawar







7. Menyediakan Tempat Sembunyi


Selain berkhasiat sebagai daerah sembunyi ketika moulting, lobster juga butuh daerah bersebunyi di siang hari sebagai daerah berjaga ketika ia tertidur. Tempat sebunyi ini sanggup dibentuk dari PVC atau pipa paralon sebagai daerah berlindung. Yuk simak juga cara budidaya kepiting di kolam.


Udang lobster sudah dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu kuliner dengan nilai jual y 10 Cara Budidaya Udang Lobster Air Tawar di Aquarium dengan Murah dan Praktis8.Perhatikan ketika Pengeraman


Ketika lobster jantan dan betina sudah melaksanakan perkawinan dan bertelur, telur-telur tesebut akan dibawa oleh induknya di kepingan bawah sirip renang lobster.


Hal ini akan terjadi selama 1 ½ bulan dan sebaiknya anda mengawasi lobster pada fase ini sampai telur menetas dengan sempurna.


9.Proses Pemijahan


Pemijahan merupakan upaya penjodohan atau pengelompokan antara lobster jantan da betina supaya mereka mendapat pasangan dan dipisahkan ke akuarium yang berbeda. Proses ini sanggup dilakukan pada ketika lobster berumur 7 bulan, dimana mereka mulai mempunyai dorongan untuk mencari pasangan. Yuk simak juga cara budidaya kepiting kenari.


10. Membersihkan Aquarium


Pembersihan aquarium secara teratur tentunya sangat perlu sebab kotoran di aquarium sanggup mengganggu perkembangbiakan lobster. Maka dari itu, pencucian aerator, dinding aquarium, hiasan, filter air, dan sebagainya harus dilakukan secara rutin supaya kenyamanan lobster tetap terjaga.


Itulah 10 cara budidaya udang lobster air tawar di aquarium dengan murah dan praktis. Semoga bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Cara Budidaya Udang Lobster Air Tawar Di Aquarium Dengan Murah Dan Praktis"

Posting Komentar