Tips Merawat Hard Disk Eksternal Supaya Lebih Awet

Harddisk eksternal merupakan sebuah media penyimpanan yang letaknya atau keberadaannya tidak berada di dalam komponen komputer atau laptop. Harddisk merupakan sebuah media penyimpanan data laptop atau komputer yang paling banyak dipakai sampai ketika ini. Harddisk mempunyai kelebihan dibandingkan media penyimpanan data yang lainnya.

Harddisk eksternal ketika ini sanggup dibilang menjadi sebuah perangkat hardware yang sangat penting yang tentunya wajib dimiliki oleh para pengguna komputer atau laptop. Harddisk hampir sama dengan flashdisk, yaitu sama-sama memakai USB sebagai connectornya. Connector USB yang dipakai untuk harddisk eksternal ialah yang versi 3.0, dan begitu juga dengan flashdisk yang sudah ada memakai USB 3.0. Dari segi kapasitas penyimpanan kedua perangkat ini sangatlah berbeda, flashdisk mempunyai kapasitas penyimpanan yang cenderung lebih kecil, sedangkan harddisk eksternal mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar sehingga sanggup menampung data yang lebih banyak. Selain itu, fasilitas dalam membawanya juga menciptakan perangkat yang satu ini banyak diminati oleh banyak orang.

Dibalik aneka macam kelebihan yang dimiliki oleh perangkat yang satu ini , harddisk eksternal juga sangat rentan mengalami kerusakan sama halnya dengan hard disk internal. Nah, kali ini kami akan mencoba untuk memperlihatkan beberapa tips yang gampang untuk merawat hard disk eksternal semoga lebih awet. Langsung aja ya mitra simak penjelasannya di bawah ini.

Harddisk eksternal merupakan sebuah media penyimpanan yang letaknya atau keberadaannya tid Tips Merawat Hard Disk Eksternal Agar Lebih Awet

1. Hindari terhadap benturan yang keras dan getaran

Rata-rata hard disk eksternal hadir dengan belum diengkapi dengan pengamanan, sehingga sangat rentan untuk mengalami kerusakan apabila terkena benturan yang sangat keras ibarat jatuh ke lantai. Apabila sebuah hard disk eksternal mengalami benturan yang keras, maka akan sanggup merusak aneka macam komponen mekanik di dalamnya. Jadi, apabila kau mempunyai hard disk ekternal maka sebisa mungkin hindari dari benturan keras, ibarat terjatuh dari kawasan yang sangat tinggi dan benturan dengan benda solid lainnya. Selain benturan, hindari juga getaran yang berlebihan, ibarat menaruh hard disk di atas speaker yang aktif, maka hal ini juga akan sanggup merusak komponen hard disk sehingga akan mengganggu kinerja hard disk.

2. Jangan pribadi mencabut connector hard disk

Apakah kau sering pribadi mencabut connector hard disk eksternal dari laptop sehabis menggunakannya? kalau iya, maka kau harus mulai menghentikan kebiasaan itu. Hal ibarat ini mungkin terdengar sangat spele, tetapi ternyata kebiasaan ibarat tersebut menjadi salah satu faktor yang menimbulkan kinerja hard disk menjadi memburuk atau bahkan mengalami kerusakan yang tidak sanggup terdeteksi lagi.

Saat melaksanakan transfer data di hard disk, mungkin saja masih ada beberapa data yang belum benar-benar ditulis pada hard disk dan masih tertinggal di cache memory, bahkan sanggup saja data yang sedang dipakai itu berasal dari hard disk eksternal. Ketika kau pribadi mencabut connectornya, maka akan menimbulkan data menjadi corrupt. Akan lebih parah, kalau pribadi mencabut connector harddisk dari komputer yang akan sanggup menimbulkan terjadinya kerusakan pada Master Boot Record, sehingga kau akan diminta untuk memformat ulang hard disk tersebut. Disini kami sarankan untuk selalu meng-eject hard disk eksternal atau menentukan opsi "Save Remove Hardware and Eject Media" yang terdapat di belahan kanan bawah taskbar komputer atau laptop anda.

3. Letakkan dipermukaan yang padat

Sama ibarat laptop, hard disk juga membutuhkan sirkulasi udara yang lancar untuk menghindari terjadinya panas berlebihan yang pada akibatnya sanggup menimbulkan terjadinya kerusakan. Karena itu, letakkanlah selalu hard disk dipermukaan yang padat dan datar ibarat meja, lantai, dan sebagainya. Jangan meletakkan hard disk dipermukaan yang lembut ibarat pada kasur, sofa, bantal dan sebagainya. Permuakaan yang lembut akan menghambat sirkulasi udara yang masuk dan keluar, sehingga panas pada hard diskpun akan tertahan dan tidak sanggup dikeluarkan. Untuk menghindari panas yang berlebihan pada hard disk, ka,i juga sanggup meletakkan fan mini (kipas pendingin) didekatnya.

4. Jauhkan dari benda yang merusak

Cairan menjadi salah satu musuh paling besar bagi benda-benda elektronik, ibarat contohnya hard disk. Apabila hard disk terkena air sanggup saja mengalami konsleting sehingga akan membuatnya tidak sanggup dioperasikan lagi. Oleh alasannya itu, jauhkanlah hard disk kau dari air ya. Dan sebisa mungkin jangan meletakkan gelas minuman dimeja yang sama dengan meja untuk meletakkan laptop dan hard disk.

Sama halnya dengan air, benda-benda elektronik lain yang menghasilkan medan magnetik ibarat radio dan televisi juga sanggup menciptakan komponen hard disk rentan mengalami kerusakan. Apabila didekatkan, magnet yang dihasilkan dari benda-benda tersebut sanggup secara paksa menarik komponen mekanik pada hard disk, sehingga akan menimbulkan terhambatnya sistem kerja hard disk, bahkan akan merusak seluruh komponennya sehingga hard disk tidak sanggup dipakai lagi.

5. Cabut kabel USB dengan menarik kepala konektornya

Ketika hendak mencabut kabel USB hard disk eksternal, maka usahakan untuk selalu menarik kepala konektornya, bukan menarik kabelnya. Apabila kabel USB ditarik secara terus menerus maka kemungkinan akan menimbulkan putusnya kabel tersebut, baik belahan luar pembungkusnya maupun kumpulan kabel kecil yang ada dalam kabel penghubung tersebut. Apabila kabel USB ini putus, maka akan menimbulkan hard disk tidak sanggup lagi terkoneksi dengan komputer atau laptop. Tetapi, apabila kabelnya putus atau mengalami kerusakan kita masih bia menggantinya dengan kabel yang baru, tentunya kita harus mengeluarkan uang lagi.

6. Simpan ketika tidak digunakan

Untuk ketika ini, masih sedikit hard disk yang dilengkapi dengan lapisan luar anti gores. Untuk menjaga kondisi hard disk kau tetap mulus, simpanlah hard disk pada tas atau pouch yang diproduksi khusus untuk hard disk. Selain melindungi terhadap goresan, pouch juga sanggup untuk melindungi hard disk terhadap serangan debu-debu yang sanggup saja menghambat kinerja komponen hard disk. Tetapi, jangan lupa untuk membuka pouch ketika hard disk sedang digunakan, alasannya pouch sanggup menghambat ajaran udara ketika hard disk dioperasikan.

Itulah beberapa tips merawat hard disk eksternal semoga lebih awet. Semoga artikel ini sanggup membantu teman-teman semuanya. Baca dan pahami dengan baik yah, semoga harddisk eksternal anda sanggup dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama.
Sumber http://www.gudangilmukomputer.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Merawat Hard Disk Eksternal Supaya Lebih Awet"

Posting Komentar