Tips Berhasil Menghadapi Ujian


Oleh Bambang Hidayat

Assalamualaikum Wr. Wb. Sobat blogger..., bagaimana kabar kalian? Saya harap “you are ok”. Alhamdulillah, alhasil bisa posting kembali sesudah sempat vakum beberapa bulan dikarenakan masa P2K (Pemantapan Profesi Keguruan) di Universitas Muhammadiyah Makassar. Nah, kali ini saya akan posting mengenai “tips berhasil menghadapi ujian”. Pada dasarnya tips yang akan saya tulisankan buat sahabat blogger tercinta yaitu berlaku umum untuk semua ujian dengan kata lain bersifat universal. Artinya sanggup anda gunakan untuk segala jenis ujian yang akan anda tempuh mulai dari : Ujian Nasional (UN), Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), Ujian CPNS, ataupun Ujian Kenaikan Pangkat. Menurut saya sesudah melalui proses berpikir yang panjang dan berliku-liku serta menurut pengalaman pribadi dalam menghadapi ujian, yang terpenting yaitu “persiapan”. Mengapa persiapan yaitu yang terpenting dalam ujian? Logikanya, bila anda ingin pergi kesuatu kawasan yang amat jauh tentu harus ada persiapan minimal bekal yang cukup. Begitu pula dengan ujian diharapkan persiapan bekal yang cukup semoga ujian terasa ringan dan berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Saya akan membagi persiapan ini menjadi dua komponen penting, yaitu:
Persiapan Jasmani
Jasmani bersinonim dengan tubuh atau raga, sebagai insan kita terdiri atas jasmani dan rohani.pertanyaannya kini yaitu apa gotong royong relasi (hubungan) antara jasmani dan keberhasilan dalam ujian? Ada atau tidak? Mari berpikir sejenak, coba anda renungkan dalam-dalam. Benar, jawabannya yaitu bila jasmani atau tubuh kita sehat, fit, bugar bebas dari penyakit tentu akan memudahkan kita dalam menghadapi ujian. Begitupula sebaliknya, bila jasmani kita penuh dengan penyakit alias tidak sehat jangankan akan menghadapi ujian berpikir saja kita tak sanggup. Bagaimana sih caranya semoga tubuh kita tetap sehat dan bugar? Masih ingat kan makanan 4 sehat 5 sempurna, makanan 4 sehat 5 tepat sangat dibutuhkan oleh jasmani kita dalam proses metabolisme. Sebab, jasmani atau tubuh kita perlu vitamin, mineral, zat besi dan kalsium. Makanan 4 sehat 5 tepat tidak harus mahal yang terpenting asupan gizinya sesuai dengan takaran. Selain perlu makanan yang sehat, jasmani kita perlu olahraga. Jasmani yang selalu berolahraga akan mempunyai kekebalan tubuh lebih baik daripada jasmani yang tidak atau jarang berolahraga. Dengan berolahraga yang teratur dan secukupnya jasmani kita akan terlihat berseri-seri lantaran peredaran darah dari jantung keseluruh tubuh itu lancar. Artinya olahraga juga sangat berperan dalam proses metabolisme yang memperlancar sirkulasi darah keseluruh tubuh. Jika demikian, sel-sel tubuh kita akan mengalami regenerasi (diperbarui) dan memperoleh makanan yang cukup. Selanjutnya yaitu tumpuan tidur yang normal. Jangan suka molor atau tidur kesiangan dan bermalas-malasan di kawasan tidur. Coba kita perhatikan! Ayam saja bisa bangkit pagi-pagi buta. Mengapa kita sebagai insan yang katanya makhluk ciptaan-Nya yang paling tepat kalah dengan ayam. Ukuran tidur normal itu kurang lebih 8 jam dalam 24 jam sehari. Tidur normal berarti mengaktifkan gelombang delta otak kita yang juga berfungsi sebagai penyembuhan dan meremajakan sel-sel yang telah mati sehingga jasmani kita tetap terjaga dan sehat.

Persiapan Rohani
Selain jasmani yang perlu dijaga, rohani juga sangat penting untuk kita jaga spiritnya. Karena bila rohani atau jiwa kita sakit maka akan terlihat terang pada gerak-gerik jasmani kita. Raut wajah muram, tegang, cemas, lesu tidak bersemangat bahkan loyo. Penyebabnya bisa jadi lantaran kurangnya persiapan atau tidak menguasai pelajaran yang akan diujikan nanti. Nah, lantaran itu perlu adanya pengulangan jauh-jauh hari sebelum waktu ujian datang mengenai bahan yang akan diujikan nanti. Sehingga, ketegangan dan kecemasan sanggup diminimalisir sedini mungkin. Dengan pengulangan akan bahan pelajran yang akan diujuikan akan menciptakan kita lebih percaya diri. Percaya diri ini akan sangat dibutuhkan ketika menghadapi ujian nanti. Sehingga, sikap tidak terpuji menyerupai menyontek dalam ujian tidak terjadi. Pengulangan sanggup anda lakukan dengan cara: membolak-balik buku pelajaran, membuka dan membaca buku catatan, menciptakan kaitan antara satu bahan dan bahan lainya. Jangan lupa untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT segala sesuatu ada dalam kuasa-Nya. Dengan berdoa kepada Allah SWT akan semakin menciptakan kita teguh dan dibukakan hati serta pikiran kita dalam menghadapi ujian.
Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa mempermudah jalan kita dalam menghadapi ujian. Baik yang eksklusif dari-Nya maupun ujian yang buat oleh manusia. Amin, Ya Rabb.
Kritik atau komentar yang membangun dari sahabat blogger sangat saya harapkan. Silahkan masukan komentar anda di kolom komen di bawah ini ... !!!

Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Berhasil Menghadapi Ujian"

Posting Komentar