Tinjauan Pustaka Wacana Bimbingan Keagamaan

Sebagai materi telaah pustaka dalam penelitian ini, peneliti mengambil beberapa hasil penelitian yang ada relevansinya dengan penelitian ini, di antaranya ialah :

Skripsi  “Peran Pondok Pesantren Washilatul Huda Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Santri di Desa Bugangan Taman Gede Kec. Gemuh Kab. Kendal”oleh Mukti Ali,. 2001.pada penelitian ini mengemukakan perihal pengembangan sikap sosial di pondok pesantren Washilatul Huda. Dalam skripsi ini juga membahas, metode pengembangan sikap sosial di pondok pesantren Washilatul Huda dalam berbagi sikap sosial santri. Hasil dari penelitian skripsi ini ialah ada imbas yang signifikan pondok pesantren di dalam berbagi sikap sosial, khususnya pondok pesantren Washilatul Huda desa Bugangan Taman Gede Kec. Gemuh Kab. Kendal.

Skripsi “Efektifitas Bumbingan Keagamaan Terhadap Perubahan Ahlaq Pada Santri Pimpinan K.H. Amin Budi Harjono” oleh Yusriyah, 2004. pada penelitian ini mengemukakan perihal upaya merubah ahlaq santri menjadi ahlaqul karimah dengan memakai banyak sekali metode dalam banyak sekali bimbingan keagamaan.


Disamping dua skripsi tadi penulis juga memakai telaah pustaka dari skripsi dengan judul “Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan Dan Implikasinya Terhadap Sikap Sosial Anak Di Panti Asuhan Yatim Piatu Darul Hadlanah Kendal” oleh Isroiyah , 2006 dalam sekripsi ini membahas perihal upaya-upaya training agama dalam membentuk sikap sosial serta implikasi dari training tersebut  terhadap sikap sosial anak dalam masyarakat.

Disamping tiga skripsi tadi penulis juga memakai literatur buku Psikologi Sosial, Adryanto (1994), yang diterbitkan oleh Erlangga dalam buku ini membahas perihal bentuk-bentuk sikap prososial dan anti sosial yang di lakukan oleh insan setiap hari, serta membahas perihal metode-metode relasi antara insan yang sesuai dengan norma yang ada di masyarakat.

Dari ketiga skripsi yang sayajadikan telaah pustaka, yang membedakan penelitian tersebut denganpenelitian yang akan saya lakukan adalah, bahwa penelitian yang akan saya lakukan memfokuskan pada bimbingan keagamaan yang dilakukan di pondok pesantren Raudlatut Thalibin Kec. Tugurejo Kota Semarang dalam meningkatkan sikap prososial mahasiswa, yaitu perilakusosial yang sesuai dengan norma kemasyarakatan.


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tinjauan Pustaka Wacana Bimbingan Keagamaan"

Posting Komentar