Sejarah Corporate Social Responsibility

Corpotare Social Responsibility  yang sekarang marak diimplementasikan banyak perusahaan, mengalami evolusi dan metamorposisi dalam rentang waktu yang cukup panjang  Konsep ini tidak lahir begitu saja.  Ada beberapa tahapan sebelum gemanya lebih terasa.

Perkembangan sejarah CSR yang dikutip dari Nor Hadi (2011) yaitu sebagai berikut.Tanggungjawab sosial muncul dan berkembang sejalan dengan interrelasi antara perusahaan dan masyarakat, yang sangat ditentukan oleh imbas yang timbul dari perkembangan dan peradaban masyarakat.  Semakin tinggi tingkat peradaban masyarakat, khususnya akhir perkembangan ilmu sehingga meningkatkan kesadaran dan perhatian lingkungan memunculkan tuntutan tanggungjawab perusahaan. Hal itu karena, peningkatan pengetahuan masyarakat meningkatkan keterbukaan ekpektasi masa depan dan sustainbilitas pembangunan.
Corporate Social Responsibility

Pada dikala  industri berkembang sesudah terjadi revolusi  industri, kebanyakan perusahaan masih memfokuskan dirinya sebagai organisasi yang mencari laba belaka.  Mereka memandang bahwa sumbangan kepada masyarakat cukup diberikan dalam bentuk penyediaan lapangan kerja, pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui produknya, dan pembayaran pajak kepada negara.  Seiring dengan berjalannya waktu masyarakat tak sekedar menuntut perusahaan untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukannya, melainkan juga menuntut untuk bertanggungjawab secara  sosial.Karena selain terdapat ketimpangan ekonomi antara pelaku perjuangan dengan masyarakat disekitarnya, acara operasional perusahaan umumnya juga memperlihatkan imbas negatif, contohnya eksploitasi sumber daya alam dan rusaknya lingkungan disekitar operasi perusahaan.

Itulah yang kemudian melatarbelakangi munculnya konsep  Corpotare Social Responsibility  yang paling  primitive  : kedermawanan yang bersifat citra bergairah saja. Gema Corpotare Social Responsibility semakin terasa pada tahun 1960-ansaat di mana secara global masyarakat dunia telah pulih dari Perang Dunia II, dan mulai menapaki jalan menuju kesejahteraan. Pada dekade itu juga diramaikan oleh terbitnya buku legendaris yang berjudul  “silent spring”.  Di dalamnya buku ini untuk pertama kalinya masalah lingkungan diwacanakn dalam tataran global.Sejak itu, perhatian terhadap permasalahan lingkungan semakin berkembang dan menerima perhatian yang semakin luas.


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sejarah Corporate Social Responsibility"

Posting Komentar