√ Perjuangan Kerajinan Beling Mintorogo, Dilirik Keluarga Presiden Joko Widodo

Mintorogo pemilik perjuangan kerajinan beling Risang Aji √ Usaha Kerajinan Kaca Mintorogo, Dilirik Keluarga Presiden Joko Widodo

Mintorogo, pemilik perjuangan kerajinan beling ini tak pernah menyangka akan dilibatkan dalam ijab kabul putri presiden Joko Widodo.


Hajatan ijab kabul putri semata wayang Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution menyisakan kisah manis bagi beberapa perjuangan kecil menengah di Kota Solo. Salah satunya perjuangan kerajinan beling milik Mintorogo ini. Mintorogo menerima pesanan souvenir ijab kabul putri presiden dan harus berpacu dengan waktu untuk mengerjakannya.


Awalnya Mintorogo sama sekali tak menyangka, utusan keluarga presiden mendatangi rumah sekaligus daerah perjuangan kerajinan beling yang ia beri nama Risang Aji, di Kampung Kauman, Setabelan, Banjarsari. Kedatangan utusan keluarga presiden disambut baik oleh Mintorogo meski ia belum mengetahui siapa mereka dan tujuan kedatangannya ke Risang Aji.


“Saat utusan keluarga Presiden datang, saya sedang tidak di rumah. Namun sesudah beberapa jam, utusan tersebut kembali lagi ke sini (Risang Aji.red),” kisah Mintorogo dikala ditemui BisnisUKM di showroom sekaligus workshopnya tersebut.


Mintorogo mengaku sempat kaget dikala utusan tersebut mengungkapkan keinginannya untuk memesan produk kerajinan grafir beling Risang Aji. Pria 48 tahun tersebut semakin kaget alasannya ialah pesanan tersebut ternyata dipakai sebagai souvenir ijab kabul putri semata wayang Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.


Mintorogo pemilik perjuangan kerajinan beling Risang Aji √ Usaha Kerajinan Kaca Mintorogo, Dilirik Keluarga Presiden Joko Widodo

Inilah beberapa pola kerajinan yang dipesan keluarga Presiden Joko Widodo. Ada 500 kerajinan yang dipesan dan semuanya dikerjakan Mintorogo secara manual.


Awalnya pesanan berjumlah 1.000 buah. Namun, alasannya ialah harus dikerjakan secara manual, Mintorogo hanya menyanggupi 500 buah saja. Dalam pengerjaannya, Mintorogo memang hampir tak memakai mesin. Satu-satunya mesin yang ia gunakan yaitu mesin gerinda, itu pun hanya untuk menghaluskan potongan.


“Alhamdulillah seluruhnya (pesanan.red) ada 500 buah. Jujur, saya gembira sekaligus tak menyangka keluarga presiden akan melibatkan perjuangan kecil menyerupai di daerah saya ini dalam ijab kabul putrinya, Mbak Kahiyang,” saya Mintorogo sambil tersenyum.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Bentuk, Motif dan Filosofi Souvenir Kaca Mintorogo


Mintorogo pemilik perjuangan kerajinan beling Risang Aji √ Usaha Kerajinan Kaca Mintorogo, Dilirik Keluarga Presiden Joko Widodo

Menurut Mintorogo cepuk berbentuk datar pesanan keluarga presiden mempunyai pesan mulia yaitu semakin tinggi seseorang ia harus tetap merakyat.


Pihak keluarga presiden memesan beberapa jenis kerajinan grafir beling yaitu souvenir model segi enam, model segi lima, nampan, serta daerah cincin. Semuanya mempunyai filosofi tersendiri. “Kalau model segi enam ini agak unik, terutama bab cepuk (bagian tutup.red). Cepuk ini tidak mengerucut ke atas, tapi datar. Bagi saya ini pertanda bahwa seorang pemimpin memang harus merakyat,” ungkap Mintorogo.


Souvenir yang dipesan tidak hanya unik bentuknya, tapi juga motif yang disematkan penuh filosofi. Sesuai pesanan keluarga presiden, Mintorogo menciptakan kerajinan beling tersebut dengan menyematkan motif batik sidamulya. Motif sidamulya sendiri merupakan motif batik yang menggambarkan kesejahteraan dan hidup yang tentram.


Mintorogo pemilik perjuangan kerajinan beling Risang Aji √ Usaha Kerajinan Kaca Mintorogo, Dilirik Keluarga Presiden Joko Widodo

Workshop Risang Aji, daerah Mintorogo memproduksi souvenir ijab kabul putri tunggal Joko Widodo.


Ditanya soal beban, Mintorogo mengaku sedikit terbebani dengan nama besar Presiden Joko Widodo. “Kalau kesulitan tidak ada alasannya ialah sehari-hari memang menciptakan kerajinan kaca. Tapi jikalau beban, bagi saya ada sedikit beban alasannya ialah pemesannya orang nomor satu Indonesia. Makara harus benar-benar anggun kualitasnya dan sempurna waktu,” ungkap Mintorogo.


Meskipun terdapat kendala, Mintorogo karenanya berhasil memenuhi pesanan 500 kerajinan beling sebagai salah satu souvenir dalam ijab kabul putri Presiden Joko Widodo. Souvenir tersebut diberikan kepada tamu permintaan resepsi ijab kabul Kahiyang-Bobby pada 8 November silam.


Risang Aji Makara Surganya Kerajinan Kaca


Mintorogo pemilik perjuangan kerajinan beling Risang Aji √ Usaha Kerajinan Kaca Mintorogo, Dilirik Keluarga Presiden Joko Widodo

Pesanan dari presiden memotivasi Mintorogo dalam berkarya dan menyebarkan Risang Aji.


Bagi Mintorogo bukan nominalnya saja yang jadi perhatian, namun juga pujian sanggup menjadi bab dari hajatan keluarga sekaliber keluarga presiden. Mintorogo pun mengaku pesanan dari keluarga presiden meningkatkan motivasinya untuk berkarya.


Saat ini telah banyak produk kerajinan beling yang dibentuk Mintorogo. Semuanya berjajar rapi di rumahnya, mulai dari perabotan ruang tamu menyerupai lampu, bingkai lukisan, dan wadah tisu, sampai perabot dapur menyerupai gelas dan piring.


Total sudah ribuan produk yang Mintorogo hasilkan dari peran membangun Risang Aji ini. “Harapannya, ke depan Risang Aji bisa menghasilkan produk kerajinan beling yang terbaik. Dan saya sendiri sanggup terus berkarya di dunia perjuangan ini,” harap Mintorogo.


Selain aktif mempromosikan perjuangan kerajinan beling melalui media sosial, Mintorogo juga aktif dalam pengembangan pariwisata Kota Solo berbasis perjuangan kecil menengah. Produk-produk buatan Mintorogo sering tampil dalam banyak sekali ajang ekspo mewakili Kota Solo.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Produk-produk tersebut dibandrol dengan harga bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Harga produk Mintorogo sebanding dengan bentuk, ukuran, serta rumitnya pengerjaan.


Tim Liputan BisnisUKM

(Rizki B.P)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Solo Raya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Perjuangan Kerajinan Beling Mintorogo, Dilirik Keluarga Presiden Joko Widodo"

Posting Komentar