Pengertian Gizi Dan Status Gizi

Gizi berasal dari bahasa arab “Al Gizzai”  yang artinya masakan dan keuntungannya untuk kesehatan. Al Gizzai juga sanggup diartikan sari masakan yang bermanfaat untuk kesehatan. Ilmu Gizi ialah ilmu yang mempelajari cara menawarkan masakan yang sebaik-baiknya biar badan selalu dalam kesehatan yang optimal.  Pemberian masakan yang sebaik-baiknya harus memperhatikan kemampuan badan seseorang mencerna makanan, umur, jenis kelamin, jenis aktivitas, dan sakit.

Gizi ialah suatu proses memakai masakan yang dikonsumsi secara  normal melalui proses digesti, absorbsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme,  dan pengeluaran zat-zat yang tidak dipakai untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ serta  menghasilkan  energi. Menurut Achmad Djaeni gizi ialah zat-zat yang  diperoleh dari masakan yang dikomsumsi seseorang yang merupakan materi dasar penyusun materi makanan.


Berdasarkan pengertian di atas terkandung  makna  bahwa gizi ialah suatu proses mencapai, memperbaiki, dan mempertahankan kesehatan badan melalui konsumsi makanan.

Status gizi ialah keadaan badan sebagai jawaban dari pemakaian,  penyerapan, dan penggunaan makanan. Menurut Supariasa,  dkk status gizi ialah hasil final dari keseimbangan antara masakan  yang masuk ke dalam badan dengan kebutuhan badan akan suatu zat gizi dan sanggup  pula diartikan sebagai lisan (nutriture) dalam bentuk variabel tertentu.  Menurut Sunita Almatsier, status gizi merupakan suatu keadaan badan  sebagai jawaban konsumsi masakan dari zat-zat gizi.

Status Gizi merupakan lisan satu aspek atau lebih dari nutriture seorang individu dalam suatu variabel. Status  gizi ialah lisan dari keadaan keseimbangan dalam bentuk variabel tertentu atau perwujudan dari nutriture dalam bentuk variabel tertentu. Berdasarkan pendapat para mahir sanggup disimpulkan bahwa status gizi ialah suatu keadaan gizi  seseorang atau keadaan badan yang diakibatkan alasannya konsumsi masakan dan penggunaan zat-zat gizi tersebut.


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Gizi Dan Status Gizi"

Posting Komentar