Pengertian & Fungsi Bahasa

Bahasa merupakan salah satu unsur budaya dan simbol bagi insan dalam berkomunikasi. Melalui bahasa, insan sanggup memberikan atau mendapatkan aneka macam pesan, baik untuk dirinya maupun untuk orang lain. Bahasa dalam lingkup yang luas tidak hanya tertuju pada bahasa verbal atau tertulis. Hubunganya dengan pembahasan antropologi dan budaya, pada kesempatan kali ini akan menghadirkan klarifikasi lengkap menengenai Pengertian dan Fungsi Bahasa. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Bahasa

Secara sederhana, bahasa sanggup diartikan sebagai suatu sistem lambang terorganisasi yang disepakati secara umum dan merupakan hasil mencar ilmu yang dipakai untuk menyajikan pengalamanpengalaman dalam suatu komunitas. Bahasa merupakan alat utama penyaluran kepercayaan, nilai, dan norma, termasuk seni dan religi. Bahasa ialah alat untuk berinteraksi dengan orang lain dan sebagai alat bantu berpikir.

Bahasa dekat hubungannya dengan budaya mengingat bahasa dekat kaitannya dengan contoh pikir suatu masyarakat. Artinya, bahasa memegang peranan yang sangat penting di dalam proses berpikir dan kreativitas setiap individu.

Bahasa bersifat simbolis, artinya suatu kata bisa melambangkan arti apapun. Melalui bahasa terjadi pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Misalnya, seorang pelukis di Bali membimbing muridnya cara melukis wayang dengan memakai bahasa Bali. Demikian pula, para kyai di pesantren mengajarkan seni membaca al Alquran dengan bahasa Arab dan bahasa kawasan setempat. Meskipun dengan memakai bahasa Indonesia pun bergotong-royong bisa. Hal tersebut merupakan bab dari pewarisan budaya bahasa, seni, dan religi sekaligus.

Menurut Koentjaraningrat, bahasa merupakan sistem perlambangan manusia, baik dengan verbal maupun tertulis untuk berkomunikasi dengan yang lain. Hakikat bahasa sanggup dilihat dari dua sudut pandang, yaitu hakikat wujud atau substansi dan hakikat fungsi. Hakikat substansi terdiri atas dua unsur, yaitu unsur bersifat bunyi-bunyi bahasa sistematis yang dihasilkan dengan memakai alat-alat ucap, dan unsur segala sesuatu yang sanggup di nyatakan oleh insan melalui pikiran, perasaan, kemauan, kenyataan wacana dunia, peristiwa, serta segala pengalaman insan dalam kehidupannya. Walaupun kedua unsur tersebut secara eksistensial sanggup dibedakan, keduanya senantiasa dalamkesatuan. Keberadaannya dalam satu kesatuan ini yang dipahami sebagai suatu bahasa.

merupakan salah satu unsur budaya dan simbol bagi insan dalam berkomunikasi Pengertian & Fungsi Bahasa


B. Fungsi Bahasa

Fungsi bahasa ialah sebagai alat untuk berkomunikasi dalam masyarakat. Dalam pengertian yang luas,komunikasi ialah suatu proses penyampaian maksud atau amanat kepada orang lain dengan memakai susukan tertentu. Kata-kata kunci dalam pengertian komunikasi ialah proses, maksud atau amanat orang lain, dan saluran. Pengertian komunikasi sebagai suatu proses yang berarti kegiatan komunikasi itu bersifat dinamis. Maksud atau amanat komunikasi bisa berupa warta wacana fakta, peristiwa, nilai, pendapat, etika, dan keinginan. Orang yang ingin menyam paikan gagasan atau amanat bisa disebut komunikator.Adapun orang yang mendengarkan atau membaca disebut komunike atau lawan tutur, yaitu subyek yang dimaksudkan untuk mendapatkan maksud atau amanat komunikasi. Komunikator disebut juga sebagai sender dan komunike sebagai receiver. Kedua aktor komunikasi itu mempunyai peranan yang penting dalam sebuah insiden komunikasi. Oleh alasannya itu, biar komunikasi sanggup berlangsung dengan lancar, keduanya harus bekerja sama dan mengetahui siapa yang menjadi lawan tuturnya itu, baik secara fisik, psikologis, maupun sosiologis.

Jadi, fungsi bahasa yaitu:

  1. simbol atau lambang dari suatu hasil budaya di suatu daerah;
  2. alat berinteraksi atau berkomunikasi;
  3. alat untuk menyalurkan kepercayaan, nilai, dan norma;
  4. alat untuk berpikir;
  5. pedoman untuk melihat kenyataan di masyarakat.


Selain itu, bahasa sanggup juga berperan sebagai alat untuk pelestarian dan pewarisan budaya. Melalui bahasa, orang sanggup meneruskan atau mendapatkan keterangan-keterangan secara simbolis sehingga sanggup menjadi pewaris dari suatu kebudayaan yang kaya dan beranekaragam. Melalui penguasaan bahasa pula, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sanggup diikuti serta dikembangkan.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca artikel Antropologi di atas wacana Pengertian dan Fungsi Bahasa, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa like dan share juga ya sobat. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^


Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian & Fungsi Bahasa"

Posting Komentar