Menggunakan Azolla Sebagai Pupuk Organik

Menggunakan azolla sebagai pupuk organik ialah hal yang sangat sempurna lantaran beberapa kandungan yang terdapat di dalam azolla ini rupanya sangat menghipnotis tingkat pertumbuhan tanaman. Mungkin Anda belum mengetahui bahwa azolla ialah salah satu jenis tumbuhan paku mempunyai kemampuan untuk melaksanakan simbiosis dengan basil biru dan basil hijau anabaena azzolae yang lalu sanggup mengikat nitrogen secara pribadi dari udara. Dan kemampuan tersebutlah yang menyebabkan azzola sebagai pupuk hijau yang sangat efektif dan merupakan pupuk terbaik yang sanggup dipakai di lahan sawah serta lahan kering sekalipun.


 sebagai pupuk organik ialah hal yang sangat sempurna lantaran beberapa kandungan yang terdapa Menggunakan Azolla Sebagai Pupuk Organik
Azolla ialah tumbuhan air yang juga tergolong tumbuhan paku air mengapung yang sanggup bersimbiosis dengan Cyanobakteria (bakteri hijau-biru) dan sanggup mengikat nitrogen dari udara. Azolla sering dimanfaatkan sebagai pupuk alami hijau lantaran kemampuannya tersebut.

Di dalam azolla ini sendiri terdapat kandungan kadar protein yang sangat tinggi yaitu sekitar 24 – 30% serta kandungan asam amino yang terdapat didalamnya juga mempunyai jumlah yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan dedak, beras pecah, dan juga konsentrat jagung. Pemanfaatan azolla sebagai pupuk organik memang sudah tidak diragukan lagi lantaran azolla sanggup meningkatkan hasil panen yang tetap tinggi dan tidak pernah menurun. Hal tersebut juga harus diimbangi dengan proses tanam yang sempurna dan benar. Rupanya tidak hanya dijadikan sebagai pupuk organik untuk tumbuhan saja, azolla juga sanggup meningkatkan pembudidayaan perikanan. Oleh alasannya itu bagi Anda yang ingin tau dengan pupuk organik azolla ini pribadi saja simak ulasan dibawah ini.


Jenis-Jenis Azolla



  • Azolla pinnata

  • Azolla Japonica Franch

  • Azolla Filiculoides

  • Azolla Nilotica

  • Azolla Mexicana

  • Azolla Mixrophylla

  • Azolla Caroliniana


Cara Membuat Pupuk Cair Azolla



  1. Pertama campurkan azolla mixrophylla dengan air, gula merah, dan MOL atau Emx. Untuk jumlah mol atau emx yang dipakai ialah sebanyak satu sendok makan saja.

  2. Jika materi sudah dicampur sampai menjadi satu maka sanggup diletakkan kedalam kotak plastik atau botol plastik, dan wadah lainnya juga sanggup dipakai yang terpenting terdapat tutup.

  3. Setelah itu diamkan adonan azolla di dalam wadah tersebut selama seminggu dan bila sudah maka akan ada aroma yang muncul ibarat fermentasi tape. Jika sudah ibarat itu maka azolla sanggup dipanen dan lalu tutupnya juga sanggup dibuka tutup untuk membuang sisa gas fermentasi.

  4. Cara memanen pupuk azolla ini yaitu dengan menyaring cairan yang terdapat dalam wadah utama ke wadah lainnya dan lalu bab ampas azolla sanggup dipakai sebagai adonan yang diberikan pada komposter. Ampas tersebut sanggup juga diangin anginkan dan lalu ditabur pada media tanam.


Cara Menggunakan Pupuk Azolla


Cara memakai pupuk azolla sangat gampang sekali, Anda harus mengencerkan pupuk azolla dengan memakai air dengan memakai perbandingan 1 : 20. Jika sudah maka sanggup pribadi disiramkan pada media tanaman.


Cara Membuat Pupuk Kompos Azolla


 sebagai pupuk organik ialah hal yang sangat sempurna lantaran beberapa kandungan yang terdapa Menggunakan Azolla Sebagai Pupuk Organik
Contoh pupuk kompos azolla sebelum diencerkan dengan air.

Jika Anda sudah tahu bagaimana cara menciptakan pupuk cair azolla maka berikut ini ialah cara pembuatan pupuk kompos azolla. Adapun materi yang diharapkan untuk menciptakan kompos azolla ialah azolla itu sendiri lalu bekatul atau juga dedak, gula merah, serta larutan em. Cara membuatnya sanggup dilihat sebagai berikut ini.



  • Tumpuk azolla dengan ketebalan sekitar 10 cm dan letakkan kedalam komposter.

  • Taburkan bekatul atau dedak secara merata pada tumpukan azolla tersebut.

  • Beri semprotan larutan em dan juga gula merah.

  • Jika sudah maka beri tumpuk azolla kembali dengan ketinggian tebal yang sama dan untuk tahap b dan tahap c dilakukan secara ulang.

  • Setelah itu tutup rapat bab komposter dan biarkan selama 1 minggu.

  • Setelah 1 ahad maka pupuk azolla sanggup diangin anginkan terlebih dahulu gres sanggup dicampurkan pada media tanam.


Itulah beberapa info yang sanggup Anda ketahui mengenai azolla yang dipakai sebagai pupuk organik. Kandungan baik yang terdapat didalam azolla ini memang sangat menghipnotis tingkat kesuburan tumbuhan dan bagi Anda yang berniat untuk memakai pupuk ini, Anda pun juga sanggup membuatnya sendiri. Di atas sudah dibahas secara lengkap bagaimana pembuatan pupuk azolla cair dan juga pembuatan pupuk azolla kering. Anda sanggup mencoba untuk menciptakan salah satu dari jenis pupuk tersebut dan akan jauh lebih baik bila Anda mencoba kedua cara tersebut dan membandingkan proses kerjanya. Kini Anda sanggup menciptakan pupuk azolla dengan sangat gampang dan tidak memerlukan waktu lama. Hanya proses pendiaman pupuk selama 1 ahad yang sanggup dikatakan usang namun proses meraciknya sangat gampang dan mudah sehingga tidak begitu memerlukan waktu lama.


Kami juga menyediakan tumbuhan azolla, lihat produknya disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Menggunakan Azolla Sebagai Pupuk Organik"

Posting Komentar