Kolom Simpel Pada Bangunan

Dalam membangun sebuah gedung tentunya kita pernah mendengar istilah kolom praktis. Kolom simpel pada bangunan merupakan kolom yang biasanya dipakai untuk memperkuat tembok bangunan.

Kolom simpel dibutuhkan biar tembok tidak rubuh ketika terjadi gempa. Artikel berikut ini akan menjelaskan mengenai pengertian kolom simpel dan fungsi kolom simpel pada bangunan.

Pengertian kolom praktis

 Dalam membangun sebuah gedung tentunya kita pernah mendengar istilah kolom simpel Kolom Mudah pada Bangunan
Kolom Mudah pada Bangunan

Kolom simpel ialah tiang struktur yang dibentuk untuk memperkuat dinding bangunan. Cara peletakan kolom simpel tergantung dari material yang digunakan. Dalam standar bangunan perumahan biasanya jarak kolom simpel berkisar antara 3 hingga 4 meter.

Berbeda dengan kolom struktur utama yang berfungsi untuk menopang balok dan lantai bangunan. Fungsi kolom simpel pada bangunan ialah untuk memperkuat dinding biar tetap tegak berdiri.

Dinding yang terbuat dari susunan batako atau bata biasanya tidak mempunyai kekuatan apabila didorong oleh gaya melintang. Kolom simpel lah yang membantu memperkuat dinding dari gaya melintang sehingga tidak gampang roboh apabila didorong atau ketika terjadi gempa.


Perletakan Kolom Praktis

Perletakan kolom simpel juga diaplikasikan untuk pojok ruangan. Hal tersebut dikarenakan pojok ruangan merupakan titik sambungan yang sangat rawan. Oleh sebab itu diharapkan kolom simpel sehingga ruangan tetap kokoh.

Ukuran kolom simpel bervariasi tergantung jarak perletakan maupun material yang digunakan. Untuk tembok batako pada umumnya kolom simpel berukuran 10 x 10 cm atau 12 x 12 cm. Cat tembok di finishing memakai plesteran dan cat maka kolom simpel seharusnya tidak terlihat dari luar. Hanya kolom struktur yang biasanya terlihat sebab ukurannya yang besar.

Material yang dipakai untuk kolom simpel untuk dinding pasangan bata atau batako ialah beton bertulang. Untuk material dinding kayu atau papan kayu maka kolom simpel nya sanggup memakai kayu batangan berukuran minimal 8 x 8 cm. Sementara jikalau memakai kalsiboard rangka holo peletakan kolom simpel biasanya memerlukan perhitungan khusus sesuai dengan dimensi rangka dan jarak perletakan nya.

Pembuatan kolom praktis

Untuk dinding yang dibentuk dari pasangan bata atau batako biasanya kolom simpel yang dipakai ialah kolom pracetak yang sudah jadi. Kolom simpel sanggup dibeli di toko toko bangunan terdekat dengan ukuran yang bervariasi. Jika tidak memungkinkan maka kita sanggup menciptakan kolom simpel di lokasi pembangunan. Caranya sama dengan menciptakan kolom struktur hanya saja besi yang dipakai lebih sedikit dan dimensi kolom yang lebih kecil.

Bentuk bangunan standar lebih baik membeli kolom simpel yang sudah jadi sebab harganya yang lebih murah dan pemasangannya praktis. Harga kolom simpel cukup murah berkisar antara Rp35.000 hingga Rp50.000 tergantung kawasan atau lokasi pembangunan.

Perbedaan kolom simpel dan kolom struktur

 Dalam membangun sebuah gedung tentunya kita pernah mendengar istilah kolom simpel Kolom Mudah pada Bangunan
Kolom Mudah pada Bangunan

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa perbedaan fundamental antara kolom simpel dan kolom struktur utama pada bangunan.
  • Kolom struktur mempunyai peranan dalam menopang keseluruhan bangunan secara vertikal. Sementara kolom simpel berfungsi untuk menahan dinding dari gaya melintang biar tidak roboh.
  • Kolom struktur menopang balok dan plat lantai pada bangunan. Sementara kolom simpel tidak diperhitungkan untuk menopang balok ataupun lantai meskipun dalam kenyataannya peletakan kolom simpel sanggup membantu kolom struktur menopang balok.
  • Kolom struktur biasanya berukuran besar atau pipih panjang dengan pondasi yang dalam. Sementara kolom simpel biasanya tersembunyi dalam dinding, tidak kelihatan dari luar dan memakai pondasi menerus menyerupai dinding.

Demikianlah mengenai kolom simpel pada bangunan.  Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Dukung blog ini untuk terus menulis dengan cara like fanspage dan follow sosial media kami serta share artikel ini untuk teman-teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kolom Simpel Pada Bangunan"

Posting Komentar