Cara Menciptakan Background Anime Dengan Sketchup Dan Photoshop (Beginner)



Dalam menggambar background anime atau webtoon, yang full color sangat memakan banyak waktu. 3-8 jam cukup untuk menciptakan background yang detail dan realistis, dan cukup juga menciptakan bokong kalian pegal-pegal gak ketulungan bukan? namun bukanya seorang seniman yaitu orang yang menikmati setiap bab yang detail dalam menggambar? benar sekali, seni tak hanya sebatas menikmati prosesnya saja namun seorang seniman juga ingin membrikan ide dan hiburan dari karya-karyanya, untuk menciptakan karya yang berkualitas dengan cara manual sangat memakan waktu bukan? mustahil membiarkan pembaca webtoon atau penonton anime menunggu sampai berbulan-bulan untuk tiap episodenya, jadi diperlukannya trik di dalamnya.

 kali ini kita akan berguru bagaimana memangkas waktu tersebut menjadi hanya kurang lebih 10 menit, dengan memakai :
  1. sketchup (3d model app)
  2. photoshop
  3. pen tablet
Apa itu sketchup?


sketchup yaitu aplikasi 3d model, yang terdapat dua versi yaitu pro dan free, jadi kalian sanggup mempunyai tanpa merogoh kocek, sketchup 3d ini yaitu aplikasi yang sangat gampang dipakai bahkan untuk pemula, aplikasi ini tersambung dengan koneksi internet, kalian sanggup emilih 3d model yang telah disediakan, seperti: rumah, sekolah,  banyak sekali tempat ataupun barang-barang lainya. Namanya saja 3d model jadi kalian sanggup menggeraknya ataupun merubah perspektif dari 3d model tersebut dan pula kalian sanggup mengedit warna, outline dan tekstur dari 3d model, bahkan kalian sanggup meng convert menjadi 2d image.





STEP-STEP NYA

Nah sesudah kalain menginstal sketchup kalian, bukalah aplikasinya dan buka 3d model yang kalain inginkan, kali ini saya memilih  3d model sekolah







Huh? kok tiba-tiba berganti didalam kelas? 3d model ini yaitu benar-benar ibarat bentuk sekolah, jadi kalau kalian zoom dan gerakkan dengan tools pada tanda panah diatas, kalian sanggup menyusuri seluruh isi sekolah dan mengambil banyak sekali perspektif, sangat efektif bukan? untuk seorang mangaka yang sangat memerlukan banyak sekali background.

Untuk lebih lanjutnya, kalian sanggup mempelajari tools yang ada, dan jangan takut untuk mencoba semua tool nya.


Nah, sesudah kalian mendapat perspektif yang pas untuk background kalian, mari kita ke langkah selanjunya......








Ikutilah tanda panah diatas, kemudian background kalian akan menjelma outline mirip diatas.








Namun belum selesai, tambahkan detail pada gambar dengan mengikuti tanda panah diatas.






Setelah itu export ke dalam bentuk 2d, HEY jangan keluarkan sketchup kalian dulu, alasannya yaitu ini hanya gambar pertama yang harus kalian export, ada gambar selanjunya.








Setelah kalian simpan, ikutilah langkah diatas untuk menciptakan gambar ke-2, 3d model kalian yang sebelumnya hitam putih akan berubah berwarna mirip diatas, kemudian export ke 2d image mirip langkah sebelumnya.






Kali ini bukalah photoshop, tambahkan 2 layer, ubahlah ke 2 layer tadi menjadi overlay







Tujuan kita merubah layer menjadi overlay yaitu saat 2 gambar ( ekport dari sketchup tadi )  sanggup menyatu (tidak tumpang tindih), selain itu saat mewarnai diatas gambar , tidak akan menghapus atau mengganti warna dengan dasarnya.






Selanjutnya kita akan mem buka 2 gambar tadi pada layer, ikutilah langkah di atas







Pilihlah salah satu gambar yang kalian telah export





Stelah itu terlihatlah mirip gambar diatas, pada titik-titik di atas kalian sanggup mengatur size nya sesuai dengan impian kalian, sesudah selasai mengatu size, klik pada tanda panah diatas











Lakukanlah hal yang sama pada gambar ke-2, aturlah size sesuai dengan size gambar sebelumnya, semoga warna dan outline menyatu dengan sempurna.




Tambahkan layer baru, dan atur dengan overlay







Gunakan soft brush untuk mewarnai background, saya gunakan soft brush berwarna biru yang memperlihatkan kesan lebih gelap dan dingin, sedangkan dari arah jendela berwarna soft yellow sumber cahaya dan terkesan hangat.


Tambahkan layer baru, setting layer soft light, kemudian gunakan warna yang ditunjukan diatas (warna sesuai dengan impian kalian), kemudian gunakan lah soft brush untu mewarnai pada tempat yang kalian inginkan.





Berikan detail-detail lagi(hingga kalian merasa puas dengan hasilnya)









Lalu berikan tamabahan sedikit high light pada sumber cahaya dan pantulan cahaya, pada tanda panah diatas.

Masih ada langkah selanjunya namun sebelum itu,  kalian harus save gambar ini dulu.







Tujuan nya menyimpan gambar ini yaitu untuk menggabungkan semua layer yang ada, semoga kita sanggup menambahkan imbas blur.


Ikutilah langkah pada tanda panah diatas








Oval blur yaitu tool blur yang berbentuk oval, tempat yang didalam garis oval tidak akan terkena blur, dengan tool ini kalian sanggup mengubah ukuran oval ataupun memutar-mutar oval sesuai dengan yang kalian inginkan, dan pula pada tanda panah diatas yaitu pengaturan untuk mengatur tingkat blur.







 video lengkap cara menciptakan background dengan sketchup


TARAAAA, sudah jadi, background kelas diatas hanya dibentuk kurang dari 10 menit, sangat menyelamatkan bokong kalian bukan? 


Untuk LEbih gampang nya sanggup nonton video di atas ya ^^
Semoga tutorial ini sanggup membantu dan selamat mecoba, semoga kalian berhasi, kalau ada yang belum jelas, kalian sanggup komen dibawah ini :D

Sumber http://mangabelajar.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Background Anime Dengan Sketchup Dan Photoshop (Beginner)"

Posting Komentar