Cara Menambah Kapasitas Memori Ram Komputer/ Laptop Memakai Flashdisk

RAM atau random access memory, yaitu memori utama pada setiap perangkat komputer/ laptop yang bertugas mengeksekusi setiap proses yang dilakukan oleh sistem. Itu berarti RAM yaitu satu-satunya memori yang mengambil beban dari semua proses yang terjadi. Sama menyerupai kita menjalankan aplikasi , baik itu berkas berupa file musik, game dan aplikasi lainnya. Semua hal ini dijalankan dalam memori sementara atau biasa kita sebut RAM. Jika kita menjalankan sejumlah aplikasi pada waktu yang bersamaan maka Anda mungkin menghadapi beberapa persoalan menyerupai : komputer hang/freze, aplikasi berjalan lambat/ atau kalau anda bermain game akan mencicipi efek patah-patah yang disebabkan oleh RAM anda yang tidak mampu menjalankan aplikasi secara bersamaan.


Sebagai Contoh : Saya memiliki komputer / laptop dengan memori RAM yang sangat pas-pasan, ketika itu saya menginstall sebuah gama PES 16″ Pro Evolution Soccer 2016″ alhasil, sehabis selesai saya install dan saya coba buka game PES nya, luar biasa usang loadingnya, balasannya saya berinisiatif untuk membuka setting dari Game PES 16 tersebut , barulah disitu saya tau kalau RAM saya ditandai dengan Warna Merah menyerupai gambar dibawah :


 yaitu memori utama pada setiap perangkat komputer Cara Menambah Kapasitas Memori RAM Komputer/ Laptop Menggunakan Flashdisk


Dengan Trik dibawah ini balasannya saya berhasil menambah kapasitas memori RAM Komputer saya dan bermain game PES16 Secara normal .


Dalam kondisi ini yang Perlu Anda lakukan cukup satu yaitu : Upgrade atau tambah kapasitas memori RAM Anda. Permasalahannya tidak semua orang dapat meng-upgrade atau memasang Memori RAM ini ke perangkat komputer/ laptop, apalagi Anda yang akan mengupgrade RAM laptop perlu alat dan keahlian khusus untuk melaksanakan proses penambahan Memori RAM. Tapi jangan kuatir dalan artikel ini saya akan membuatkan tips bagaimana cara menambah kapasitas memori RAM Laptop/notebook anda hanya dengan memakai USB Flash Disk :


Bagaimana Cara Menggunakan Flashdisk Sebagai Memori RAM Pada Windows ?


Cara Pertama:  Cara Menambah Kapasita Memori RAM Menggunakan fitur “ReadyBoost “ Pada Windows 7, 8, 10



  • Pertama masukkan “Flashdisk” Anda port USB komputer / laptop > buka Windows Explorer > kemudian klik kanan pada flashdisk Anda.

  • Lalu Pilih “Properties” > Kemudian pilih tab “ReadyBoost”.

  • Kemudian beralih ke Use this device” dan cobalah untuk mengurangi ruang memori Anda ketika ini. Jika ukuran diperangkat Anda ketika ini 3700MB cobalah untuk mengurangi kira-kira 200-300MB.

  • Kemudian klik tombol Apply.


 yaitu memori utama pada setiap perangkat komputer Cara Menambah Kapasitas Memori RAM Komputer/ Laptop Menggunakan Flashdisk



  • Dalam kasus ini kalau Anda ingin mengubah kembali flashdisk Anda ke dalam kondisi normal. Ikuti kembali cara diatas, pada tab “ReadyBoost” pilih “Don’t use device”.


Cara Kedua:  Menggunakan  Konsep Virtual Ram  Untuk Windows XP, 7, 8 dan 10.



  • Pertama-tama masukkan flashdisk Anda ke Port USB Komputer/ Laptop.

  • Kemudian klik Kanan pada “My Computer” >kemudian buka “Properties”.

  • Sekarang jendela Properties akan muncul, kemudian klik pada Tab “Advanced system settings” dari sisi kiri.

  • Kemudian pada “Advanced” tab klik pada tombol “Settings” muncul “tab Performance”.


 yaitu memori utama pada setiap perangkat komputer Cara Menambah Kapasitas Memori RAM Komputer/ Laptop Menggunakan Flashdisk



  • Setelah itu akan muncul jendela gres klik pada tab “Advanced”.

  • Di tab advanced ada pilihan “Virtual Memory”, kemudian klik tombol “Change”.


Langkah Selanjutnya yaitu cara Meningkatkan Virtual Ram.



  • Setelah anda mengklik tombol “Change” maka akan muncul sebuah“Pengaturan Virtual”

  • Sekarang dicentang kotak Automatically Manage Page Size Feature”.

  • Kemudian dalam ukuran kustom tambahkan flashdisk


PERHATIAN !!! :  Jika flashdisk anda berukuran 4 Gb jangan lupa untuk  selalu mengurangi setidaknya 10Mb dari ukuran ketika ini. Contoh kasus : Misalkan kita memakai flashdisk ukuran 4Gb di komputer akan terbaca sekitar 3700 Mb, kemana sisanya?sisanya  akan dipakai sebagai keamanan Flashdisk Anda.



  • Sekarang samakan ukuran “Costum Size” dengan “ Maximum Size”di kedua kotak dan klik pada tombol Apply.


 yaitu memori utama pada setiap perangkat komputer Cara Menambah Kapasitas Memori RAM Komputer/ Laptop Menggunakan Flashdisk



  • Restart Komputer atau Laptop Anda dan kini flashdisk akan bekerja layaknya sebagai “Virtual Ram”.



Sumber https://bacolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menambah Kapasitas Memori Ram Komputer/ Laptop Memakai Flashdisk"

Posting Komentar