Cara Gampang Menciptakan Sebuah Blog Di Wordpress


Pada kesempatan ini saya akan sharing ihwal cara gampang menciptakan sebuah blog di wordpress. Sebelumnya itu kita harus tahu apa itu wordpress. Wordpress ialah sebuah aplikasi open source yang sangat terkenal dipakai sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan basis data MySQL dan bahasa pemrograman PHP yang mana keduanya ialah open source. 

Selain sebagai blog, wordpress juga mulai dipakai sebagai sebuah CMS (Content Management System) alasannya kemampuannya untuk dimodifikasi dan diubahsuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Membuat blog dengan wordpress sangatlah gampang dan sudah dikenal oleh para blogger sebagai mesin blog yang seo friendly. Banyak fitur-fitur wordpress yang mendukung acara dan produktivitas para blogger

Wordpress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Wordpress.com ialah layanan pembuatan blog gratis dari wordpress dengan segala keterbatasannya, namun tidak kalah dengan mesin blog lainnya. Sedangkan wordpress.org ialah merupakan wilayah pengembang (developer) yang mengatakan kebebasan kepada pengguna untuk mendevelop sendiri sesuai cita-cita mereka.

Buat anda yang tertarik untuk menciptakan blog di wordpress.org, anda tentu membutuhkan layanan hosting dan domain sendiri biar terlihat lebih keren dan profesional. Anda bisa menentukan hosting yang mengkhususkan wordpress dalam layanan hostingnya, menyerupai layanan Wordpress Hosting dari Niagahoster. Sekarang banyak layanan hosting  yang memperlihatkan tawaran-tawaran menarik, tapi tentunya anda harus pandai-pandai dalam menentukan sebagaimana kalau anda menentukan rumah untuk anda dan keluarga anda. Karena kalau anda salah menentukan layanan hosting bisa jadi perjalanan blog anda kedepan menemui hambatan-hambatan, contohnya blog anda bisa lambat loading, galau dengan layanan hostingnya, atau bisa jadi support dari layanan hosting anda tersebut kurang memadai, sehingga dalam pengelolaan blog anda bisa menemui hambatan.

Sedang kalau anda mau instant alias gratisan tentu akomodasi dari wordpress.com bisa menjadi pilihan. Berikut ini cara gampang menciptakan sebuah blog di wordpress.com alias wordpress yang gratisan :

1. Ketik pada browser anda alamat URL berikut : www.wordpress.com, sehabis itu akan tampil menyerupai gambar dibawah. Masukkan nama blog yang anda inginkan, misal : 'liputan6tekno' (cari kata/kalimat yang unik) dan selanjutnya klik 'Create Website'.



2. Selanjutnya akan tampil form menyerupai gambar di bawah, isilah 'email address anda' >> 'username' >> 'password' >> pada gambar di no.7 anda masih diberi kesempatan untuk merubah 'nama blog' yang anda inginkan. Setelah semua terisi dengan benar anda terus scroll ke bawah hingga menemukan 'Create Blog'.


3. Pada step selanjutnya anda akan men-setup blog anda, dimulai dari 'judul blog anda (blog title)' >> 'Tagline' blog anda >> dan bahasa yang anda inginkan ketika ngeblog kedepan. Setelah tamat semua, klik 'Next Step'. 

4. Pada halaman berikutnya anda akan diberi pilihan untuk menentukan template/theme/tampilan blog anda nantinya. Silahkan menentukan sesuai yang telah disediakan oleh wordpress. Semuanya gratis, pilih salah satu. Setelah itu pilih 'Next Step'.

5. Pada step ini kita bisa meng'customize' theme/template/tampilan blog kita. Tapi, kita bisa meng'customize' kapan saja. Makara kita lewati saja, klik 'Next Step' untuk ke step berikutnya :


6. Pada step ini wordpress menginstruksikan untuk mengintegrasikan blog kita nanti dengan akun media sosial, menyerupai facebook dan twitter. Tapi sekali lagi hal ini kita bisa lakukan sehabis blog kita sudah jadi nanti, jadi dilewati saja. Klik 'Next Step' untuk ke halaman berikutnya : 
 
 7. Pada step ini bergotong-royong blog anda sudah jadi, anda sudah bisa memposting sesuat. Isi judul postingan anda menyerupai pada no.18, isi postingan anda pada no.19 dan publish postingan anda dengan mengklik tombol 'Publish' menyerupai pada no.20. Oh, yah sebelumnya ini penting, sebelum anda memposting anda verifikasi dulu email anda biar blog anda bisa ter'verifikasi'. Ingat ini sangat penting. Caranya buka email anda daftarkan untuk menciptakan blog ini (Perhatikan gambar no.2 point 4). Setelah terbuka akan ada email konfirmasi dari wordpress. Setelah itu anda sudah bisa mengecek postingan pada blog anda dengan cara mengetik alamat URL pada browser anda, pola : www.liputan6tekno.wordpress.com . Selamat mencoba semoga bermanfaat.


Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter blogteknisi.com

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Sebuah Blog Di Wordpress"

Posting Komentar