Cara-Cara Menciptakan Tali Air Pada Dinding


Tali air merupakan jalan masuk yang memisahkan bab finishing tertentu. Tali air biasanya dibentuk di sekitar kusen yang terbuat dari kayu. Tujuannya ialah mencegah air merembes pada kusen kayu yang sangat rentan rusak bila terkena air.

Rumah-rumah yang memakai tali air ternyata sudah ada pada zaman belanda. Tali air selain berfungsi untuk menahan rembesan air pada dinding yang menuju ke kusen, juga dipakai untuk merapikan pertemuan antara kayu dan dinding bata.

Membuat tali air tidaklah terlalu sulit. Namun perlu sedikit ketelitian supaya menghasilkan tali air yang rapi dan lurus. Berikut akan di jelaskan beberapa metode menciptakan tali air yang pernah aku jumpai.

Membuat tali air memakai aluminium shadow gap 1x1 cm.

 Tali air merupakan jalan masuk yang memisahkan bab finishing tertentu Cara-Cara Membuat Tali Air pada Dinding
Tali air dengan aluminium shadow gap

Tali air sanggup dibentuk dengan menyisipkan materi aluminium yang berbentuk u pada pertemuan antara kusen dengan dinding bata. Dengan menyisipkan aluminium maka otomatis tali air akan lurus dan rapi. Ukurannya pun juga akan konstan di sekeliling kusen. Cocok dipakai untuk rumah atau bangunan yang menginginkan tingkat kerapian yang sangat tinggi.

Namun menciptakan tali air dengan memakai alumunium ini sedikit lebih usang alasannya ialah harus memotong aluminium sesuai dengan ukuran kusen. Bagian yang paling susah ialah ketika mempertemukan sudut-sudut kusen. Akan lebih susah lagi apabila memasang tali air ini pada kusen gandeng pintu jendela yang mempunyai banyak sudut atau lekukan. 

Selain itu menciptakan tali air dengan aluminium juga memakan biaya yang lebih banyak alasannya ialah harus membeli aluminium. Jika ingin memperbaiki kerusakan pada tali air ini, maka harus membongkar satu bab aluminium yang tertanam di antara kusen dan dinding.

Membuat tali air dengan cara manual.

 Tali air merupakan jalan masuk yang memisahkan bab finishing tertentu Cara-Cara Membuat Tali Air pada Dinding
Tali air yang dibentuk manual

Tali air juga sanggup dibentuk dengan metode manual memakai garisan dari kayu atau aluminium. Pada ketika plesteran belum kering, garisan diletakkan diantara pertemuan kusen dan dinding. Kemudian dibentuk coakan berukuran 1 x 1 cm. Coakan akan dibentuk mengelilingi kusen sesuai dengan bentuk kusen. Hasilnya ialah tali air yang cukup rapi tetapi belum serapi memakai aluminium.

Keunggulan menciptakan tali air dengan cara manual ialah efisiensi dari segi waktu dan biaya. Namun menciptakan tali air dengan cara manual menyerupai ini memerlukan keahlian khusus dari tukang yang mengerjakan. Selain itu tali air menyerupai ini juga awan retak apabila adonan atau adukan semen kurang baik.

Namun jikalau terjadi keretakan atau kerusakan pada bab tertentu, perbaikannya cukup gampang alasannya ialah hanya merapikan tali air pada bab yang rusak saja.

Demikian dua cara menciptakan tali air yang aku ketahui. Apabila kalau isu perhiasan silahkan cantumkan pada kolom diskusi.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara-Cara Menciptakan Tali Air Pada Dinding"

Posting Komentar