Cara Budidaya Kepiting Kelapa Untuk Pemula – Cara Pemeliharaan

Kepiting kenari atau yang juga dikenal sebagai kepiting kelapa mempunyai kemampuan yang uni Cara Budidaya Kepiting Kelapa untuk Pemula – Cara PemeliharaanKepiting kenari atau yang juga dikenal sebagai kepiting kelapa mempunyai kemampuan yang unik yaitu bisa memecahkan buah kelapa. Potensi budidaya kepiting kelapa sebagai masakan cukup terbuka, maka mempelajari cara budidaya kepiting kelapa baik untuk dipelajari demikian pula dengan cara budidaya kepiting di kolam terpal.


Kepiting kelapa bukanlah salah satu jenis ketam mirip pada umumnya, namun yang lebih sempurna yakni salah satu jenis umang-umang yang cukup maju dalam evolusinya.


Bagi masyarakat Timur indonesia, mengkonsumsi kepiting kelapa sudah menjadi satu hal yang biasa. Bahkan para wisatawan manca negara yang berkunjung pun menggemari sajian kepiting kelapa rebus.


Cita rasanya enak beradu dengan kandungan nutrisi yang melimpah mirip protein, zat besi, omega 3, lemak, magnesium, fosfor, karbohidrat, DHA, Vitamin A, B12, dan juga C.


Untuk membudidayakan kepiting kelapa ini tergolong sulit, tidak semudah cara budidaya udang galah. Karena dalam perjuangan perkembangbiakannya diharapkan lokasi tertentu mirip budidaya kepiting tapal kuda. Tempat yang ideal untuk melaksanakan penangkaran kepiting kenari yakni di pantai berbatu yang mempunyai vegetasi kelapa.


Tentu saja, mengingat kelapa yakni sumber masakan utama untuk kepiting ini. Sedangkan celah-celah kerikil diperluakn untuk kawasan bersembunyi para kepiting pada dikala siang hari.


Cara Budidaya Kepiting Kepala


Namun tidak perlu khawatir, karean melalui artikel ini kami akan membahas secara tuntas cara budidaya kepiting kelapa, lengkap untuk Anda.


Persiapan lokasi budidaya


Untuk memulai budidaya kepiting kelapa ini tentu kita butuh beberapa persiapan. Seperti yang kami jelaskan di atas, bahwa kepiting kelapa membutuhkan habitat yang sempurna untuk sanggup bertumbuh optimal. Lokasi yang bisa Anda pilih yakni yang bersahabat dengan pantai.


Paling tidak, lokasi budidaya haruslah mempunyai banyak pohon peneduh. Perlu diperhatikan pula luas lahan yang Anda persiapkan, mengingat kepiting kelapa bisa tumbuh sampai 40 cm dan bentangan kakinya mencapai 200 cm.


Pastikan pula lokasinya jauh dari pemukiman padat penduduk, higienis dari banyak sekali polusi, sekaligus gampang dijangkau untuk mempermudah saluran pemeliharaan. Sama halnya dengan budidaya ayam bangkok.


Persiapan sangkar budidaya


Kepiting kenari atau yang juga dikenal sebagai kepiting kelapa mempunyai kemampuan yang uni Cara Budidaya Kepiting Kelapa untuk Pemula – Cara PemeliharaanTidak seperti cara budidaya kepiting bakau di tambak atau cara budidaya ikan lele di kolam beton yang media pertumbuhan berupa kolam atau tambak, kepiting kelapa hanya membutuhkan sangkar dengan luas 1 x 2 m. Buatlah sangkar dari besi, kayu, atau bambu. Ada pun alat dan materi yang Anda butuhkan adalah:



  • Bambu

  • Besi

  • Kawat

  • Triplek

  • Paku

  • Palu


Buat sangkar pemeliharaan berbentuk kotak yang mempunyai sekat di setiap kandangnya, serta tambahkan atap dan dinding yang terbuat dari rangkaian kawat. Jika Anda menginginkan hal yang praktis, maka Anda bisa membeli secara pribadi rangkaian kawat yang telah berbentuk lembarang di toko-toko bangunan.


Sesuaikan banyaknya sangkar dengan jumlah kepiting kelapa yang akan Anda ternak. Langkapi dengan kawasan makan dan minum di pojokan kandangnya. Pastikan pula ada sedikit ruang di bawah sangkar untuk mempermudah dalam membersihkan kandang.


Kandang budidaya kepiting kelapa bisa dibentuk mirip jendela dengan menambahkan kait biar kepiting tidak gampang melarikan diri. Susun tiap sangkar menjadi sejajar dengan jarak sekitar 25 – 50 cm. 







Persiapan benih kepiting kelapa


Saat menentukan bibit keiting kelapa, pastikanlah bibit tersebut sudah sampaumur dan siap untuk diternak. Ciri-cirinya yakni kepiting telah berukuran 10 – 15 cm, tubuhnya sehat, tidak terjangkit hama, penyakit, atau pun jamur, serta  terlihat gesit dikala akan ditankap.


Bibit kepiting kelapa bisa Anda dapatkan dengan gampang di sekitaran pantai, alasannya yakni kepiting kelapa yang sudah sampaumur biasanya akan berkeliaran di pinggir-pinggir pantai. Makara Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menangkapnya.


Cara memancing kepiting kepala dengan gampang yakni memakai daging kelapa dan juga bagian ikan rucah. Setelah berhasil ditangkap, masukkan bibit kepiting tersebut pada sangkar pemeliharaan. Untuk setiap ruang dalam sangkar yang bersekat, hanya bisa diisi dengan satu kepiting saja.


Cara pemeliharaan kepiting kelapa


Agar kepiting kelapa yang Anda budidayakan tumbuh dengan baik dan mempunyai bobot yang layak jual, maka berikanlah pakan secara teratur. Pakan yang disukai oleh kepiting kelapa yakni daging kelapa dan juga ikan rucah yang sudah dicincang.


Berikan pakan 3 kali dalam sehari, dan jikalau kepiting kelapa telah tumbuh dewasa, berikan pakan berupa satu buah kelapa yang sudah renta atau matang. Jika bobot kepiting kelapa telah mencapai 1 kg, maka kepiting tersebut sudah bisa dipanen.


Yang dihentikan dilupakan yakni faktor kebersihan sangkar selama proses pemeliharaan. Pastikan sangkar selalu dibersihkan biar tidak menjadikan bibit penyakit atau serangan hama berbahaya, hal yang sama berlaku pula untuk cara budidaya ikan cupang plakat koi.


Kepiting kelapa atau kenari sudah sangat langkah dan jarang kita temui mirip dulu. Penangkapan yang terus menerus tanpa adanya perjuangan penangkaran menciptakan binatang ini jarang ditemui. Padahal selain bergizi, kepiting kelapa juga mempunyai banyak manfaat. 







Inilah beberapa manfaat dari kepiting kelapa yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya:



  • Mencegah anemia


Kandungan vitamin B12 di dalam kepiting kelapa yakni nutrisi yang diharapkan oleh badan untuk memproduksi sel darah merah sehingga mencegah dari anemia.



  • Meningkatkan kekebalan tubuh


Salenium dalam kepiting kelapa sanggup merangsang acara sistem kekebalan badan dan bertindaj sebagai antioksidan yang bisa melindungi badan dari penyakit kronis.



  • Meningkatkan kesehatan tulang


Kombinasi antara tembaga dan juga seng dalam kepiting kelapa bisa meningkatkan perembesan vitamin D yang berperan dalam perembesan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.



  • Baik untuk ibu hamil


Kepiting mengandung folat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang mempunyai kegunaan untuk menurunkan resiko cacat saraf bagi bayi yang gres lahir.



  • Menurunkan resiko penyakit jantung


Demikian pula untuk penyakit jantung, resikonya bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi kepiting. Omega 3 dalam darah akan mengurangi resiko serangan jantung dan juga stroke.


Itulah cara budidaya kepiting kelapa atau kepiting kenari yang bisa kami bagikan pada Anda. Semoga menginspirasi dan membuka peluang gres dalam perjuangan perintisan budidaya ini.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Kepiting Kelapa Untuk Pemula – Cara Pemeliharaan"

Posting Komentar