Beberapa Judul Dokumen Konseling Pribadi

Penelitian ini berjudul  Pengaruh Konseling Pribadi (individu) Terhadap Peningkatan Perilaku Keagamaan Remaja (Studi Kasus Pelaksanaan Konseling Pribadi (individu) di Panti Pamardhi Putra “Mandiri” Semarang). Belum ditemukan, namun ada studi atau kajian yang telah dilakukan sebelumnya dan adanya  relevansinya dengan penelitian ini. Penelitian tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Penelitian  tentang  Pengaruh Bimbingan Islam terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa di SLTP Negeri 1 Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2002-2003 (Siti Fatimah: 2004).

Penelitian ini menjelaskan perihal penekankan terhadap bimbingan Islam yang diberikan oleh siswa kelas 2 dan 3 SLTP, yang merupakan tugas guru bimbingan konseling sangat signifikan sekali guna terbentuknya psikologi dewasa yang manifestasinya pada sikap keagamaan dewasa sehari-hari. Adapun metode yang digunakan dalam bimbingan Islam berupa: wawancara dan metode  Group Guidence (bimbingan secara kelompok).

Kesimpulan penelitian adalah: bahwa bimbingan Islam memiliki efek yang nyata terhadap sikap keberagamaan siswa SLTP Negeri 1 Welahan Jepara tahun pelajaran 2002-2003.

2.  Penelitian Tentang;  Efisien Pengaruh Bimbingan Keagamaan dalam Keluarga terhadap Perilaku Keberagamaan Remaja IPNU IPPNU Desa Mojo Kec. Gemuh Kab. Kendal (A. Kholid Jauhar: 1998).

Penelitian ini lebih pementingan terhadap bimbingan keagamaan dalam keluarga, yang mana tugas orang bau tanah dalam hal tersebut sangat signifikan sekali guna terbentuknya dan berkembangnya psikologi anak yang manifestasinya pada sikap keagamaan sehari-hari.

Kesimpulan dari penelitian adalah: Untuk mengetahui acara keagamaan dalam keluarga sanggup dilihat dari segi perhatian orang bau tanah dalam mengawasi, memberi motivasi dan menunjukkan keteladanan atau contoh-contoh yang baik berkaitan dengan anutan agama Islam, adapun balasannya maka dengan adanya bimbingan keagamaan dalam keluarga maka dewasa akan bisa melaksanakan serta meningkatkan perintah keagamaan dengan baik sehingga tercermin dalam sikap keagamaan yang dilaksanakan sehari-hari.

Konseling Pribadi


3. Penelitian  tentang:  Efektivitas Bimbingan Penyuluhan Islam oleh “Taruna” dalam Peningkatan Perilaku Keberagamaan pada Umumnya di Desa Wonorejo Kec. Kaliwungu Kab. Kendal (Arif Shofiyuddin: 2004).

Penelitian ini menjelaskan perihal bimbingan penyuluhan Islam yang diberikan oleh taruna, ketika melaksanakan penelitian dengan memakai metode kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data dengan memakai wawancara, observasi, dan angket, dari angket yang disebarkan oleh peneliti menerima respon yang nyata oleh para taruna. Selama melaksanakan bimbingan penyuluhan Islam mereka antusias sehingga memahami. Adapun bahan yang digunakan antara lain di bidang aqidah, syari’ah, dan akhlak. Metode yang digunakan dengan memakai metode ceramah, metode diskusi dan metode tanya jawab. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: dengan adanya bimbingan penyuluhan Islam bagi dewasa taruna desa Wonorejo, maka menambah pengetahuan agama, bertambah kesadaran dalam menjalankan perintah agama serta terealisasinya peningkatan ibadah remaja. Kaprikornus penelitian ini lebih pada bahan dan metode yang disampaikan pada taruna melalui efektivitas bimbingan penyuluhan Islam, sehingga akan membawa peningkatan sikap keberagamaan dewasa taruna.

Dari ketiga penelitian tersebut  maka penelitian yang akan penulis bahas berbeda dengan penelitian sebelumnya. Adapun yang membedakan penelitian ini dengan penelitian-penelitian yang lain yaitu bahwa penelitian ini meneliti perihal “Pengaruh Konseling langsung (individu) Terhadap Peningkatan Perilaku Keagamaan Remaja di Panti Pamardhi Putra “Mandiri” Semarang.


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Beberapa Judul Dokumen Konseling Pribadi"

Posting Komentar