7 Syarat Wajib Untuk Sukses Menjadi Instagram Seller

Setelah kemarin posting perihal artikel poin penting yang harus dihindari sebagai instagram seller kali ini admin akan bahas bagaimana memaksimalkan media umum instagram ini, kali ini saya akan membahas 7 Syarat Wajib Untuk Sukses Menjadi Instagram Seller.


Saya sendiri menganggap instagram ialah media umum paling baik untuk melaksanakan jual beli, daripada facebook apalagi twitter.


Tapi, harus diakui tidak semua bisa sukses dengan cepat walaupun sudah memakai banyak sosial media sebagai promosi produk kita.


Langsung to the point aja lah…

Beberapa poin yang WAJIB anda lakukan untuk menjadi seller instagram sukses.


Pertama,


berlaku untuk semua sosial media. gunakan nama akun yang gampang di ingat atau relevan dengan produk anda.


Pernah berfikir ketika anda membeli detergen untuk mencuci baju anda secara tidak eksklusif menyebut produk So-klin?


Atau air mineral dengan menyebut Aqua?


Yup, hal tersebut tidak jauh dari pemilihan nama dan branding (akan dijelaskan lebih lanjut mengenai branding produk dalam artikel berikutnya)


Sebagai rujukan diatas, so klin tidak hanya efektif untuk masyarakat di indonesia saja.


Kalau anda teliti dengan terperinci 2 kata tersebut bisa dibaca sebagai “So Clean” yang akan sangat gampang di ingat untuk masyarakat dengan bahasa utama memakai bahsa inggris.


Cukup gunakan 2 – 3 kata sebagai brand dagang anda. Karena akan sangat membantu konsumen untuk mengingat produk anda.


Anda kenal Mc-Donald? Bagaimana anda menyebutkan brand mereka?


95% saya yakin anda akan menyebutnya menjadi Mc-D!


Kentucky Fried Chicken menjadi KFC, dan masih banyak lagi.


Bukan soal teknik marketing semata, tapi alasannya ialah kebiasaan masyarakat lebih suka yang praktis.


… SMS/chatting terima kasih aja masih disingkat TY, iya kan….?


Kemudian, DP atau foto profil.


Sebisa mungkin jangan gunakan logo produk anda sebagai foto profil. Kenapa?



  • Yang pertama ialah mengurangi daya tarik.

  • Dan yang kedua bisa anda gunakan sebagai sarana promosi.


Ketika suatu ketika ada user yang mencari hashtag yang bekerjasama dengan produk anda.


Ternyata user tersebut mengunjungi profil anda, mungkin alasannya ialah tertarik dari foto profil anda? Presentasenya ialah 50% – 50%. Maksimalkan kesempatan itu!!.




Kedua, HANYA gunakan gambar yang bagus!


Bagaimana ciri-ciri gambar yang bagus?


1.Tidak hanya kerapatan pixel dan resolusi yang besar saja!


Tapi yang mengandung unsur promosi produk anda. Berikan watermark pada gambar anda.


Watermark, selain mempunyai kegunaan untuk menegaskan bahwa gambar produk tersebut ialah benar-benar hasil dari produk anda. Juga mempunyai kegunaan ketika anda mendapat re-seller atau orang lain.


Ketika re-seller tersebut posting gambar dari anda, secara tidak eksklusif itu menjadi soft promosi bagi produk anda.


2.apabila produk anda termasuk yang sanggup dipakai


Misal, sepatu, baju, celana, dll.


Gunakan model manusia, sekali lagi gunakan model Manusia!! Jangan manequeen atau patung.


Karena suatu produk akan terlihat lebih natural ketika insan yang menggunakannya.


Keuntungan lainnya ialah apabila kita memakai model manusia, kita bisa sesuka hati menciptakan model tersebut dengan banyak sekali gaya.


Karena tidak sedikit calon pembeli yang membayangkan bagaimana baju yang anda jual ketika digunakan berpose ketika selfie.


3.Jangan sekali-kali memotret model yang posisi portrait (berdiri) dengan angle kamera landscape (horizontal)


Walaupun jenis foto yang instagram pakai ialah berbentuk square (kotak), dengan lebar dan panjang yang sama


4.yang terakhir,gunakan resolusi kamera yang besar ketika memotret


Untuk memudahkan ketika upload foto ke instagram, gunakan aplikasi untuk kompres foto


Anda bisa mencoba aplikasi komputer Riot yang ringan ini untuk kompres resolusi dan kapasitas file




Ketiga, #hashtag!!


Pertama kali dikenalkan oleh Twitter hashtag diakui sangat berguna, terlebih buat promosi. Kenapa?


Hastag menjadi jembatan bagi SEMUA PENGGUNA aplikasi tersebut, akan sangat membantu para seller yang masih baru


Ketika anda memasukkan hashtag pada caption postingan anda, secara tidak eksklusif anda telah menghubungkan postingan anda dengan orang lain yang ber hashtag sama!


Yang harus diketahui perihal hashtag ialah :



  • hanya gunakan hashtag untuk keyword yang tepat.

  • Penempatan hashtag pada caption anda tidak menjadi masalah, baik di depan, tengah atau final paragraf.

  • Hashtag tidak berfungsi pada akun yang dikunci.

  • jangan spam hashtag!!


Pernah lihat caption dengan isi hashtag yang bejibun? Seperti ini


 


Menggunakan hashtag yang berlebihan hanya akan menciptakan hashtag yang lain kurang efisien.


Setelah kemarin posting perihal artikel  7 Syarat Wajib Untuk Sukses Menjadi Instagram SellerContoh hashtag diatas ialah masuk urutan ke 9 dari keyword #murah yang saya inputkan pada instagram.


Setelah kemarin posting perihal artikel  7 Syarat Wajib Untuk Sukses Menjadi Instagram Seller


 


Sedangkan yang kedua ini ialah urutan ke-2 sehabis saya input kata kunci diatas.


Kalau anda cermati, postingan yang kedua hanya memakai #murah 1 kali.



  • Selain itu, gunakan 1 hashtag yang benar-benar mencerminkan produk anda


Dan jangan merubahnya!!


Misalkan anda menjual sebuah produk gelas dan nama akun anda ialah ABCD.


Maka gunakan hashtag #gelasABCD atau yang sejenis sebagai 1 hashtag branding produk anda!




Keempat,


di point ke 6 dari artikel 6 point penting mendirikan usaha ini


Dijelaskan mengenai event atau acara sebagai penunjang branding produk anda.


Pasti tidak sedikit seller yang mengeluh followernya kadang menurun atau penjualannya juga menurun.


Kenapa?


Karena ada seller lain yang lebih baik dari anda!!


Jadilah manusia, pahami calon buyer atau follower anda.


Adakan suatu event, walaupun rewardnya kecil, tapi jadikan yang berkesan.


Itu lebih baik daripada reward besar tapi tidak menyeluruh (macam BLT pemerintah aja).


Pernah lihat ikan dari blibli.com?


Yang isinya hari kamis ganteng buat cowok. Itu sanggup ditiru, dengan sedikit modifikasi.


Misalkan, hari sabtu ongkir diskon 20%


Kecil, tapi menyeluruh. Daripada beli produk yang harganya 1 juta mendapat cashback 300 ribu yang senilai 30% dari produk.


Padahal sasaran konsumen anda ialah mahasiswa dengan keuangan 1 juta/bulan.


Bisa dijamin, TIDAK LAKU!! Yes or no?


berikut salah satu cara/event yang bisa anda terapkan untuk menambah follower anda.


Setelah kemarin posting perihal artikel  7 Syarat Wajib Untuk Sukses Menjadi Instagram Seller
gambar diambil dari akun Instagram @haleematuzzza

dengan event ibarat itu, anda bisa menarik follower yang sudah ada untuk mention akun anda.


secara tidak eksklusif itu menjadi promosi pasif bagi anda, beberapa cara untuk memaksimalkan hasilnya.


Anda bisa melaksanakan hal berikut :


1. Sebarkan event anda diluar Instagram (Facebook, Twitter, G+, dll)


2. Gabungkan hashtag event anda dengan hashtag promosi dengan tetap menerapkan point penting dari hashtag pada point ketiga di artikel ini. (ex : #Haleemagiveaway #Makeupartist #RiasWajah dsb)


3. Secara baik-baik, mintalah promote dari akun yang lebih terkenal.


lakukan dengan bijaksana, tentunya tawarkan sesuatu yang menguntungkan juga buat orag tersebut semoga mau membantu.




Kelima, Utamakan pelayanan


Sebenernya saya tidak ingin memasukkan poin ini pada artikel kali ini. Tapi berhubung ini termasuk riskan dan tidak semua orang bisa atau mengerti caranya.


Kali ini akan saya bahas


Pernah mendengar teman anda berkata “mending beli ditoko itu, walaupun lebih mahal sedikit tapi yang jual baik hati”

[Tweet “Tidak ada promosi yang lebih baik daripada yang datangnya dari pengecap manusia!! “]


Tidak sedikit orang yang rela kehilangan beberapa nominal uang demi mencari kepuasan, atau bahkan keamanan.


Berikut sedikit tips untuk menjaga kualitas anda sebagai seller :


1.jujur, kalau ada cacat di produk anda sampaikan sebelum pembeli deal. Jelaskan terlebih dahulu, mungkin bisa memberi sedikit diskon kalau pembeli mau membelinya.


2.komunikasi yang baik, jangan ibarat robot. Sok erat lebih baik daripada jaim, yang hasilnya menciptakan pembeli sungkan untuk bertanya-tanya.


Selain itu, pembeli yang erat dengan kita akan bahagia hati menunjukkan masukan pada kita atau produk kita.


3.tanggung jawab, apabila barang yang anda kirim ternyata tidak sesuai atau cacat. Berikan pilihan, refund atau barter dengan anda yang menalangi biaya ongkos kirimnya.


Lebih baik rugi daripada kehilangan kepercayaan pelanggan.


4.konsisten, tidak ada orang yang suka dengan orang yang tidak konsisten. Sebagai contoh


Apabila anda salah menunjukkan harga, misalkan lebih murah dari harga produksi/kulak.


Hanya ada 2 pilihan



  • Jujur pada calon pembeli kalau ternyata tadi anda salah menunjukkan harga, jangan tiba-tiba memberi alasan produk habis.

  • Yang kedua, kalau terpaksa menanggung rugi ikhlaskan. Kemudian tawari pembeli itu dengan produk lain, kalau kita beruntung kita sanggup menutupi kerugian dari produk kedua yang beliau beli.


Kalau pelanggan anda puas, dengan bahagia hati mereka akan mempromosikan anda sebagai recommended seller.




Keenam, gunakan senjata anda se efisien mungkin


Apa senjata anda? Mobile Phone


Saran saya, pakai handphone ber platform Android.


Saran yang kedua, gunakan handphone android (lagi).


Iya, android ialah pilihan terbaik. Bukan niat promosi.


Kalau anda perhatikan opsi ke enam diatas, saya ketik “se efisien” mungkin.


Yaitu melaksanakan sesuatu dengan benar dan baik tetapi dengan sumber daya se minimal mungkin.


Apa untungnya? Jelas untuk mengurangi cost.


Banyak aplikasi chatting yang ketika ini bertebaran di playstore, diantaranya


Yang paling penting ialah whatsapp, BBM, Line.


Instal 3 aplikasi chatting tersebut, WAJIB hukumnya.


Kelebihan dari whatsapp adalah, support all platform (j4va, android, windows phone) dan tidak membutuhkan RAM tinggi, sehingga dipastikan sanggup menjangkau calon pembeli dengan daya beli kecil.


BBM, sangat amat penting. Kenapa?


Pernah ingat BBM menjadi suatu hal yang hanya di miliki pemilik handphone BB yang harganya bisa dibilang tidak murah?


Dengan mempunyai BBM, anda sanggup melaksanakan promosi di timeline BBM dan menjangkau para high end konsumen.


Pernah saya mencoba berjualan melalui facebook, tanpa memakai BBM.


Selama 1 ahad saya rajin up posting jualan saya sehari 3 kali tapi hasilnya nihil!.


Setelah saya cantumkan pin BBM pada postingan saya, sehari sehabis itu eksklusif mendapat konsumen.


LINE, lebih tepatnya optional daripada wajib.


LINE membutuhkan resource RAM lebih besar daripada kedua aplikasi diatas.


Namun layak untuk di instal, kenapa?


Developer LINE bisa menciptakan aplikasi yang usefull, game salah satunya.


Terus, apa hubunganya game dengan penjualan anda?


Kalau anda mencermati game-game online yang kini ada, hampir semua game online berjenis PTW (pay to Win) sehingga lebih banyak didominasi para gamer lebih gampang mengeluarkan uang secara online daripada offline.


kelebihan yang lain, LINE juga mempunyai fungsi timeline layaknya BBM yang sanggup anda gunakan untuk promosi anda.




Ketuju, promosi atau endorse


Ini ialah cara terakhir dan termasuk pamungkas.


Apabila sehabis beberapa bulan, akun anda tidak mengalami penambahan follower.


Atau penjualan anda loyo.


Lakukan promosi, atau yang lebih dikenal sebagai endorse.


Sebelum memutuskan melaksanakan endorse, perhitungkan dulu biaya yang dibutuhkan.


Jangan hingga lebih dari 30% dari keuntungan higienis anda!!


Setelah kemarin posting perihal artikel  7 Syarat Wajib Untuk Sukses Menjadi Instagram Seller
gambar diambil dari @wirausaha sanggup bangkit diatas kaki sendiri muda

Presentase pembagian keuntungan bisa anda rujukan dari branch produk wirausaha sanggup bangkit diatas kaki sendiri di atas.


Batas maximal ialah 20% dari keuntungan higienis anda


Walaupun anda bisa mengalokasikan prosentase kebutuhan lain untuk menambah nominal promosi, saya sarankan jangan.


Lebih baik anda gunakan untuk memperbaiki produk daripada menjadikannya sarana promosi.


Kemudian, sehabis memilih modal untuk promosi


Hal selanjutnya ialah memilih cara atau akun endorse yang layak


Tips berikut bisa anda rujukan :


1.cek akun instagram selebgram yang akan anda jadikan endorsement


Ingat, jumlah follower bukan faktor utama!!


Cukup lihat beberapa postingan mereka, berapa jumlah like dan komentar (bukan spam) dari follower aktif (organik)


2.setelah anda memastikannya, pahami waktu yang ramai


Lihat jam dan hari apa yang mengindikasikan postingan artis tersebut ramai.


Misalkan waktu paling ramai ialah sore, berikan saran padanya untuk mengendorse di waktu sore.


Tergantung sasaran promosi, biasanya sebagai berikut :



  • Anak Sekolah = dengan indikasi pagi – siang ialah belajar, berarti waktu terbaik sore-malam.

  • Ibu Rumah Tangga = dengan indikasi pagi menyiapkan keperluan keluarga, waktu terbaik ialah siang.

  • Mahasiswa = dengan indikasi free time, mahasiswa bisa difokuskan diwaktu petang – malam.

  • Pekerja = dengan indikasi pagi diwaktu kerja, dan malam istirahat. Maka waktu terbaik ialah sore – petang.


Setelah menerapkan 7 Syarat Wajib Untuk Sukses Menjadi Instagram Seller, setidaknya nantinya anda akan mendapat follower organik.


tidak hanya follower dari hasil beli, yang hanya berarti menambah umlah saja tetapi tidak menambah kualitas akun anda.



Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7 Syarat Wajib Untuk Sukses Menjadi Instagram Seller"

Posting Komentar