14 Cara Perawatan Budidaya Burung Hantu Celepuk Di Rumah

Burung hantu bekerjsama mempunyai banyak manfaat 14 Cara Perawatan Budidaya Burung Hantu Celepuk di RumahBurung hantu bekerjsama mempunyai banyak manfaat, dimana salah satunya yakni membantu petani dalam membasmi hama tikus.


Karena keberhasilan beberapa petani dalam memanfaatkan burung ini, banyak petani lain yang membeli burung hantu untuk menerapkan metode ini.


Burung hantu celepuk merupakan binatang yang simpel stress alasannya yakni burung ini membutuhkan perawatan yang maksimal. Berikut yakni 14 cara perawatan budidaya burung hantu celepuk di rumah.


1. Hindari Menggunakan Sangkar Kecil


Burung hantu celepuk suka dengan sangkar yang luas sehingga ia sanggup bergerak dengan leluasa. Mereka bergerak sesuai dengan mood nya dan bila ia hingga stress, burung tidak akan mau makan. Tenggeran juga sanggup diletakkan dalam sangkar, tetapi pastikan kaki mereka diberi tali. Lalu sesekali, biarkan mereka menghirup udara segar di luar kandang. Simak juga cara budidaya burung serindit.


2. Letakkan Kandang di Tempat Teduh


Burung hantu ini merupakan salah satu binatang yang hidup di malam hari, maka akan lebih baik bila mereka di tempatkan di kawasan teduh. Pada malam hari, sebaiknya matikan lampu alasannya yakni sebagai binatang malam, ia mempunyai pandangan yang lebih baik di malam hari.


3. Perhatikan Pakan


Burung hantu celepuk yang berusia sekitar 3 bulan, berikan pakan berupa 7 ekor jangkrik dan diberikan sebanyak 2 kali sehari. Pada dikala memperlihatkan jangkrik, berikan dengan cara yang sama menyerupai menyuapi bayi. Sebaiknya untuk menghindari digigit oleh paruh burung yang tajam, gunakan ujung lidi panjang untuk menusuk jangkrik dan berikan pribadi kepada burung hantu. Simak juga cara budidaya burung gould amadin.


4. Berinteraksi


Berinteraksi dengan burung hantu peliharaan sanggup menciptakan burung menjadi terbiasa dengan keberadaan anda. Salah satu caranya yakni dengan menatap matanya setiap pagi dan sore hari.


5. Menjalin Keakraban


Burung hantu termasuk binatang yang suka mengikuti gerakan mangsanya dan burug hantu celepuk sanggup memutarkan kepalanya hingga 180 derajat. Burung hantu juga populer dengan penglihatannya yang tajam sehingga sanggup melihat apa yang dihadapannya dengan jelas. Menjalin keakraban dengan burung hantu anda sanggup membuatnya terbiasa dengan keberadaan anda. Burung hantu celepuk termasuk salah satu binatang yang setia terhadap pasangannya, penurut, dan simpel diatur. Simak juga cara budidaya burung jalak suren.


6. Menjaga Kebersihan Kandang


Burung hantu celepuk merupakan predator yang tidak mempunyai gigi, dimana ia akan mencabik makanannya dengan paruh sehingga berbentuk penggalan kecil sebelum risikonya dimakan. Makanan yang tidak sanggup dicerna menyerupai bulu dan tulang akan dimuntahkan kembali dari mulutnya, maka dari itu sangkar burung hantu harus rutin dibersihkan alasannya yakni adanya sisa-sisa kuliner yang ada sebagai salah satu dari 14 cara perawatan budidaya burung hantu celepuk di rumah. Simak juga cara budidaya burung merpati.







7. Menjaga Kebersihan Perlengkapan Kandang


Supaya burung hantu celepuk tidak terkena penyakit alasannya yakni sisa kuliner yang sudah membusuk dan dicampur dengan kotoran, sebaiknya perlengkapan dalam sangkar juga harus dibersihkan. Untuk membersihkan kandang, cukup dengan air dan jangan lupa juga untuk mencuci kawasan minum serta mengganti air minumnya secara rutin.


8. Memandikan Burung Hantu


Supaya tidak simpel stress, burung hantu celepuk sanggup dimandikan. Cara memandikannya juga cukup mudah, yaitu dengan cara menyemprotkan air memakai semprotan burung. Memandikan burung hantu cukup dilakukan sebanyak sekali dalam seminggu.


9. Menjinakan Burung Hantu


Salah satu trik utama dalam menjinakkan burung hantu yakni dengan cara membiarkan mereka untuk melihat anda tertidur. Dengan cara ini, burung hantu akan merasa percaya bahwa anda tidak akan menyakiti mereka, sehingga ia pun menjadi jinak dan tidak akan menyerang anda. Simak juga cara budidaya burung parkit.


10. Gunakan Tangan untuk Memberi Makan Burung


Cara lain untuk menjinakan burung hantu celepuk yakni dengan melatih burung hantu untuk memakan jangkrik dari tangan. Pada dikala proteksi makanan, sebaiknya tatap mata burung hantu anda dan disarankan untuk ajak ia mengobrol sambil makan supaya ia merasa nyaman dan tidak takut dengan anda.


11. Memberi Nama


Hal lain yang menciptakan burung hantu merasa dekat yakni dengan proteksi nama kepada burung hantu celepuk. Hal ini sangat dianjurkan alasannya yakni sanggup menciptakan anda sanggup berkomunikasi dan dekat dengan burung perliharaan anda ini. Selain itu, anda juga sanggup memanggil ia dengan nama yang telah diberikan dan sanggup melatih burung hantu celepuk untuk tiba atau mendekati anda ketika dipanggil namanya.


12. Melatih dengan Siulan


Burung hantu celepuk berbeda dengan burung lainnya, dimana ia sanggup dilatih dengan memakai siulan. Untuk memancingkan tiba ke anda, gunakan jangkrik sebagai umpan supaya ia datang. Lakukan hal ini berkali-kali hingga burung hantu celepuk percaya dan merasa kondusif dengan anda. Simak juga cara budidaya burung nuri bayan.  







13. Perhatikan Gejala Sakit Burung Hantu


Seperti binatang lainnya, burung hantu juga sanggup mengidap penyakit. Ada beberapa tanda yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut:



  • Mata yang tertutupu baik di siang ataupun malam hari. Burung yang sehat akan mempunyai sorot mata yang tajam dan lebar. Untuk megobatinya, disarankan untuk memperlihatkan kuliner berupa minyak ikan berkualitas baik dan jangkrik setiap harinya.

  • Burung hantu tidak ingin bangun dan kepalanya tertunduk. Ketika burung hantu anda mengalami tanda-tanda ini, perlu diketahui bahwa burung hantu anda sudah terkena penyakit dan sanggup berujung pada kematian. Gejala penyakit ini sanggup tiba secara tiba-tiba, dimana burung hantu sanggup muntah secara mendadak, tidak mau makan, kepala tertunduk, bangun tidak stabil, dan tidak berada pada tenggeran.

  • Badan menggigil atau bergetar. Hal ini menunjukan bahwa burung hantu juga sedang sakit. Cara megobatinya dengan menghangatkan kawasan burung hantu anda dan berikan sinar matahari sebentar dari jam 6 hingga 7 pagi supaya badannya segar kembali.

  • Mengenali tanda-tanda penyakit tetelo atau Newcastle disease. Newscastle disease mengakibatkan kejang-kejang alasannya yakni virus. Untuk menanganinya, berikan vaksi tetes pada burung hantu anda. Sumber penyebarannya sanggup melalui udara, minuman, dan pakan burung hantu anda yang kotor dan tercemar.

  • Gejala stress. Ciri-ciri burung hantu mengalami stress yakni burung terlihat murung, mata sering tertutup, dan nafsu makan berkurang atau bahkan tidak mau makan sama-sekali. Cara mengatasinya yakni dengan memperlihatkan kuliner jangkris atau tikus putih yang higienis dan sehat selama 4 hari berturut-turut. Hal lain yang sanggup membantu yakni untuk tidak masukkan burung ke dalam sangkar, biarkan saja ia bertengger. Lalu biarkan saja burung hantu untuk menyendiri dalam ruangan dengan beberapa ekor tikus putih berkeliaran untuk memancing sifat predatornya kembali.


14. Moulting


Burung hantu akan mengalami masa moulting atau ganti bulu dan hal ini membutuhkan perawatan khusus. Proses moulting pada burung hantu terjadi setiap 6 bulan sekali dan terjadi selama 10 hari. Pada dikala ganti bulu, burung akan merasa tidak nyaman dan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan itu, berikan jangkrik yang diolesi sedikit madu.


Inilah 14 cara perawatan budidaya burung hantu celepuk di rumah, semoga bermanfaat bagi para petani yang memelihara burung ini ataupun bagi orang rumahan yang ingin memelihara burung hantu.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "14 Cara Perawatan Budidaya Burung Hantu Celepuk Di Rumah"

Posting Komentar