Ukuran Standar Meja Dan Bangku Makan

Kenapa Ukuran Meja dan Kursi Makan Harus Standar ?

Merancang atau menciptakan meja dan dingklik makan hendaknya sanggup menciptakan orang nyaman dikala duduk dan makan tanpa bersinggungan dengan orang di sebelahnya. Ada banyak hukum yang mengatur ihwal standar panjang, lebar dan tinggi dingklik dan meja makan.

 Kenapa Ukuran Meja dan Kursi Makan Harus Standar  Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan
Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan - pixabay

Meja makan harus dibentuk satu set dengan ukuran dingklik makan, bila pun membeli terpisah, maka perlu memperhatikan perbandingan ukuran meja dan kursi. Dua furniture ini bersanding menjadikan kenyamanan bagi penggunanya.

Selain itu berkaitan juga dikala posisi tidak digunakan, maka dingklik mungkin dimasukan ke bawah meja sehingga menghemat ruang dan tidak terlalu menghalangi sirkulasi ruang. Berikut ini akan dijelaskan standar ukuran dingklik dan meja makan.

Ukuran Standar Kursi Makan

Tinggi dudukan dingklik makan antara 46 cm sampai 50 cm dari lantai ke kursi, hampir sama dengan dingklik kerja. Tinggi dingklik makan rata-rata lebih tinggi daripada sofa atau dingklik santai alasannya ialah orang harus sanggup duduk dengan tepat dalam menghadapi makanan. . Tinggi dingklik makan anak mungkin lebih pendek dari ini.

 Kenapa Ukuran Meja dan Kursi Makan Harus Standar  Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan
ukuran standar dingklik makan - decoSoup

Kursi makan umumnya tidak dibentuk terlalu lebar dan dalam sehingga orang tidak terjebak dengan dimensi tersebut. Sebaliknya orang sanggup lebih fokus ke meja dan menghadapi makanan. Dimensi panjang dingklik berkisar antara 50 cm - 60 cm, sementara lebarnya berkisar antara 45 cm - 55 cm.

Untuk sandarannya sendiri juga tidak dibentuk terlalu tinggi, hanya 3/4 punggung yang sanggup menyandar pada kursi. Tinggi sandaran rata-rata untuk dingklik makan ialah 45 cm - 60 cm tergantung bentuk desain sandaran kursi.

Kursi makan jarang memakai sandaran tangan / lengan dingklik (arm chair), kebanyakan dingklik makan akan disodorkan ke bawah meja sehabis final digunakan. Jika pun merupakan dingklik dengan lengan atau sandaran tangan, maka sandaran tangan tingginya harus kurang dari kolong meja sehingga tidak terbentur. Tinggi sandaran tangan biasanya berkisar antara 19 cm sampai 25 cm.

Ukuran Standar Meja Makan

Tinggi meja makan umumnya ialah 76 cm sampai 80 cm dari lantai, ini juga diubahsuaikan dengan tinggi dingklik makan. Dalam penggunaan meja makan yang santai, tingginya juga sanggup diturunkan. Tinggi meja makan sanggup dibentuk antara 70 - 75 cm dari lantai, supaya ramah terhadap anak-anak.

Meja makan umumnya mempunyai kolong terbuka sehingga sanggup merentangkan kaki dan memasukan dingklik di bawahnya. Meja makan mempunyai tinggi kolong higienis sekitar 10 cm sampai 12 cm di bawah tinggi meja atau sekitar 68 cm sampai 70 cm.

Sementara untuk panjang dan lebar meja makan serta kapasitas meja makan sanggup dibentuk sesuai variasi desain meja apakah berbentuk kotak, persegi panjang, oval atau lingkaran. Meja makan dengan kapasitas 2 orang yang duduk berhadapan minimal berukuran 60 cm x 60 cm. Mengenai ukuran meja makan, sanggup dilihat pada tabel di bawah ini :

Meja makan - wayfair
Meja makan - wayfair

Aturan jarak dingklik dan meja makan

Setelah mempunyai dingklik dan meja makan dengan ukuran standar, selanjutnya ialah hukum dalam menempatkan atau menata jarak antara dingklik dan meja. Aturan ini memakai metode role of thumb (aturan jempol) yang bersama-sama tidak baku dan tidak tertulis, namun banyak orang menerapkannya di lapangan. Berikut ialah beberapa diantaranya :

  • Berikan jarak 25 cm - 30 cm antara dingklik dan meja untuk sirkulasi berdiri - duduk di meja makan
  • Sisakan jarak 18 cm - 20 cm di antara dingklik supaya dikala makan, tangan tidak bersenggolan dengan orang di sebelahnya
  • Setiap orang hendaknya mendapat lebar ruang sebanyak 60 cm sampai 75 cm di meja makan
  • Untuk meja persegi panjang, tambahkan 30 cm pemanis bila ada yang duduk di kepala dan kaki meja (duduk di ujung meja secara melintang)
  • Biarkan setidaknya 80 cm sampai 90 cm antara meja makan dan dinding atau perabot lainnya untuk ruang sirkulasi
  • Ukur dingklik pada titik terlebar (tergantung pada gaya kursi) untuk memastikan memperoleh jarak dan ukuran yang sesuai dengan ruang makan
  • Jika ruangan sempit, gunakan dingklik makan tanpa sandaran tangan 
 Kenapa Ukuran Meja dan Kursi Makan Harus Standar  Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan
meja dan dingklik makan - transcarrental.co

Demikianlah mengenai standar ukuran Meja dan Kursi Makan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam menata ruangan di rumah Anda. Terima kasih telah berkunjung.

Referensi :


  • https://www.wayfair.com/ideas-and-advice/how-to-choose-the-right-size-dining-chairs-S4671.html
  • Pengalaman langsung penulis dalam mengerjakan interior design

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ukuran Standar Meja Dan Bangku Makan"

Posting Komentar