Pengertian Paragraf

Halo sahabat bangkusekolah…di tahun 2015 ini makin semangat ya belajarnya.. kali ini kita akan membahas perihal pengertian paragraf, unsur-unsur paragraf, jenis-jenis paragraf dan bagaimana menciptakan paragraf yang baik.


Pengertian Paragraf


Paragraf yakni bab karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan secara utuh dan membentuk satu kesatuan pikiran.


Unsur-unsur Paragraf


Paragraf terdiri dari :


1. Kalimat Utama


Kalimat utama yakni kalimat yang memuat wangsit pokok. Kalimat utama biasa juga disebut dengan kalimat topik. Kalimat utama merupakan inti dari permasalahan / problem yang ingin disampaikan. Biasanya kalimat utama masih bersifat umum sehingga masig perlu diberi klarifikasi dengan kalimat penjelas. Dalam satu paragraf hanya boleh memuat satu kalimat utama.


2. Kalimat Penjelas


Kalimat penjelas yakni kalimat-kalimat dalam suatu paragraf di luar kalimat utama. Kalimat penjelas memuat wangsit penjelas yang menjelaskan kalimat utama.


Jenis-jenis Paragraf


1. Berdasarkan letak kalimat utama / wangsit pokoknya.


a. Paragraf deduktif


Paragraf deduktif yakni paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf.


b. Paragraf induktif


Paragraf induktif yakni paragraf yang kalimat utamnya terletak di tamat paragraf.


c. Paragraf adonan (deduktif – induktif)


Paragraf adonan (deduktif – induktif) yakni paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan di tamat paragraf.



2. Berdasarkan Tujuannya


a. Paragraf deskripsi


Paragraf deskripsi yakni paragraf yang menggambarkan sesuatu yang berdasarkan pengalaman panca indera insan dengan tujuan semoga pembaca seperti melihat dan sanggup mencicipi sendiri objek yang digambarkan.


b. Paragraf narasi


Paragraf narasi yakni paragraf yang menceritakan suatu insiden atau kejadian dengan tujuan semoga pembaca seperti mengalami sendiri kejadian yang diceritakan.


c. Paragraf argumentasi


Paragraf argumentasi yakni paragraf yang menyajikan suatu permasalah dengan mengemukakan bukti-bukti dan alasan yang diungkatapkan oleh penulis atau menyatakan persetujuannya.


d. Paragraf eksposisi


Paragraf eksposisi yakni paragraf yang memaparkan pengetahuan atau info dengan tujuan semoga pembaca menerima info atau pengetahuan yang sejelas-jelasnya.


e. Paragraf persuasi


Paragraf persuasi yakni paragraf yang bertujuan mempengaruhi pembaca dengan memperlihatkan data sebagai penunjang sehingga pembaca mengikuti pendapat yang dikemukakan oleh penulis.


Membuat Paragraf yang Baik


untuk menciptakan paragraf yang baik, harus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1. Memiliki satu wangsit pokok / kalimat utama

2. Memiliki klarifikasi yang lengkap perihal wangsit pokok tersebut

3. Menarik perhatian pembaca

4. Terorganisasi dengan baik


Demikianlah sedikit pembahasan mengenai pengertian paragraf dan beberapa hal terkait dengan paragraf. Semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com. Terima kasih atas kunjungannya ke bangkusekolah.com



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Paragraf"

Posting Komentar