Pengertian Nilai Dan Norma Sosial

Didalam kehidupan bermasyarakat tentu terdapat nilai-nilai dan norma yang menjadi suatu aturan bagi masyarakat tersebut.


Dengan adanya norma dan nilai tersebut akan terwujud kehidupan yang teratur dan tertib. Lalu apakah yang dimaksud dengan nilai dan norma ?


Pengertian nilai


Berdasarkan beberapa pendapat para tokoh, pengertian nilai ialah sebagai berikut :



  • Nilai ialah segala sesuatu yang menarik bagi insan sebagai subjek – Perry (1954)

  • Nilai ialah segala sesuatu perihal yang baik dan yang jelek – Pepper (1958)

  • Nilai ialah hasil imbas seleksi sikap – Klickhon (1959)


Nilai ialah ukuran-ukuran,patokan-patokan, anggapan-anggapan atau keyakinan-keyakinan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat serta dianut oleh banyak orang yang mempunyai kegunaan untuk memilih mana yang benar, pantas, baik dan luhur untuk dilakukan.


Nilai dalam kehidupan sosial bersifat tidak gampang berubah dikarenakan nilai terbentuk melalui proses yang sangat lama.


Jenis-jenis nilai


Menurut Prof. Dr. Notonegoro, nilai dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :


a. Nilai Material


Nilai material ialah segala sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi unsur fisik manusia. Nilai ini berafiliasi dengan materi atau kekayaan yang mempunyai kegunaan sebagai penunjang kehidupan manusia. Contohnya makanan, pakaian, kawasan tinggal.


b. Nilai vital


Nilai vital ialah segala sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi insan untuk melaksanakan kegiatan. Nilai vital berafiliasi dengan kesehatan tubuh, kemampuan insan untuk melaksanakan acara sehari-hari. Contohnya tubuh yang sehat.


c. Nilai Kerohanian


Nilai kerohanian ialah segala sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi rohani manusia. Misalnya nilai agama.

Nilai kerohanian sanggup dibedakan menjadi



  • Nilai religius yaitu nilai yang bersumber pada keyakinan terhadap Tuhan

  • Nilai etika yaitu nilai yang berafiliasi dengan segala sesuatu yang bersifat baik

  • Nilai estetika yaitu nilai yang berafiliasi dengan keindahan

  • Nilai keilmuan yaitu nilai yang berafiliasi dengan pengetahuan atau ilmu dari suatu kebenaran yang terjadi


Pengertian Norma


Norma ialah aturan tertentu yang mengandung hukuman di dalamnya. Norma berasal dari bahasa latin mos yang berarti kebiasaan, tata kelakuan atau etika istiadat.


Norma bertujuan untuk membentuk relasi yang harmonis, selaras dan serasi di dalam kehidupan bermasyarakat


Jenis-jenis norma


a. Agama


yaitu norma yang di atur dalam kitab suci agama. norma agama mengatur insan biar tidak melanggar aturan agama. Pelanggaran atas norma ini sanggup dikenakan hukuman fisik atau denda.


b. Kesusilaan


yaitu norma yang mengatur insan biar berperilaku baik dan tidak melanggar kesusilaan. Pelanggaran terhadap norma kesusilaan akan mendapat hukuman menjadi materi omongan masyarakat atau bahkan dicap sebagai orang jahat.


c. Adat istiadat


yaitu norma yang mengatur insan biar berperilaku baik dan tidak melanggar etika istiadat yang ada di dalam masyarakat. Pelanggaran terhadap norma etika istiadat sanggup dikenai hukuman adat.


d. Hukum


yaitu norma yang mengatur insan biar tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Pelanggaran terhadap norma aturan bisa mendapat hukuman sesuai yang ada dalam huku tersebut, contohnya kurungan, penjara, denda dan lain sebagainya


e. Kebiasaan


yaitu norma yang mengatur insan dalam melaksanakan hal yang telah menjadi kebiasaan. Pelanggaran terhadap norma kebiasaan akan mendapat hukuman berupa menjadi materi omongan di tengah masyarakat.


f. Cara


yaitu norma yang mengatur insan mengenai tata cara berbuat sesuatu. Pelanggaran terhadap ini biasanya akan mendapat hukuman dicap tidak sopan atau tidak pantas.


Demikianlah sedikit pembahasan mengenai nilai dan norma. Semoga bermanfaat bagi sahabat bangkusekolah.com. Terima kasih atas kunjungannya..



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Nilai Dan Norma Sosial"

Posting Komentar