Lengkap: Cara Setting All In One Seo Pack

Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack – Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress, maka plugin All in One SEO Pack kerap muncul di daftar salah satu plugin SEO terbaik.


Ya, plugin All in One SEO Pack merupakan salah satu plugin SEO terbaik dan terpopuler dengan lebih dari 27 juta d0wnl0ad dan puluhan juta website yang ketika ini digunakan.


Baca Juga: Cara Membuat Blog dengan WordPress Self-Hosted: Lengkap


Memang, pengaturan SEO cukup rumit bagi banyak sekali kalangan webmaster terutama pemula.


Dan sedikit bersifat tricky, alasannya algoritma mesin pencari menyerupai Google sendiri memang kerap diperbaharui, sehingga tidak pernah ada cara niscaya untuk meningkatkan SEO kita.


Oleh alasannya itu, dengan sumbangan plugin SEO untuk website WordPress, kita menjadi jauh lebih terbantu mulai dari pengaturan dasar hingga ke pengaturan yang lebih canggih lainnya.


Ada banyak sekali plugin WordPress yang sanggup membantu kita untuk mengatasi hal-hal ini.


Baca Juga: Cara Install Plugin WordPress: Panduan Lengkap


Jika Anda lebih menentukan All in One SEO Pack ketimbang plugin SEO terbaik lainnya menyerupai plugin Yoast SEO dengan banyak sekali alasan, maka Anda membutuhkan artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut cara setting All in One SEO Pack.


Baca Juga:


Lengkap: Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast



Setting All in One SEO Pack memang terlihat susah bagi kaum awam, terutama pemula, dan setiap setting yang dilakukan terlihat sama saja, namun bahwasanya berbeda bagaimana hasil simpulan nantinya di mesin pencari. Lengkapnya, begini cara setting All in One SEO Pack.


Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack


Hal yang pertama yang perlu Anda lakukan tentulah menginstall plugin ini. Setelah itu aktifkan. Nah dengan begitu Anda sanggup mulai melaksanakan pengaturan awal.


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack


Setelah mengaktifkan plugin ini, Anda sanggup pribadi masuk ke Dashboard => All in One SEO Pack => General Settings


General Settings


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
General Settings

Ikuti setting di atas dan klik Save. Setelah itu pindah ke bab selanjutnya.


Homepage Settings


Di bab Homepage Settings terdapat banyak sekali settingan yang sanggup Anda tentukan untuk tetapkan pengaturan terhadap halaman utama website Anda menyerupai judul website dan tagline, deskripsi website, dan sebagainya.


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
Homepage Settings

Seperti yang terlihat di settingan menyerupai gambar di atas, Anda sanggup mengisi Home Title, Home Description hingga Use Static Front Page InsteadEnabled atau Disabled. Berikut lebih detilnya:


Home Title:


Isikan pilihan ini dengan judul utama website Anda.


Contoh: Seni Berpikir | Edukasi dan Teknologi


Seni Berpikir yaitu nama utama website yang saya gunakan sementara Edukasi dan Teknologi yaitu tagline. Tanda “|” merupakan pemisah antara keduanya, Anda sanggup menggantinya dengan tanda “-” atau apapun yang Anda inginkan.


Home Title dan Tagline akan terlihat di hasil pencarian begitu pun di browser bar.


Home Description:


Isikan ini dengan deskripsi website Anda dan jangan lupa masukkan keyword utama yang ingin Anda target. Usahakan untuk menulis deskripsi yang senatural mungkin, jangan terlalu banyak mengisinya dengan spammy keyword.


Peringatan: Jangan hingga membiarkan kedua opsi di atas kosong alasannya kalau kosong maka All in One SEO Pack secara otomatis akan memakai pengaturan yang dibentuk oleh WordPress secara default, yang tidak optimal sama sekali.


Use Static Front Page Instead:


Pilih Enabled kalau Anda memang memakai halaman statis sebagai homepage website Anda. Untuk melihatnya silahkan tuju Dashboard => Settings => Reading. Nah halaman yang Anda pilih sebagai Front Page tersebutlah halaman statis website Anda. Ubah pengaturannya di situ untuk Home Title dan Home Description.


Pilih Disabled kalau Anda tidak menggunakannya maka setting Home Title dan Home Description yang dipakai yaitu yang Anda isikan pada kolom menyerupai gambar di atas.


Home Keywords (Jika Ada):


Google tidak lagi menjadikan ini sebagai pola untuk merangking sebuah website, jadi Anda sanggup meninggalkannya kosong atau mengisinya dengan keyword utama, terserah Anda.


Keyword Settings (Jika Ada):


Disable saja menyerupai yang telah saya sebut sebelumnya di bab Home Keywords alasannya ini tidak efektif lagi.


Title Settings


Anda sanggup mengcopy settingan pada gambar di bawah ini sebagai pola utama Anda pada bab ini:


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
Title Settings – ShoutMeLoud

Rewrite Titles:


Jika opsi Enabled dipilih, All in SEO Pack akan secara otomatis merubah judul page atau pun post Anda menjadi lebih optimal berdasarkan versinya. Namun lebih optimal risikonya untuk website yang berbahasa Inggris.


Rekomendasi saya, pilih Disabled saja.


Post Title Format:


Yang perlu Anda perhatikan kemudian yaitu yang ditunjuk dengan tanda panah di atas, Anda sanggup melihat hanya terdapat tag %post_title% saja di atas.  Tidak ada tag %blog_title%, namun Anda sanggup mengubahnya menjadi menyerupai ini:


%post_title% | %blog_title% atau %post_title% – %blog_title% tergantung tanda pemisah yang Anda inginkan menyerupai yang telah saya sampaikan sebelumnya.


Nanti di mesin pencari dan browser kafe risikonya akan terlihat menyerupai ini:


Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack | Seni Berpikir


Jika Anda membiarkan settingan di atas tanpa memakai tag %blog_title% maka risikonya hanya menyerupai ini:


Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack


Perbandingannya sudah sangat jelas, kan? Makara tergantung impian Anda alasannya risikonya sama saja. Namun Anda sanggup meningkatkan kesan branding kalau tetap menyertakan judul website Anda di hasil pencarian.


Custom Post Types Settings


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
Custom Post Types Settings

SEO for Custom Post Types: Pilih Enabled.


SEO on only these post types: Ceklis tipe postingan yang ingin Anda terapkan SEO di dalamnya.


Pilihan tipe postingan yang ada secara default antara lain Post (tipe postingan yang biasa Anda gunakan untuk menulis artikel), Page (halaman secara khusus contohnya About Me, Contact Me, dan sebagainya yang sifatnya statis atau jarang diubah/diupdate), dan Media (halaman yang dituju ketika ada media menyerupai foto atau video yang diklik).


Jika Anda memakai plugin tertentu untuk menambah Custom Post Type, menyerupai Custom Post Type Portfolio di Jetpack, maka pilihan Custom Post Type pada gambar di atas akan bertambah. Atau kalau Anda memakai plugin WooCommerce, maka Product termasuk Custom Post Type.


Ceklis juga Custom Post Types lain yang tersedia biar SEO-nya masing-masing menjadi lebih optimal. Namun tidak semua Custom Post Types perlu diceklis, contohnya Media.


Enable Advanced Options: biarkan apa adanya.


Display Settings


Secara default settingan di sini sudah optimal, jadi Anda sanggup mengabaikannya. Jika ada pengaturan khusus yang ingin Anda terapkan di sini, silahkan saja mengubahnya.


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
Display Settings

Webmaster Verification


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
Webmaster Verification

Anda bisa memverifikasi website Anda di Google Search Console atau pun Bing Webmaster, dan masukkan tag yang Anda dapatkan masing-masing ke kolom yang sudah tersedia. Jika Anda juga memanfaatkan Pinterest, Anda juga sanggup memverifikasi website Anda ke Pinterest.


Baca Juga: Cara Verifikasi Blog di Alexa Rank


Google Settings


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
Google Settings

Google Plus Default URL: Masukkan URL Profile Google+ Anda di kolom tersebut.


Display Sitelinks Search Box: Ceklis saja. Untuk contohnya, coba Anda search Youtube di Google, nah risikonya akan menawarkan bahwa terdapat kotak search di bawah judul Youtube. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai sitelinks, silahkan baca artikel ini.


Google Analytics ID: Jika Anda belum mempunyai Google Analytics, maka tentu Anda harus membuat akun Google Analytics untuk Blog Anda terlebih dahulu. Kemudian masukkan ID-nya ke dalam kolom yang tersedia. Contohnya UA-#######-#


Noindex Settings


Di bab ini Anda sanggup menentukan halaman mana yang tidak ingin diindeks oleh mesin pencari menyerupai Google. Dengan menceklis pilihan yang ada maka plugin All in One SEO Pack akan memberitahu robot perayap mesin pencari untuk tidak menceklis halaman tersebut, sehingga mencegahnya untuk tidak terindeks.


Jika hanya Anda saja yang menjadi author untuk blog Anda, maka saya merekomendasikan untuk menceklis pilihan Author Archive. Saya juga merekomendasikan untuk menceklis Tag Archive, Search Page, 404 Page, dan Paginated Post/Page.


Di sini Anda harus hati-hati dalam menentukan halaman mana saja yang tidak ingin Anda indeks di hasil pencarian.


Advanced Settings


Setting All in One SEO Pack berikutnya yaitu Advanced Settings. Sama menyerupai namanya, di sini Anda hanya perlu melaksanakan pengaturan kalau memang Anda memahami apa yang Anda lakukan.


Sebaiknya Anda biarkan saja settingan ini menyerupai adanya secara default. Namun untuk membantu Anda biar lebih memahami pengaturan yang tersedia, berikut detilnya:


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
Advanced Settings

Avoid Using The Excerpt in Descriptions: Ceklis ini kalau Anda tidak ingin excerpt (potongan sekilas isi artikel Anda) diubah menjadi deskripsi artikel tersebut secara otomatis oleh plugin ini. Tentukanlah pilihan Anda mengenai bab ini, apakah ingin menceklis atau tidak.


Autogenerate Descriptions: Jika Anda lupa atau tidak mengisi meta description untuk setiap artikel yang Anda tulis dan publish, maka plugin ini akan secara otomatis menyebarkan deskripsi untuk artikel tersebut. Jangan ceklis pilihan ini.


Keyword Settings


Sama menyerupai yang telah disebutkan, pilihan ini sanggup Anda lewatkan alasannya sudah tidak lagi efektif dalam hal SEO.


Namun kalau Anda ingin menciptakan beberapa perubahan pada setting All in One SEO Pack di bab ini, silahkan atur sendiri alasannya saya merekomendasikan untuk melewatkannya saja.


Feature Manager


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
Feature Manager

Terdapat fitur lainnya yang tentunya sangat baik untuk dipakai dari plugin All in One SEO Pack ini. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, terdapat fitur Sitemap, Social Meta, dan beberapa fitur penting lainnya untuk keperluan SEO.


Anda sanggup membuat XML Sitemap dan membuat Robots.txt dengan fitur yang disediakan plugin ini dengan mudah. Berikut rincian lebih lanjut untuk mengatur Feature Manager:


XML Sitemap Settings


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
XML Sitemap

Di bab ini Anda sanggup menciptakan sebuah sitemap untuk website Anda sebagai pemberitahuan kepada robot perayap mesin pencari mengenai apa saja yang perlu dirayap dan diindeks ke hasil pencarian sehingga kemungkinan blog kita menjadi rangking pertama di hasil pencarian Google.


Jangan lupa untuk menceklis pilihan Notify Google dan Notify Bing alasannya inilah tujuan inti kita membuat Sitemap.


Social Meta Settings


 Jika Anda mencari plugin SEO terbaik untuk WordPress Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack
Social Meta

Nah di bab ini Anda kembali diminta untuk mengisi Home Title dan Home Description, namun silahkan menceklis pilihan Use AIOSEO Title and Description biar memakai opsi yang di bab pertama sudah kita tentukan.


Kemudian di bab Home Image, silahkan buat sebuah gambar sebagai default featured image biar ketika artikel yang Anda publish tidak mempunyai featured image, gambar ini akan secara otomatis menjadi gambar yang ikut terupload ke media umum ketika dishare. Makara ini juga penting.


Kemudian di bab Social Profile Links, masukkan URL profil media umum blog Anda ke dalam kolom yang sudah tersedia, satu baris untuk tiap URL. Anda juga sanggup memasukkan URL Google+ Page untuk Blog Anda.


Jika Anda yaitu bab organisasi/perusahaan maka ceklis Organization dan isikan nama organisasi/perusahaan di bab Associated Name. Jika Anda yaitu webmaster/blogger independen, maka silahkan pilih Person.


Nah hingga di bab ini, jangan lupa review semua setting All in One SEO Pack yang gres saja Anda buat dan klik Update Settings untuk menyimpan perubahan.


Apakah Sudah Selesai Sampai Di Sini Saja?


Tentu tidak! Pekerjaan Anda masih sangat banyak dan perjalanan Anda dalam mengoptimalkan blog dengan SEO masih sangat panjang. Makara Anda dilarang berhenti hingga di tahap setting All in One SEO Pack ini saja. Anda tentu harus tahu dasar-dasar SEO.


Berikut beberapa artikel yang wajib Anda baca setelah ini:



  1. Menjadi Peringkat Pertama di Google

  2. Mendapatkan Backlink Berkualitas dari Google Search

  3. 7 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari

  4. Pengertian dan Cara Menurunkan Bounce Rate

  5. Membuat Artikel SEO-friendly

  6. Tips SEO untuk Desain Blog

  7. 11 Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google

  8. Cek Kecepatan Loading dan Kekuatan Mobile-Friendliness

  9. Meningkatkan Track Record SEO

  10. Mempercepat Loading Blog WordPress


Setelah itu Anda mungkin perlu menentukan theme WordPress yang baik untuk SEO. Anda juga mungkin perlu mengetahui banyak sekali tips baik untuk mengoptimalkan penggunaan custom domain TLD untuk blog Anda.


Penutup


Itulah banyak sekali langkah untuk menentukan setting All in One SEO Pack secara lengkap dan sempurna namun sederhana yang sanggup Anda terapkan kini juga. Jika ada yang saya lewatkan dalam artikel ini mohon informasikan lewat kolom komentar di bawah. Jangan lupa bagikan ke media umum untuk membantu yang lain. Semoga bermanfaat!



Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Lengkap: Cara Setting All In One Seo Pack"

Posting Komentar