Laporan, Memo Dan Pengumuman

Setelah pada kesempatan terdahulu kita membahas perihal berita, kali ini kita akan membahas perihal laporan, memo dan pengumuman.


Tetapi sebelum itu kita akan coba ulas kembali perihal perbedaan antara fakta dan opini :


Fakta merupakan kejadian atau kejadian yang benar-benar ada dan terbukti kebenarannya


Sedangkan opini (pendapat) adalah sesuatu yang sifatnya masih sebatas pernyataan, belum terjadi, masih dalam angan-angan dan belum tentu kebenarannya.


Laporan


apakah laporan itu? laporan adalah suatu cara komunikasi yang dalam hal ini penulis memberikan informasi kepada seseorang atau suatu tubuh alasannya yaitu tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Karena laporan yang dimaksud sering berbentuk tertulis, maka sanggup dikatakan bahwa laporan yaitu dokumen yang memberikan informasi mengenai suatu fakta yang telah dialami.


Berdasarkan bentuknya, laporan sanggup dibedakan menjadi :

a. Laporan berbentuk formulir isian

Laporan ini disajikan dalam suatu formulir isian. Pada umumnya laporan ini bersifat rutin.

b. Laporan berbentuk surat

laporan ini disajikan dalam bentuk surat. Pada umumnya laporan ini bersifat langsung atau penting.

c. Laporan memorandum

lapoan ini berbentuk seolah-olah dengan laporan surat, namun isinya lebih singkat. Pada umumnya dipakai dalam kekerabatan kerja antara atasan dan bawahan.


Memo


Memo adalah bentuk komunikasi tertulis yang didalamnya memuat pesan yang ringkas. Memo dipakai secara intern dalam suatu organisasi dan bersifat informal. Memo sanggup ditulis dengan mesin ketik, atau bahkan ditulis tangan. Isi memo sanggup berupa permintaan, harapan, atau pemberitahuan.


Pengumuman


Pengumuman yaitu suatu bentuk penyampaian informasi yang ditujukan kepada khalayak (masyarakat luas). Isi yang dikemukan bersifat terbuka dan merupakan konsumsi publik.


Demikianlah pembahasan singkat damai laporan, memo dan pengumuman. Semoga bermanfaat bagi sobat bangkusekolah.com. Terima kasih atas kunjungannya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Laporan, Memo Dan Pengumuman"

Posting Komentar