√ Faktor Eksternal Pendorong Terjadinya Kekerabatan Sosial

Faktor Eksternal Pendorong Terjadinya Hubungan Sosial - Faktor dari luar yang mendorong terjadinya kekerabatan sebagai berikut:

a. Simpati
Simpati yakni suatu perilaku tertarik kepada orang lain sebab sesuatu hal. Ketertarikan tersebut sebab penampilannya, kebijaksanaan, ataupun teladan pikirnya. Simpati menjadi dorongan yang berpengaruh pada diri seseorang untuk melaksanakan komunikasi/ interaksi sehingga terjadi pertukaran/nilai pendapat. Contohnya, dikala kita mengetahui teman kita bersedih maka kita ikut mencicipi kesedihannya, dikala di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam, Provinsi D.I Yogyakarta, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi Papua menerima musibah (gempa bumi, tanah longsor, tsunami, ataupun lainnya) yang menghancurkan semua maka kita pun ikut mencicipi penderitaan dan berusaha membantu mereka.

Faktor Eksternal Pendorong Terjadinya Hubungan Sosial √ FAKTOR EKSTERNAL PENDORONG TERJADINYA HUBUNGAN SOSIAL


b. Motivasi
Motivasi yakni dorongan yang ada dalam diri seseorang yang mendasari orang melaksanakan perbuatan. Motivasi muncul biasanya sebab rasionalitas, ibarat motif ekonomis, motif popularitas, atau politik. Motivasi juga sanggup muncul dari imbas orang lain. Contohnya, dengan diberikan kiprah dari guru maka murid akan termotivasi untuk selalu rajin mencar ilmu setiap hari.

c. Empati
Empati merupakan proses psikis, yaitu rasa haru atau iba sebagai akhir tersentuh perasaannya dengan objek yang ada di hadapannya. Empati yakni kelanjutan dari rasa simpati. Contoh dikala kita melihat anak kecil kehilangan orang tuanya kerena tragedi maka tidak terasa kita ikut menangis dan mencicipi deritanya (simpati) sehingga kita ingin membantu meringankan penderitaannya (empati).

d. Sugesti
Sugesti yakni doktrin yang sangat mendalam dari seseorang kepada orang lain atau sesuatu. Pengaruh sugesti ini muncul tiba-tiba dan tanpa adanya aliran untuk mempertimbangkan terlebih dahulu. Sugesti akan mendorong individu untuk melaksanakan suatu interaksi sosial.

e. Imitasi
Imitasi yakni dorongan untuk menggandakan sesuatu yang ada pada orang lain. Imitasi muncul sebab adanya minat, perhatian atas perilaku mengagumi terhadap orang lain yang dianggap cocok atau sesuai. Contohnya menggandakan mode rambut artis idolanya.

f. Identitas
Identitas yakni dorongan seseorang untuk mengakibatkan dirinya identik atau sama dengan orang lain. Identifikasi sebab terikat oleh suatu hukum yang mengharuskan seseorang mengikuti keadaan ibarat orang lain, atau atas dasar kesenangan sehingga tertarik menyesuaikan diri. Contohnya, pakaian seragam yang harus dikenakan murid di suatu sekolah.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Faktor Eksternal Pendorong Terjadinya Kekerabatan Sosial"

Posting Komentar