Cara Menciptakan Bonsai Beringin

Selain bonsai pohon asem, tumbuhan bonsai terkenal lainnya dan paling banyak ditemukan menjadi pajangan rumahan ialah bonsai beringin. Alasannya kurang lebih sama dengan pohon asem. Yaitu, simpel dibentuk, simpel tumbuh, tidak simpel mati, tampilan daunnya yang kecil-kecil begitu rimbun sehingga sanggup dipangkas dengan simpel untuk dijadikan model yang Anda kehendaki. Biasanya, bentuk dari bonsai ini menghipnotis nilai jualnya. Semakin unik bentuknya, maka harganya pun akan semakin mahal.


 tumbuhan bonsai terkenal lainnya dan paling banyak ditemukan menjadi pajangan rumahan adala Cara Membuat Bonsai Beringin
Bonsai beringin.

Para hobbis bonsai ketika ini tidak hanya sekedar mengoleksi bonsai dari banyak sekali tumbuhan atau bentuk saja, namun mereka sudah maju selangkah lebih depan untuk menyalurkan hobby-nya ini menjadi bisnis yang sanggup menghasilkan uang. Mereka bahkan bersaing untuk menciptakan jenis bonsai terunik dan tercantik untuk menarik perhatian para kolektor bonsai lainnya. Bayangkan saja, satu tumbuhan bonsai sanggup dihargai puluhan hingga ratusan juta rupiah, tentu saja menurut jenisnya. Sungguh peluang bisnis yang menggiurkan bukan?


Bagi Anda yang masih pemula atau mungkin masih amatir ihwal tumbuhan bonsai, juga bisa ikut bersaing jikalau ingin terjun mengadu nasib pada bisnis bonsai ini. Sebagai permulaan, Anda bisa menciptakan bonsai beringin. Caranya tidak sulit, dan kesannya bisa Anda jual nantinya. Adapun cara pembuatannya tentu saja harus dipenuhi dengan beberapa persiapan di bawah ini.



  • Bonggol pohon beringin yang sudah cukup besar. Bonggol yang sudah cukup besar sudah bisa membentuk model atau contoh yang diinginkan.

  • Siapkan media tanam. Media tanam berupa pot, sesuaikan ukuran pot dengan bonggol beringin. Isi pot dengan media tanam yang berstruktur padat serta mempunyai unsur hara. Yaitu tanah yang dengan sedikit pasir dan batu-batu kecil/kerikil.

  • Kawat stainles steel dengan ukuran 3 mm.

  • Gunting khusus tanaman.


Setelah semua persiapan sudah lengkap, silahkan ikuti langkah-langkah pembuatannya.



  • Tanamlah bonggol beringin di dalam pot yang telah diisi media tanam sebelumnya.

  • Setelah itu, pembentukan batang sanggup dilakukan dengan memakai kawat stainlesteel berukuran 3 mm. Proses pembentukan harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan hingga membuatnya patah. Caranya lilitkan kawat secara melingkar pada pangkal dahan menuju ujung dahan. Bentuk sesuai dengan impian Anda.


 tumbuhan bonsai terkenal lainnya dan paling banyak ditemukan menjadi pajangan rumahan adala Cara Membuat Bonsai Beringin
Proses pembentukan batang bonsai dengan lilitan kawat.


  • Setelah itu, lakukan perawatan terhadap tumbuhan bonsai Anda. Perawatan berupa pemupukan, penyiraman, pemangkasan dan juga penyiangan.

  • Pemupukan pada tumbuhan bonsai bisa memakai pupuk organik yang dilarutkan bersama air. Sementara itu, penyiraman dilakukan setiap hari dengan memakai air bersih. Untuk tampilan yang lebih menarik, berikan lumut pada permukaan media tanam, cara ini juga bisa mencegah tumbuhnya gulma. Jika tidak dengan lumut, maka rutinlah melaksanakan penyiangan. Bersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar media tanam. Selanjutnya ialah pemangkasan. Dahan dan daun-daunnya dipangkas secara terpola untuk menerima tampilan bonsai yang menarik dan rapi.


 tumbuhan bonsai terkenal lainnya dan paling banyak ditemukan menjadi pajangan rumahan adala Cara Membuat Bonsai Beringin
Pemangkasan pada daun secara terpola sanggup mendukung tampilan bonsai yang lebih rapi dan menarik.


  • Kemudian, ketika kawat yang telah dililit untuk membentuk batang sudah tampak karam pada batang, dalam hal ini batangpun sudah ikut terbentu, maka bida dilakukan pembukaan lilitan kawat.

  • Terakhir, jikalau akar bonsai Anda sudah mulai semrawut atau keluar dari lubang pot, maka perlu dilakukan penggantian pot. Berikan pot gres yang juga berisi media tanam gres biar tumbuhan bisa mendapatkan unsur hara yang gres lagi. Saat dipindahkan pada pot dengan media tanam yang baru, bonsai beringin biasanya membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Berikan waktu selama 2 hingga 3 minggu. Dalam jangka waktu tersebut, jangan berikan pupuk hingga keadaannya pulih. Jangan lupa untuk menempatkan bonsai Anda di daerah yang teduh dan terhindar dari cahaya matahari terik.


Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda akan mendapatkan bonsai beringin yang Anda kehendaki. Akan terlihat sangat manis ketika tumbuhan bonsai ini menghiasi pekarangan atau kebun mini Anda. Dan jikalau tujuan awalnya ialah sebagai lahan bisnis, maka silahkan bawa ke toko-toko atau ekspo tumbuhan hias. Semoga bonsai buatan tangan Anda bisa dilirik para kolektor bonsai dan Andapun bisa mendapatkan pundi-pundi uang sebagai jawaban dari kerja keras Anda. Fighting! 😀


Kami juga menyediakan banyak sekali macam tumbuhan yang sanggup dijadikan bonsai. Silahkan kunjungi toko online kami di https://bibitbunga.com atau klik disini. Selamat mencoba 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Bonsai Beringin"

Posting Komentar