Cara Menanam Petunia Dari Biji

Dalam artikel kali akan akan dibahas perihal cara menanam bunga petunia dari biji. Bagi pecinta tumbuhan hias, petunia merupakan bunga yang tentunya sudah tidak gila lagi. Bunga berbentuk terompet-terompet kecil ini kerap mengundang banyak perhatian karena perpaduan warna yang dimiliki oleh bunganya. Para hobiis banyak menjadikan bunga petunia sebagai tanaman hias gantung yang menawan, sebab petunia sendiri merupakan varietas bunga yang tumbuh menjulur. Selain itu, bunga petunia juga cocok untuk teras rumah bersahabat pekarangan atau di balkon. Dengan begitu, mata Anda akan mendapat penyegaran ketika sedang bersantai di pagi atau sore hari.


Dalam artikel kali akan akan dibahas perihal cara menanam bunga petunia dari  Cara Menanam Petunia Dari Biji
Bunga petunia yang ditanam pada pot gantung menciptakan tampilannya terlihat lebih menarik.

Anda perlu mengetahui bahwa bunga petunia berasal dari kawasan dataran tinggi, yaitu pegunungan. Makara kalau Anda bertempat tinggal di daratan rendah, maka bunga anggun ini mungkin tidak cocok hidup di tempat tinggal Anda. Jadi, sebelum menanamnya, sebaiknya perhatikan juga lingkungan Anda, sebab tentu saja hal ini akan mempengaruhi tumbuh tidaknya bunga petunia nantinya. Jadi, untuk pembiakan petunia, sanggup Anda lakukan dengan bibit bunga petunia berupa benih atau bijinya. Menanam petunia dari biji memang tidak begitu mudah, namun kalau Anda berhasil tentunya Anda akan mendapat lebih banyak bunga petunia dan cara ini juga hanya memerlukan biaya yang sedikit. Adapun cara penanamannya berupa langkah-langkah di bawah ini:


Penyemaian Biji


Cara menyemai biji petunia sebaiknya dilakukan di dalam ruangan yang bersuhu sekitar 21-29 derajat Celsius. Sebelumnya, pilihlah jenis petunia apa yang ingin Anda tanam kemudian pilih biji bunga petunia yang sehat. Taburkan biji-biji kecil petunia di atas baki penyemaian atau pada wadah pot yang berisi tanah dan lumut spaghnum. Usahakan menawarkan jarak bagi masing-masing biji supaya ketika tunasnya tumbuh, mereka tidak saling menindih satu sama lain. Tekan-tekan benih dengan lembut supaya menyatu dengan media tanamnya. Setelah itu, tutupi dengan plastik bening dan letakkan pada tempat yang hangat dan tidak terkena sinar matahari langsung. Biji petunia biasanya sudah akan berkecambah ketika berusia 7 – 10 hari.


Rawat Tunas Petunia


Setelah biji yang disemai mulai bertunas, rawatlah tunasnya dengan baik. Caranya, buka plastik bening yang selama ini menutupinya selama proses penyemaian. Pindahkan di tempat jelas dan dingin. Suhu yang ideal untuk tunas petunia Anda yaitu sekitar 17 derajat di siang hari dan 12 – 18 derajat celcius di malam hari. Kemudian, Anda perlu meletakkan tunas-tunas petunia Anda di bawah lampu fluoresens. Letakkan dengan jarak 10 – 15 cm dengan lampu tersebut. Beriakan cahaya lampu ini selama 16 – 18 jam dalam sehari.


Dalam artikel kali akan akan dibahas perihal cara menanam bunga petunia dari  Cara Menanam Petunia Dari Biji
Benih petunia yang telah bertunas dan mempunyai 4 atau lebih daun sejati. Tunas ini sudah sanggup dipindahkan dari media semai pada media pot yang baru.

Pindahkan Tunas Pada Pot


Saat tunas petunia sudah mempunyai 3 – 4 daun sejati, itu berarti Anda sudah harus memindahkannya pada masing-masing pot yang berisi media gambut. Satu tunas dipindahkan pada satu pot.


Rawat Tanaman Petunia


Tanaman petunia Anda membutuhkan nutrisi, yaitu pupuk. Proses pemupukan dilakukan sebulan sekali supaya tidak berlebihan. Terkhusus untuk petunia yang berkelopak banyak, pemupukan diberikan dua ahad sekali. Kemudian, untuk penyiraman, lakukan lebih dari sekali seminggu untuk petunia yang tumbuh menjalar. Penyiraman yang benar dilakukan pada kepingan dasar tanaman. Bukan menyiramnya pada tumbuhan atau bunganya langsung.


Hindari Penyakit dan Kendalikan Hama


Dalam artikel kali akan akan dibahas perihal cara menanam bunga petunia dari  Cara Menanam Petunia Dari Biji
Perhatikan kondisi bunga petunia supaya tumbuhan tetap tumbuh sehat dan berbunga lebat.

Penyakit tumbuhan ini biasanya berupa jamur yang menciptakan tumbuhan menjadi lunak dan membusuk. Jika Anda tinggal pada kawasan dengan curah hujan yang tinggi, maka kendalikan cara penyiramannya. Jangan hingga tumbuhan petunia Anda terlalu becek. Kemudian untuk hama menyerupai ulat dan kutu daun yang mengakibatkan bintik-bintik pada daun, atasi dengan penyemprotan insektisida pada tumbuhan petunia Anda.


Nah,, itulah langkah-langkah yang sanggup Anda ikuti kalau Anda ingin menanam bunga menawan ini. Setelah mengetahui cara penanamannya, Anda akan mendapat bunga petunia yang banyak di rumah Anda. Silahkan aplikasikan pada pot gantung untuk membuatnya lebih menarik, Anda sanggup mengikuti tips merawat bunga petunia yang telah kami sadur.


Bagi Anda yang ingin mencoba membudidayakan bunga petunia di rumah. Silahkan klik disini untuk melihat aneka produk benih atau biji bunga petunia yang tersedia di toko online kami. Namun kalau Anda tidak ingin repot untuk menumbuhkannya dari benih, jangan khawatir readers 🙂 kami juga mempunyai beberapa bibit tumbuhan bunga petunia yang sudah tumbuh, lihat yuk disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Petunia Dari Biji"

Posting Komentar