Cara Menanam Kembang Sepatu Di Halaman Rumah Kamu

Setiap tumbuhan mempunyai sebuah keunggulan dan fungsi tertentu dalam pemanfaatannya, ibarat halnya dengan kembang sepatu atau dalam istilah dikenal sebagai hibiscus.


Kembang sepatu tentunya gampang untuk ditemukan di banyak sekali tempat di indonesia, selain itu juga kembang sepatu akan lebih gampang dikenali alasannya yakni mempunyai bentuk yang khas. Berbagai jenis dari kembang sepatu bisa ditemukan dengan banyak sekali warna dan ukuran, sekitar 200 jenis lebih kembang sepatu bisa di temukan.


Baca Juga : Pupuk Jimmy Hantu Untuk Cabe


Selain mempunyai keindahan yang khas, kembang sepatu banyak sekali kegunaannya dan biasanya di manfaatkan sebagai pagar. Selain menarik namun juga bisa menunjukkan keindahan yang membuat halaman rumah terasa lebih nyaman, hal ini terang sangat membantu dikala kita mengharapkan sesuatu yang tampak alami dan menyejukkan di halaman kita.


Akan tetapi ada banyak orang yang belum mengetahui cara yang baik untuk menanam kembang sepatu. Oleh alasannya yakni itu untuk bisa membuat halaman rumah anda bisa ditanami Kembang sepatu, Berikut yakni langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menanam kembang sepatu sebagai berikut.


Baca juga : Cara Membuat Pupuk dari Limbah Ikan


Langkah Persiapan Menanam


Untuk bisa menanam kembang sepatu dengan baik, maka anda perlu mempersiapkan sebuah tahapan awal dikala hendak melaksanakan penanaman yakni dengan menentukan jenis kemban sepatu yang akan ditanam.


Sejatinya kembang sepatu terdiri dari beberapa variasi warna, akan tetapi yang paling utama yakni dengan menentukan jenis kembang sepatu yang bisa tumbuh dengan subur di tempat anda.


Setidaknya ada dua jenis yang kebanyakan bisa berkembang dengan subur di halaman rumah yakni jenis dari kembang sepatu tropis dan hardy.



  • Jenis kembang sepatu tropis biasanya mempunyai karakteristik ibarat dengan banyaknya bunga yang bisa tumbuh, Akan tetapi bisa mati pada 1 hingga 2 hari Adapun warna yang dihasilkan dari jenis ini yakni dengan corak pink, warna salem atau perpaduan warna antara oranye dan pink dan yang terakhir biasanya berwarna ungu

  • Jenis kembang sepatu hardy biasanya mempunyai karakteristik dengan daya tahan yang cukup kuat, yang artinya bisa mempertahankan bunganya lebih usang dan kebanyakan tumbuh bersemak. Adapun warna yang dihasilkan dari jenis ini yakni warna merah, warna putih, dan warna pink


Baca Juga : Cara Membuat Pupuk dari Tulang Ikan yang Belum Banyak Diketahui


Penanaman Kembang Sepatu


Sebelum anda menanam maka tentukan dulu langkah apa yang akan dipilih apakah mau melalui cara stek atau melalui bijinya. Dari kedua cara tersebut anda bisa mendapat keunggulan masing-masing dalam penanaman kembang sepatu, akan hal itu maka anda perlu mengetahui cara penanaman keduanya sebagai berikut



  • Ada beberapa laba biala anda menanam melaui biji yakni anda bisa membuat varietas gres dari kembang sepatu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyilangkan dua jenis varietas kembang sepatu. Namun dari segi efisiensi terang cara ini memakan waktu dan kemungkinan kalau terjadi kegagalan maka harus mencoba kembali.

  • Apabila anda melaksanakan penanaman dengan melaksanakan potongan batang atau stek tentu lebih gampang dilakukan, namun tingkat kegagalan bisa besar lengan berkuasa terhadap kondisi dari jenis tanaman, lingkungan dan juga penanganannya.


Baca Juga : Cara Membuat Pupuk dari Kaldu Ikan yang Belum Banyak Diketahui








Memulai Penanaman Kembang Sepatu


Apabila anda sudah mempersiapkan tahapan dalam menanam kembang sepatu, langkah selanjutnya yakni dengan memulai proses penanamannya yang tentunya bisa anda lakukan sendiri dengan peralatan yang sederhana untuk penggalian lubang.


Untuk lebih jelasnya mengenai penanaman dan perawatan kembang sepatu, berikut yakni langkah-langkah yang harus anda lakukan dengan benar dan dengan penanganan yang tepat.



  • Lakukan penggalian pada lokasi yang ingin ditanami kembang sepatu

  • Buat lubang untuk bibit dengan mempunyai kedalaman sepanjang akar tanaman

  • Beri jarak antara tumbuhan sekitar 6 atau 9 meter

  • Masukkan setiap tumbuhan dengan tidak merusak bola akar tumbuhan kembang sepatu

  • Kubur kembali bibit tersebut setinggi pangkal batang.

  • Siramlah kembang sepatu secepatnya apabila proses penanaman telah selesai di lakuakan

  • Perhatikan selalu kelembaban dari kembang sepatu yang telah ditanam dan pastikan disiram secara teratur

  • Pastikan selalu tanahnya berair di sepanjang waktu

  • Perhatikan selalu setiap hari dari adanya hama pengganggu


Baca Juga : Jenis Pupuk Hantu dan Kegunaannya Bagi Kesuburan Tanaman









  • Anda bisa menambahkan lapisan mulsa, hal ini dilakukan untuk bisa menghambat pertumbuhan rumput liar dan juga bisa untuk menjaga kelembapan tanah

  • Pastikan untuk mencabut rumput liar apabila mulai terlihat

  • Pastikan untuk memperhatikan tanaman, apabilaJika terdapat bintik-bintik atau daun amis maka perlu di beri insektisida

  • Untuk meningkatkan pertumbuhan anda bisa melaksanakan pemangkasan, pemangkasan bisa dilakukan dengan memotong dahan dan juga ranting serpihan atas

  • Lakukan juga pemangkasan pada serpihan kembang sepatu yang mati, hal ini bisa membantu membersihkan tumbuhan dan memungkinkan menumbuhkan tunas baru.

  • Pastikan untuk tidak melaksanakan pemangkasan lebih dari ⅔ serpihan dahan tumbuhan alasannya yakni berpotensi merusak tanaman

  • Lakukan perawatan pada proses pemangkasan untuk mendapat bentuk semak yang bisa lebih indah

  • Pastikan selalu untuk membuang serpihan tumbuhan yang telah mati atau terdapat bintik-bintik penyakit supaya tidak menyebar.


Dengan anda berhasil menanam tumbuhan kembang sepatu, maka pastikan selalu untuk memperhatikan adanya hama dan penyakit yang sanggup dilihat melalui daunnya.


Bila hal tersebut terjadi maka segera singkirkan supaya tidak menyebar dan membuat tumbuhan mati total, maka dari itu untuk membuat tumbuhan kembang sepatu lebih indah maka proses perawatan harus selalu dilakukan.


Baca juga : Cara Menggunakan Pupuk Mutiara Pada Tanaman Cabe



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Kembang Sepatu Di Halaman Rumah Kamu"

Posting Komentar