20 Fakta Menarik Panda Oleh Icha Aurella

20 FAKTA MENARIK PANDA
Oleh Icha Aurella

Siapa yang tidak gemas dengan binatang yang satu ini; berbadan gemuk, pipi cubby, berbulu putih dan hitam, pemakan bambu, dan lucu. Ya, Panda yaitu binatang yang sangat lucu dan merupakan binatang favorit ku. Karena aku suka Panda, aku berniat mengirim gosip unik ini ihwal 20 fakta menarik Panda ke Mading . Semoga bermanfaat ya.

 Siapa yang tidak gemas dengan binatang yang satu ini 20 Fakta Menarik Panda Oleh Icha Aurella
20 Fakta Menarik Panda Oleh Icha Aurella

1. Rentang hidup dari panda di alam liar yaitu sekitar 20 tahun. Sedangkan, Panda yang hidup di penangkaran sanggup hidup lebih usang hingga 25-30 tahun.

2. Panda telah menjadi symbol organisasi konservasi internasional, WWF (World Wide Fund for Nature), semenjak organisasi itu didirikan pada tahun 1961.

3. Panda merupakan binatang yang berada di ambang kepunahan, dengan populasi sekitar 1.000 ekor saja yang tersisa di dunia. Para ilmuwan berharap untuk meningkatkan 5.000 populasi panda liar pada tahun 2025.

4. Banyak filsuf Cina percaya bahwa alam semesta terbuat dari dua kekuatan Yin dan Yang. Panda yaitu salah satu simbol filosofi tersebut dengan bulu hitam-putih di tubuhnya. Orang Cina percaya bahwa sifat lembut panda menyampaikan bagaimana Yin dan Yang membawa perdamaian dan harmoni dikala mereka seimbang.

5. Panda telah menjadi simbol perdamaian di Cina. Misalnya, ratusan tahun yang lalu, suku yang berperang di China akan menaikkan bendera dengan gambar panda di atasnya untuk menghentikan pertempuran atau gencatan senjata.

6. Panda telah hidup di Bumi selama dua hingga tiga juta tahun.

7. Menurut legenda Cina, panda dulunya hanya berwarna putih. Ketika seorang gadis kecil mencoba untuk menyelamatkan seekor anak panda dari serangan macan tutul, dan gadis kecil tersebut meninggal. Panda tiba ke pemakaman dengan tangan yang penuh dengan bubuk hitam. Ketika mereka menyeka mata mereka, berpelukan, dan menutupi telinga, tubuh mereka pun ikut tercoreng bubuk hitam. Hingga pada akhirnya, pada mempunyai warna hitam di tangan, mata, perut, dan indera pendengaran mereka.

8. Bayi panda biasanya lahir pada bulan Agustus atau September dan ukuran sangat kecil. Bayi panda mempunyai kulit merah muda dengan lapisan tipis bulu putih, dan ekor panjang serta belum mempunayi gigi. Seperti jenis beruang lainnya, bayi panda yang gres lahir buta, gres dikala mereka berumur sekitar 4-6 minggu, mata mereka sanggup terbuka. Anakan panda akan meninggalkan induknya dikala mereka berusia hampir 2 tahun. 

9. Dibutuhkan sekitar 5 tahun bagi anakan panda betina untuk menjadi dewasa. Sedangkan, anakan panda jantan membutuhkan 7 tahun.

10. Meskipun 99% dari masakan panda yaitu bambu, sistem pencernaan panda ternyata dirancang untuk daging. Dengan memakan bambu, Panda hanya sanggup memenuhi kebutuhan nutrisi mereka sekitar 20%-30% nutrisi. Oleh sebab itu, pada sering kali terlihat memakan beberapa jenis masakan lain ibarat serangga dan buah untuk bertahan hidup.

11. Dari tahun 1974-1989, setengah dari habitat panda di tempat Sichuan China hancur oleh kegiatan manusia.

12. Lebih dari separuh panda yang gres lahir meninggal sebab penyakit atau tanpa sengaja terinjak oleh ibu mereka.

13. Bulu kulit panda bernilai sekitar $ 60.000 dan $ 100.000 di pasar perdagangan ilegal.

14. Anakan panda hidup bersama induknya selama tiga tahun. Itu berarti, panda betina remaja hanya sanggup hanya sanggup melahirkan dan mengasuh tiga atau empat anak sepanjang hidupnya.

15. Panda menghabiskan 14-16 jam sehari hanya untuk makan bambu.

16. Para ilmuwan tidak yakin mengapa panda raksasa mempunyai tanda di beberapa pecahan tubuh mereka. Beberapa andal biologi beropini bahwa warna hitam-putih di tubuh panda dipakai untuk berkamuflase-menyembunyikan diri di hutan bambu. Pendapat lain menyampaikan bawah warna hitam dan putih pada tubuh panda menjaga suhu mereka tetap setapi. Sedangkan yang lain beropini bahwa pecahan hitam pada mata panda menciptakan mata mereka terlihat lebih besar dan bergairah untuk mengusir predator.

17. Pipi cubby pada panda bukanlah merupakan lemak. Pipi tersebut bentuknya dari otot pipi panda yang besar. Karena sebagian besar makanannya terdiri dari bambu, Panda melaksanakan penyesuaian dengan mempunyai otot pipi dan rahang yang sangat berpengaruh yang mana dipakai untuk mengunyah bambu.

18. Tenggorokan panda mempunyai lapisan khusus untuk melindunginya dari serpihan bambu.

19. Panda biasanya hanya melahirkan seekor bayi saja. Namun, terkadang juga panda sanggup melahirkan dua bayi kembar.  Akan tetapi, panda indukan akan meninggalkan salah satu dari kedua bayi yang dilahirkan tersebut yang biasanya akan mengabaikan/meninggalkan anak yang lebih lemah. Indukan panda tidak mempunyai energi yang cukup untuk merawat dua anaknya.

20. Panda tidak melaksanakan hibrenasi sebab bambu tidak akan memungkinkan mereka untuk membangun cadangan lemak yang cukup untuk animo dingin.

Demkikian 20 fakta menarik ihwal panda, biar bermanfaat.

Profil Penulis:
Nama: Icha Aurella
Sekolah: Sekolah Menengan Atas 11 Medan

Bagi teman-teman yang mempunyai suatu goresan pena unik ihwal apa saja, ataupun puisi, cerpen, cergam, pantun, bahkan profil sekolah; dan ingin dibagikan ke teman-teman lainnya melalui mading zona siswa, silahkan saja kirim karya kalian di sini. Karya kalian nantinya akan ditampilkan di mading kami dan akan dibaca oleh ribuan pengunjung lainnya setiap hari. Ayoo kirim karya kalian di Mading . Terima kasih sudah berkunjung. ^^Maju Terus Pendidikan Indonesia^^.

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "20 Fakta Menarik Panda Oleh Icha Aurella"

Posting Komentar