Tips Merawat Gitar Elektrik Dan Hal Yang Harus Dihindari

Tips Merawat Gitar Elektrik dan Hal yang Harus Dihindari – Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling banyak digunakan orang. Suaranya yang khas serta sanggup dikombinasikan dengan alat musik lain, menciptakan gitar menjadi populer.


Memainkan gitar sangat gampang bila ingin mempelajarinya. Umumnya gitar terdiri dari 2 jenis, yaitu gitar akustik, gitar elektrik.


Gitar akustik ialah gitar yang dimana suarayang dihasilkannya berasal dari senar gitar yang dipetik. Gitar akustik biasanya berbahan dasar kayu, sehingga menciptakan gitar akustik tidak berat dikala memainkannya.


Gitar akustik biasanya dimainkan untuk jenis musik jazz, pop, blues, klasik, dan jenis musik bertempo rendah lainnya.


Gitar akustik tidak memerlukan alat elektronik lain ketika ingin memainkannya. Karena bunyi yang dihasilkan berasal dari senarnya.


Gitar elektrik ialah gitar yang memakai pick up yang berfungsi sebagai pengubah bunyi dan getaran, dan suaranya sanggup keluar bila disambungkan pada speaker atau amplifier.


Berbeda dengan gitar akustik, gitar elektrik sanggup dimainkan ke lebih banyak jenis musik, menyerupai rock, jazz, pop, metal, blues, dan lain-lain.


Gitar elektrik juga mempunyai bermacam-macam macam imbas yang sanggup digunakan untuk menambah variasi permainan.


Tips Merawat Gitar Elektrik


Gitar elektrik merupakan salah satu alat musik yang banyak dimainkan orang. Biasanya gitar ini dimainkan oleh salah seorang personel dalam sebuah band, tak terkecuali permainan individu.


Sistemnya yang elektrik menciptakan gitar ini harus diberi perhatian khusus semoga gitar elektrik Anda tidak rusak. Berikut beberapa tips merawat gitar elektrik Anda.


1. Bersihkan Bagian Gitar


Setelah Anda memakai gitar elektrik, usahakan bersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan. Karena banyak kotoran yang melekat pada gitar sehabis dimainkan menyerupai bubuk dan keringat.


Bersihkan seluruh kepingan gitar Anda memakai kain lap yang lembut. Jika perlu gunakan cairan khusus pembersih gitar, semoga gitar ada selalu tampil berkilau.


Untuk kepingan logam pada gitar, lap memakai kain kering, supaya kepingan logam tersebut tidak berkarat.


2. Perawatan Pada Bagian Logam


Pada kepingan logam gitar elektrik membutuhkan perawatan khusus. Bagian logam pada gitar elektrik menyerupai driyer, putaran turning, baut, dan materi logam lainnya.


Anda sanggup memakai minyak goreng yang masih higienis untuk membersihkan bagian-bagian tersebut.


Minyak goreng yang higienis sanggup menciptakan bagian-bagian logam tersebut tampak berkilau dan sanggup memperlambat proses berkarat.


Jika perlu Anda sanggup memakai cairan pembersih karat pada bagian-bagian logam tersebut.


3. Perawatan Senar


Senar ialah komponen penting dalam gitar elektrik. Senar merupakan penghasil bunyi jenis gitar manapun.


Jika Anda tidak memakai gitar elektrik pada waktu yang lama, sebaiknya lepas senar gitar semoga kondisi senar gitar sanggup terjaga.


4. Simpan Gitar


Simpanlah gitar di tas gitar bila Anda memilikinya. Jika Anda tidak memilikinya simpanlah gitar di daerah yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Sinar matahari sanggup menciptakan kualitas gitar elektrik menurun, serta cat pada gitar sanggup terkelupas.


5. Pemasangan Senar


Pasang senar gitar elektrik secara berurutan. Karena bila tidak berurutan kemungkinan senar terpasang tidak akan rapi.


Jangan memasang senar terlalu kendur dan terlalu kencang. Jika senar yang akan dipasang terlihat kusut, luruskanlah terlebih dahulu sebelum memasangnya.


Hal yang Wajib Dihindari dalam Perawatan Gitar Elektrik


Anda niscaya menginginkan kondisi gitar elektrik Anda selalu dalam keadaan baik. Baik segi kualitas bunyi yang dihasilkan atau tampilan gitar tersebut. Beberapa hal di bawah ini wajib dihindari dalam merawat gitar elektrik Anda.


Jangan membersihkan kotoran yang ada pada gitar memakai cairan yang merusak cat, body, atau kepingan gitar lainnya.


Seperti tiner, alkohol, minyak esensial, terpetin, dan cairan keras lainnya. Selanjutnya jangan meletakkan gitar listrik Anda di lantai. Lantai sanggup menciptakan gitar Anda menjadi lembab, yang sanggup menumbuhkan jamur pada gitar.


Jangan menaruh gitar elektrik Anda secara sembarangan. Jika menaruhnya secara sembarangan, stang gitar sanggup bengkok, ukiran dimana-mana, dan sanggup menciptakan bunyi gitar berubah.


Selanjutnya jangan menggantung gitar di tembok, alasannya ialah tembok juga sanggup menimbulkan lembab pada gitar Anda, dan tumbuhnya jamur. Sebaiknya letakkan di stand gitar yang sanggup dibeli di toko alat musik.


Perbedaan antara Gitar Elektrik dan Gitar Akustik


Jenis musik yang dimainkan seseorang berbeda-beda. Itu mengakibatkan jenis alat musik yang dimainkan pun berbeda. Gitar pun mempunyai beberapa jenis yang jenis musiknya berbeda, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik. Berikut ialah perbedaan gitar elektrik dan gitar akustik.


Kelebihan gitar elektrik ialah kegunaannya yang sanggup memainkan banyak sekali jenis musik menyerupai pop, blues, jazz, reggae, metal, country, rock, dan lain-lain. Serta gitar electrik sanggup menghadirkan beberapa imbas dikala dimainkan, yang sanggup menyesuaikan dengan banyak jenis musik.


Selanjutnya kelebihan dari gitar elektrik yaitu banyaknya teknik gitar yang sanggup dimainkan. Selain itu, gitar elektrik sanggup menciptakan permainan gitar elektrik lebih bermacam-macam dan atraktif dibandingkan gitar akustik.


Gitar elektrik pun sanggup disambungkan ke amplifier atau banyak sekali macam efek, yang menciptakan pengalaman memainkan gitar listrik semakin beragam.


Namun kekurangan dari gitar elektrik yaitu alasannya ialah adanya banyak sekali macam imbas dan teknik memainkannya. Membuat sebagian orang merasa bahwa bunyi yang dihasilkan dari gitar elektrik tidak alami, dan terkesan terlalu digital.


Selain itu gitar elektrik tidak sanggup menghasilkan bunyi bila tidak disambungkan ke speaker, mengakibatkan pengeluaran untuk sanggup memainkan gitar elektrik semakin besar.


Selanjutnya ke gitar akustik. Kelebihan dari gitar akustik yaitu terletak pada bunyi yang dihasilkannya. Suara yang dihasilkan dari gitar akustik lembut dan lebih natural.


Sehingga gitar akustik sangat cocok dimainkan dengan lagu yang berirama rendah menyerupai jazz, pop, keroncong, dan klasik.


Serta gitar akustik sanggup memunculkan suasana yang lebih menenangkan atau romantis. Dan, tentunya gitar ini gampang dibawa kemanapun dan dimainkan kapanpun alasannya ialah cukup ringan.


Namun kekurangan dari gitar akustik yaitu jenis musik yang sanggup dimainkan gitar ini sangatlah sedikit.


Sehingga tidak sanggup mengikuti perkembangan musik dikala ini yang lebih condong kearah digital. Serta kurang beragamnya teknik yang sanggup dimainkan pada gitar akustik, menciptakan gitar ini terkadang membosankan.


Kesimpulannya, gitar elektrik mempunyai kelebihan pada banyak sekali macam imbas dan teknik yang sanggup dimainkannya.


Selain itu gitar elektrik sanggup dimainkan diberbagai jenis musik, namun sebagian orang beranggapan bahwa bunyi yang dihasilkan dari gitar elektrik tidak natural dan terlalu digital. Namun begitu, kembali lagi ke selera Anda sebagai pecinta gitar listrik, hendak menentukan yang mana.


Gitar elektrik menjadi salah satu alat musik yang banyak dimainkan orang. Banyaknya imbas serta sanggup dimainkan diberbagai jenis musik, menciptakan gitar ini menjadi sangat populer.


Ditambah dengan banyaknya personel dari band-band terkenal yang menggunakannya. Namun jangan lupa untuk selalu merawat dan menjaga gitar elektrik Anda, supaya kualitas bunyi yang dihasilkan tetap baik.



Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Merawat Gitar Elektrik Dan Hal Yang Harus Dihindari"

Posting Komentar