Perhatikan! Begini Cara Mengamankan Instalasi Listrik Di Rumah Anda


Sahabat BT, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi rumah tangga maupun industri, hal ini menimbulkan instalasi listrik yang dibangun untuk pasokan sumber penerangan tersebut harus dilakukan dengan benar, sebab listrik juga sanggup menjadi alat yang merenggut nyawa. Instalasi listrik yang dibentuk dengan sembarangan sanggup menimbulkan kita terkena strum yang bisa menciptakan kejang otot bahkan berakibat kematian. Pemakaian listrik yang salah juga sanggup berakibat kebakaran.

Baca Juga :
Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menjamin bahwa listrik yang dipakai sehari-hari kondusif :

[a] Dalam menciptakan jaringan Instalasi listrik gunakanlah peralatan listrik yang sudah teruji keamanannya. Dalam penggunaan kabel, stop kontak, MCB dll sebaiknya pilih peralatan yang berlogo SNI, sebab peralatan tersebut tidak cepat panas dan kualitasnya sangat baik. Tentu saja harga untuk peralatan listrik jenis ini akan lebih mahal.

[b] Instalasi listrik sebaiknya tidak menggunakan kabel serabut untuk stop kontak yang akan dibebani peralatan listrik berdaya besar, kabel serabut sanggup beresiko korsleting sebab kabel jenis ini tidak bisa menahan beban listrik yang besar. Untuk kualitas instalasi listrik yang baik gunakan kabel berisi kawat tembaga.

[c] Bilamana akan melaksanakan perbaikan listrik, jangan menggunakan tangan yang dalam keadaan berair sebab sanggup menimbulkan kesetrum dan sebaiknya gunakan ganjal kaki pada ketika memperbaiki peralatan listrik sebab badan kita merupakan penghantar listrik yang baik.

[d] Untuk peralatan elektronik yang sensitif gunakan stabilizer, sebab listrik kita masih sering tidak stabil sehingga sanggup mencegah kerusakan pada peralatan elektronik. Untuk peralatan menyerupai komputer sebaiknya menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) (bilamana kita tinggal di kawasan yang sering kena giliran pemadaman lampu.

[e] Hindari belum dewasa supaya tidak bermain disekitar stop kontak listrik, gunakan stop kontak yang menggunakan tutup jikalau terpaksa harus berada di tempat yang sanggup dijangkau anak2. 

[f] Jangan menggunakan stop kontak yang bertumpuk-tumpuk dalam 1 lobang, sebab akan menimbulkan panas dan sanggup menimbulkan terbakarnya stop kontak tersebut.

[g] Matikan saklar lampu terlebih dahulu bilamana akan mengganti bohlam lampu.

[h] Putuskan fatwa instalasi listrik jikalau terjadi korsleting atau jikalau kita mencium adanya anyir hangus terbakar di sekitar stop kontak atau dalam jaringan instalasi listrik. Matikan fatwa listrik dari saklar ataupun dari MCB jikalau terpaksa. 

[i] Potonglah ranting pohon yang berada disekitar kabel listrik sebelum menyentuh kabel tersebut, jagalah supaya anak anda tidak bermain layangan disekitar jaringan listrik.

[j] Jangan bertindak curang dengan melaksanakan pencurian listrik atau memasang alat modifikasi pada meteran listrik, sebab sanggup menciptakan anda berafiliasi dengan polisi.
Demikianlah beberapa tips untuk diperhatikan pada instalasi listrik anda. Semoga [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perhatikan! Begini Cara Mengamankan Instalasi Listrik Di Rumah Anda"

Posting Komentar