Mengenal Plywood Sebagai Materi Bangunan Dan Harganya

Plywood sebagai materi bangunan sangat banyak dipakai alasannya ialah sifatnya yang bermanfaat. Plywood ialah lembaran kayu hemat yang diproduksi pabrik dengan dimensi presisi yang tidak melengkung atau retak alasannya ialah perubahan kelembaban dan cuaca.

Plywood sebagai materi bangunan sangat banyak dipakai alasannya ialah sifatnya yang bermanfaat Mengenal Plywood Sebagai Bahan Bangunan dan Harganya
Mengenal Plywood Sebagai Bahan Bangunan dan Harganya


Plywood ialah produk kayu rekayasa yang terbuat dari tiga atau lebih lapisan lembaran kayu tipis. Lapisan-lapisan ini direkatkan bersama untuk membentuk lembaran datar yang lebih tebal dan kuat. Kayu gelondongan yang dipakai untuk menciptakan kayu lapis disiapkan dengan cara dikukus atau dicelupkan ke dalam air panas. Kayu tersebut lalu dimasukkan ke dalam mesin bubut yang mengupasnya menjadi lapisan kayu tipis. setiap lapis biasanya mempunyai ketebalan antara 1 dan 4mm.

Cara Pembuatan Plywood

Kayu lapis terdiri atas tiga kepingan yaitu wajah, inti, dan punggung. Wajah ialah permukaan yang terlihat sehabis pemasangan, sementara pada dasarnya terletak di antara wajah dan punggung. Lapisan tipis veneer kayu direkatkan dengan perekat yang kuat, dibuat dari materi resin fenol atau urea formaldehida.

Setiap lapisan diorientasikan dengan serat tegak lurus terhadap lapisan yang berdekatan biar menyebabkan kekuatan dua arah. Kayu lapis sebagai materi bangunan umumnya dibuat menjadi lembaran besar. Plywood juga sanggup melengkung untuk dipakai di plafon, pesawat terbang, atau pembangunan kapal.

Penggunaan Plywood sebagai materi bangunan

Plywood dipakai dalam banyak sekali industri dan konstruksi alasannya ialah kekuatan, ringan dan presisi. Beberapa kegunaannya yang paling umum adalah:
Untuk menciptakan dinding partisi atau dinding eksternal
Untuk menciptakan bekisting, atau cetakan untuk beton basah
Untuk menciptakan furnitur, menyerupai lemari, lemari dapur, dan meja kantor
Untuk kepingan dari sistem lantai parquet kayu
Untuk kemasan produk termasuk kemasan produk sanitair
Untuk menciptakan pintu dan daun jendela yang ringan

Kayu yang dipakai untuk menciptakan plywood

Plywood dibuat dari kayu lunak, kayu keras atau campuran keduanya. Kayu keras yang dipakai ialah biasanya ialah ash, jati, ek, dan mahoni. Kayu lunak yang paling terkenal dipakai untuk menciptakan plywood ialah cemara, pinus, kayu merah, dan cedar. Kayu lapis komposit juga sanggup direkayasa dengan inti potongan kayu solid, dengan lapisan kayu lunak untuk wajah dan punggung. Plywood komposit lebih terkenal untuk lembaran tebal.

Bahan pengawet komplemen sering ditambahkan pada veneer plywood untuk meningkatkan daya tahan. Misalnya plastik, kertas yang diresapi resin, kain, formika, atau bahkan logam. materi tersebut ditambahkan sebagai lapisan luar yang tipis untuk menahan kelembaban, pengikisan dan korosi. Selainitu, materi komplemen juga menciptakan pengikatan cat dan pewarna yang lebih baik.

Jenis-jenis plywood

Dalam perkembangannya, terdapat beberapa jenis plywood yang biasa dipakai dalam banyak sekali konstruksi bangunan di banyak sekali negara termasuk di Indonesia. Berikut ialah jenis-jenis plywood :
  • Plywood struktural : Digunakan pada struktur permanen di mana diharapkan kekuatan tinggi. Penggunaannya termasuk untuk lantai, balok, bekisting, dan panel penguat. Jenis ini sanggup dibuat dari kayu lunak atau kayu keras.
  • Plywood eksternal : Digunakan pada permukaan luar di mana lapisan dekoratif atau estetika lebih penting. Jenis ini tidak dipakai untuk menanggung beban atau tekanan, misalnya pada permukaan pintu eksterior, dan dinding kelongsong.
  • Plywood internal : Kayu jenis ini mempunyai finishing yang indah, untuk aplikasi non-struktural menyerupai panel dinding, langit-langit, dan furnitur.
  • Plywood untuk laut: Kayu ini diolah secara khusus memakai materi pengawet, cat, atau pernis, untuk menahan kerusakan tanggapan air. Jenis ini dipakai dalam pembuatan kapal yang tahan serangan jamur dan tidak mengalami delaminasi/pelapukan.

Harga Plywood 2019

Plywood di Indonesia umumnya dijual pada ukuran 122 cm x 244 cm dengan variasi ukuran ketebalan. Sementara harga plywood bervariasi sesuai dengan merek, ketebalan, materi kayu dan finishing yang dipakai pada kepingan wajah. Berikut ini ialah citra harga plywood pada tahun 2019 :

Spesifikasi Plywood Satuan Harga (Rp)
Polywood Cap Kunci 3mm 122×244 Lembar Rp. 89.000,-
Triplek 2mm 122×244 Lembar Rp. 39.000,-
Triplek 3mm 122×244 Lembar Rp. 52.000,-
Triplek 4mm 122×244 Lembar Rp. 62.000,-
Triplek 6mm 122×244 Lembar Rp. 76.000,-
Triplek 9mm 122×244 Lembar Rp. 104.000,-
Triplek 12mm 122×244 Lembar Rp. 152.000,-
Triplek 15mm 122×244 Lembar Rp. 184.000,-
Triplek 18mm 122×244 Lembar Rp. 212.000,-
Blockboard 18mm 122×244 Lembar Rp. 211.000,-
Teakblock 18mm 122×244 Lembar Rp. 279.000,-
Teakwood 3mm 122×244 Lembar Rp. 92.000,-

Demikianlah mengenai Plywood sebagai materi bangunan beserta harga plywood 2019. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenal Plywood Sebagai Materi Bangunan Dan Harganya"

Posting Komentar