Mengapa Cd/Dvd Sulit Terbaca Di Pc/Laptop?

Munculnya banyak sekali media penyimpanan digital yang portable telah menggusur eksistensi penggunaan CD/DVD. Hal ini terlihat terang pada perangkat laptop keluaran terbaru yang sudah jarang memasukkan fitur DVD Drive. Tak heran, lantaran kebutuhan optical drive di masa digital ini dianggap bukan lagi sesuatu yang wajib dimiliki bagi sebagian pengguna.


Lantas, apakah ini mengambarkan penggunaan media CD/DVD mulai ditinggalkan? Nyatanya, masih ada sebagian desktop atau laptop yang menyertakan DVD Drive biar sanggup mendukung acara hiburan dan penyimpanan data (burn) para penggunanya. Harga yang relatif murah, awet, dan kapasitas memadai menjadi salah satu alasan CD/DVD masih digemari sebagian kalangan sampai sekarang.


Meskipun begitu, CD/DVD juga rentan terhadap banyak sekali masalah. Beberapa di antaranya ialah perangkat tidak sanggup membaca atau memainkan CD/DVD lantaran banyak sekali alasan. Yang paling sering terjadi ialah CD/DVD tersebut sudah rusak dan CD/DVD atau optic drive yang kotor. Untuk mengatasinya, Acer akan menjelaskan beberapa penyebab paling umum dan solusi yang sesuai untuk dicoba.


Munculnya banyak sekali media penyimpanan digital yang  Mengapa CD/DVD Sulit Terbaca di PC/Laptop?


DVD tergores


Adanya kerusakan pada permukaan CD/DVD ibarat goresan, retak, dan bubuk sanggup menghalangi DVD untuk diputar dengan benar. Oleh lantaran itu, untuk menghindari terjadinya kerusakan pada DVD, pastikan untuk selalu menyimpan disk dalam case tertutup dengan benar. Simpan pula disk dengan sisi label yang menghadap ke bawah dan sisi disk kosong menghadap ke atas.


Proses burning yang salah


Banyak yang tidak menyadari bahwa proses burning juga sanggup memengaruhi CD/DVD. Saat hendak melaksanakan proses burning, kau disarankan untuk burning dengan kecepatan rendah. Bukan berarti harus pada tingkatan paling rendah, tetapi biar sanggup mengantisipasinya, usahakan burning di bawah kecepatan maksimal yang tercantum di keping DVD. Jadi, jangan terlalu percaya wacana kecepatan maksimal yang ada di label CD/DVD.


Baca juga: Aspire E5-476 Series, Notebook Berdaya Tahan Baterai Tertinggi Di Kelasnya


Pasang label yang tidak sesuai


Hindari penamaan CD/DVD dengan melekat label stiker! Meskipun memudahkan kau untuk membedakan banyak sekali isi disk, tapi menempelkan stiker sanggup menimbulkan CD/DVD tidak sanggup diputar. Penyebabnya ialah kertas stiker terlalu tebal atau menempelkan stiker hanya di satu sisi saja (bukan melingkar). Sebagai gantinya, gunakanlah spidol permanen ketika ingin menuliskan judul atau label pada disk.


Munculnya banyak sekali media penyimpanan digital yang  Mengapa CD/DVD Sulit Terbaca di PC/Laptop?


DVD ROM drive tidak mendukung format DVD


Beberapa drive DVD-ROM sanggup membaca disk dengan format DVD+R dan DVD-R. Namun, beberapa drive DVD-ROM hanya sanggup membaca salah satunya saja. Jika kau burn DVD dengan jenis DVD recordable yang tidak didukung DVD-ROM, maka DVD tidak sanggup diputar di PC kamu.


Resolusi layar PC tidak sesuai dengan DVD


Jika hal ini terjadi, maka spAcer harus mengubah resolusi layar PC biar kompatibel dengan DVD yang kau mainkan. Caranya, dari sajian Start, pilih Control Panel. Setelah jendela terbuka, klik Appearance and Personalization, kemudian pilih Adjust screen resolution. Selain itu, kau juga perlu mengubah resolusi layar menjadi 640×480 atau 720×480.


Itulah beberapa solusi biar CD/DVD sanggup terbaca di PC/laptop. Sekarang tinggal kau analisis penyebabnya, kemudian lakukan sesuai solusi yang sudah disediakan. Jadi, jangan resah lagi jika hal ibarat ini terjadi. Yuk, eksklusif coba sendiri di rumah!


Baca juga: Lancar Main Game Online dengan Aspire 5 (A515-41G)



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengapa Cd/Dvd Sulit Terbaca Di Pc/Laptop?"

Posting Komentar