Cara Merawat Bunga Geranium Dalam Pot

 bunga geranium tidak hanya dikenal lantaran kecantikan bunganya yang mempunyai warna bermacam-macam Cara Merawat Bunga Geranium Dalam Pot


Selama ini, bunga geranium tidak hanya dikenal lantaran kecantikan bunganya yang mempunyai warna bermacam-macam saja, namun juga fungsinya untuk melindungi keluarga di rumah. Selain menjadi tumbuhan hias, bunganya yang berwarna-warni ibarat ungu, merah, merah muda, dan lain sebagainya konon juga mempunyai khasiat ampuh bagi kesehatan dan juga sebagai pengusir nyamuk di rumah Anda.


Saat tumbuhan bunga geranium tertiup angin, daunnya akan bergoyang-goyang kemudian mengeluarkan aroma wangi yang sangat khas. Aroma inilah yang ampuh mengusir nyamuk, lantaran mengandung zat citronella yang tidak disukai oleh nyamuk.


Bunga geranium atau sering disebut tapak dara (meski bekerjsama tanaman vinca juga disebut tumbuhan tapak dara) tumbuh secara merumpun dengan anakan yang banyak. Daunnya berwarna hijau dan berbentuk menjangkar (tetapi bergerigi), sedangkan batangnya mengandung banyak air. Harga bunga bervariasi tergantung jenisnya. Ada tiga jenis bunga geranium secara garis besar, yaitu Citrosa Lady Diana, Citrosa Mosquito Fighter, dan Citrosa Queen of Lemon.


Di Indonesia, bunga geranium banyak ditemui di sekitar wilayah Sukabumi dan Bandung. Bunga geranium merupakan tumbuhan yang sangat cocok untuk ditanam di dalam pot. Jika Anda tertarik untuk menanam bunga ini, ikuti langkah di bawah ini untuk mengetahui cara tepat merawat bunga geranium yang cantik.


Pilih Tempat yang Tepat


Meskipun bunga geranium relatif gampang untuk dirawat, namun Anda harus mempertimbangkan dahulu kawasan yang akan anda gunakan untuk menanam bunga geranium. Biasanya bunga geranium akan tumbuh dengan optimal kalau ditempatkan pada kawasan yang terkena paparan sinar matahari selama kurang lebih lima hingga enam jam setiap hari. Selain itu, tanah dengan drainase yang baik juga akan menciptakan bunga geranium tumbuh dengan baik. Pastikan biar akar tumbuhan tidak terlalu basah, lantaran hal ini akan mengakibatkan penyakit.


Pilih Pot yang Tepat


Setelah memutuskan kawasan tanam yang tepat, langkah selanjutnya yaitu menentukan pot yang tepat untuk menanam bunga geranium. Usahakan untuk membali pot dengan ukuran yang cukup besar, sesuai dengan jenis tumbuhan bunga geranium Anda. Jika Anda menentukan tumbuhan yang kecil, gunakan pot berukuran 6-8 inci. Sedangkan untuk tumbuhan yang besar, gunakan pot yang berukuran 10 inci atau lebih. Selain itu, pilih pot yang mempunyai lubang-lubang di kepingan bawah atau dasarnya, sehingga air sanggup meresap dengan baik. Ingat, bunga geranium tidak sanggup tumbuh dengan optimal di tanah yang selalu tergenang air. Bunga geranium juga menjadi pilihan paling pas ketika Anda ingin mencari tanaman bunga yang cocok untuk pot gantung. Hal ini dikarenakan tipe pertumbuhan bunganya yang menjuntai ke bawah pot dan tepat untuk jadi tumbuhan hias gantung yang berbunga.


Pilih Waktu yang Tepat


Dalam menanam bunga geranium, sangat disarankan untuk menanam bunga ini tidak pada trend hujan. Bergantung pada jenisnya, meskipun bunga geranium sanggup tumbuh dan mekar sepanjang tahun, tetap pastikan bahwa tumbuhan Anda ditanam pada masa yang tidak terlalu berair ibarat trend penghujan, lantaran tanah yang terlalu berair justru akan mengakibatkan bibit bunga geranium menjadi busuk.


Siapkan Media/Lahan Tanam


Bunga geranium akan tumbuh dengan baik ditanah yang gembur, sehingga Anda sanggup memakai tiller atau garu untuk menggemburkan tanah dengan kedalaman 12-15 inci. Setelah itu, campur 2-4 inci kompos dalam tanah untuk memberi supplay nutrisi pada media tanam tanaman bunga geranium Anda.


Bunga geranium merupakan tumbuhan yang handal dengan perawatan yang rendah untuk sanggup tumbuh di dalam pot meskipun ditanam melalui biji. Cukup pastikan bahwa tanah yang Anda gunakan untuk menanam bunga geranium ini tidak terlalu lembab, dan lakukan pemupukan secara rutin, Anda sudah sanggup menikmati keindahan bunga geranium ketika mekar.


Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tumbuhan bunga geranium yang kami jual. Bagi Anda yang tidak ingin repot untuk menumbuhkan dari benih, jangan khawatir kami juga menyediakan dalam bentuk bibit yang sudah tumbuh disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Merawat Bunga Geranium Dalam Pot"

Posting Komentar