Cara Mendaftarkan Bisnis Di Google My Business (Google Bisnisku)
Cara Mendaftarkan Bisnis di Google My Business (Google Bisnisku) – Bagi setiap pebisnis, mempunyai sebuah toko fisik/kantor sentra yang gampang ditemukan di mana lokasinya tentu menjadi dambaan.
Apalagi kini semuanya serba teknologi, di mana orang yang mengetahui alamat bisnis Anda hanya tinggal mencarinya saja di aplikasi peta ibarat Google Maps.
Kabar baiknya, kini Anda bisa mendaftarkan bisnis di Google My Business (Google Bisnisku) sehingga akan menjadi lebih gampang untuk ditemukan oleh pelanggan maupun klien.
Kenapa mendaftarkan bisnis di Google My Business itu penting? Bila Anda pernah memakai aplikasi Google Maps, maka pastinya Anda pernah melihat bahwa banyak bisnis atau gedung yang tertanda di koordinat tertentu sehingga gampang untuk dituju.
Baca Juga: Indonesian Banks: Plugin WooCommerce untuk Toko Online Indonesia
Bisnis Anda pun bisa ditemukan dengan cara yang sama. Selain itu, dengan mendaftarkan bisnis di Google My Business, warta terkait bisnis Anda pun bisa lebih gampang ditemukan oleh klien atau pelanggan potensial dari hasil pencarian Google. Mari mengenal lebih dalam wacana apa itu Google My Business.
Apa Itu Google My Business?
Google My Business (Google Bisnisku) yaitu sebuah alat yang disediakan Google dimana pemilik bisnis bisa mengelola warta bisnis atau perusahaannya untuk dimasukkan ke dalam direktori yang akan muncul dalam pencarian Google maupun Google Maps.
Baca Juga: 8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda
Dengan fitur Google yang satu ini, setiap bisnis menjadi lebih gampang untuk ditemukan, apalagi dengan aplikasi dan teknologi Google yang kini saling terintegrasi. Dengan mendaftarkan bisnis di Google My Business, siapapun yang ingin mendatangi kantor/bisnis Anda sanggup menemukan lokasinya dengan mudah, nomor yang bisa dihubungi, dan sebagainya.
Bila bisnis Anda terdaftar di direktori Google, tampilannya kira-kira akan terlihat ibarat ini:
Dengan mendaftarkan bisnis di Google My Business dan memasukkan warta terkait bisnis Anda dengan benar ke dalamnya, Google kemudian bisa menyuguhkan warta yang lebih akurat kepada calon pelanggan potensial Anda ketika mereka mencari warta mengenai bisnis Anda di Google.
Kenapa Pemilik Bisnis Harus Mendaftarkan Bisnis di Google My Business?
Kenapa harus? Apa pentingnya? Menurut Google sendiri, 97% konsumen selalu mencari warta wacana produk dan layanan yang tersedia secara lokal namun hanya sekitar 37% bisnis saja yang sudah diklaim dan terdaftar di mesin pencari tersebut.
Baca Juga: 5 Tool Gratis Untuk Membuat Postingan Gambar Media Sosial
Terdaftarnya bisnis Anda di Google tentu akan menciptakan Anda lebih maju dibandingkan para kompetitor, atau paling tidak Anda bisa tetap bersaing dalam kompetisi bisnis yang ‘ganas’.
Selain itu, ibarat yang sebelumnya sudah disebutkan berkali-kali, mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business akan memudahkan calon pelanggan/klien potensial untuk menemukan bermacam-macam warta terkait bisnis Anda di hasil pencarian Google maupun Google Maps mulai dari koordinat lokasi, alamat lengkap, jam operasional, review, hingga foto.
Baca Juga: 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan
Selain itu, beberapa fitur gratis yang disediakan Google juga akan membantu Anda berbagi bisnis sehingga bisa lebih maju, antara lain:
1. Buat Situs Gratis Untuk Bisnis Anda dalam Sekejap
Bila Anda selama ini hanya beroperasi secara offline, dengan Google My Business Anda bisa dengan gampang menciptakan sebuah situs untuk bisnis Anda, bahkan bisa dibentuk melalui ponsel.
Hal ini pun bisa memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan secara online. Situs Anda akan dibentuk secara otomatis dengan info dari listingan Google, dan Anda sanggup menyesuaikannya dengan teks, foto, dan tema desain. Baca selengkapnya mengenai fitur ini.
Baca Juga:
– Cara Membuat Website dengan WordPress
– Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce
– Cara Membuat Toko Online dengan Shopify
2. Menjangkau Pelanggan Melalui Informasi yang Aktual
Manfaatkan peluang setiap kali seseorang menemukan bisnis Anda di hasil pencarian Google dan Google Maps. Dengan foto dan postingan baru, jam buka yang sanggup disesuaikan, dan situs web gratis, gampang untuk memastikan bahwa bisnis Anda yang terdaftar selalu up-to-date. Baca selengkapnya.
3. Menjaga Loyalitas Pelanggan Dengan Interaksi Secara Online
Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan/klien potensial yang mempunyai tugas penting bagi bisnis Anda. Anda juga bisa memulai percakapan dengan pelanggan Anda dengan cara merespon pesan dan ulasan yang mereka posting.
4. Ketahui Bagaimana Pelanggan Menemukan Bisnis Anda
Cari tahu bagaimana pelanggan menemukan dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Dengan Google My Business, Anda bisa melihat statistik dan menganalisa data yang ada sehingga Anda sanggup mengetahui bagaimana gotong royong pelanggan menemukan bisnis Anda. Baca selengkapnya.
Cara Mendaftarkan Bisnis di Google My Business (Google Bisnisku)
Bila sudah hingga di tahap ini, maka saya asumsikan bahwa Anda sudah tertarik untuk mendaftarkan bisnis di Google My Business. Sekarang, Anda hanya perlu login dengan akun Gmail Anda terlebih dahulu (utamakan akun Gmail khusus untuk bisnis Anda).
Jika belum mempunyai akun Gmail, silakan buat terlebih dahulu. Setelah itu silakan login dan kemudian ikut tutorial berikut:
1. Masuk ke Google My Business
Langkah pertama yaitu masuk ke Google My Business (https://www.google.com/intl/id_id/business/) dan klik tombol Mulai Sekarang, ibarat yang ditunjukkan pada gambar di atas.
2. Cari Bisnis Anda dan Isi Formulir Pendaftaran Dengan Informasi yang Benar dan Akurat
Bila Anda tidak menemukan form pencarian untuk menemukan bisnis Anda, maka Anda harus memakai form ibarat yang terlihat di atas. Berikut rincian detilnya:
- Nama bisnis: Masukkan nama bisnis/perusahaan Anda. Google akan secara live mencoba menemukan nama yang sesuai. Bila tidak ditemukan, maka saatnya Anda mendaftarkannya. Bila Anda menemukannya, maka Anda harus mengklaim bisnis tersebut. Lanjutkan ke form berikutnya.
- Negara / Wilayah: Masukkan Indonesia kalau berada di Indonesia.
- Alamat: Masukkan alamat lengkap bisnis Anda, bila perlu lengkap hingga isyarat pos.
- Kota
- Provinsi
- Kode Pos
- Telepon Utama Bisnis: Masukkan nomor telepon kantor (bukan nomor ponsel).
- Kategori: Pilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda. Upayakan untuk menentukan kategori bisnis yang benar-benar sesuai, paling tidak yang paling mendekati bisnis Anda alasannya yaitu Google akan mengklasifikasikan/memperlakukan bisnis Anda berdasarkan kategori yang dipilih. Penting!
- Situs Web: Masukkan URL website bisnis Anda.
- Saya mengirimkan barang dan jasa ke pelanggan saya di lokasinya —Informasi penting: Rekomendasi saya, baca seluruh isi Informasi penting yang tertera terlebih dahulu. Kemudian, apabila Anda mengirimkan barang/jasa ke alamat pelanggan, maka centang Yes, bila sebaliknya centang No.
Setelah itu, lanjutkan ke tahap berikutnya.
3. Verifikasi Bisnis Anda
Google butuh memverifikasi eksistensi dan kesesuaian bisnis Anda dengan cara mengirimkan PIN verifikasi lewat surat pos ke alamat bisnis yang sudah Anda tunjuk ketika mendaftarkan bisnis di Google My Business.
Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun
Ini artinya Anda harus menunggu 2 ahad hingga sekitar 1 bulan hingga surat pos berisi PIN tiba di alamat bisnis Anda. Bila Anda beruntung, Anda bahkan bisa mendapat PIN verifikasi melalui SMS atau pun telepon.
Kemudian klik Lanjutkan dan verifikasi nanti.
4. Konfirmasi Bisnis Anda dan Buat Google+ Untuk Bisnis Anda
Di langkah selanjutnya, Anda kemudian mempunyai Google+ untuk bisnis Anda di mana melalui Google+ tersebut Anda bisa mengubah warta terkait bisnis Anda. Namun, sebelum semua warta yang Anda input mengenai bisnis Anda tampil kepada publik, Anda tentu harus memverifikasi bisnis Anda lewat PIN yang sudah dikirim ke alamat Anda.
Apabila PIN tersebut sudah tiba di alamat, klik opsi Verify Now ibarat yang terlihat pada gambar di bawah ini:
Setelah itu Anda pun simpulan mendaftarkan bisnis di Google My Business. Sekarang, Anda hanya perlu mengubah atau pun melengkapi warta terkait bisnis Anda selengkap-lengkapnya dan seakuratnya.
Itulah cara mendaftarkan bisnis di Google My Business, bagaimana berdasarkan Anda? Jangan sungkan untuk memberikan pertanyaan lewat kolom komentar di bawah bila Anda membutuhkan bantuan. Semoga bermanfaat!
Sumber https://www.seniberpikir.com
0 Response to "Cara Mendaftarkan Bisnis Di Google My Business (Google Bisnisku)"
Posting Komentar