Cara Menanam Rosemary Dari Stek Batang

 termasuk dalam jenis tumbuhan herbal berbau sangat harum Cara Menanam Rosemary Dari Stek Batang


Rosmarinus officinalis atau lebih dikenal dengan Rosemary termasuk dalam jenis tumbuhan herbal berbau sangat harum. Tanaman herbal ini sanggup Anda letakkan pada pot kecil dalam ruangan rumah. Namun tidak salah juga jikalau Anda ingin menanam di taman depan rumah.


Bunga rosemary sendiri sekilas nampak tidak asing. Batang dan daunnya ibarat mirip bunga sutera b0may atau portulaca. Bunganya anggun berwarna ungu muda sekilas ibarat bunga anggrek yang sedang mekar.


Selain itu bunga ini juga sanggup ditanam oleh siapa saja, ada dua metode yang disarankan untuk menanam rosemary, namun di artikel ini kami bahas yang stek batang atau cuttings.


Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menanam dan merawat rosemary, simak ulasan berikut ini.


Teknik Menanam Rosemary Melalui Stek Batang


Ada dua cara menanam bunga rosemary yang sanggup Anda pilih. Pertama dengan memakai biji (silakan baca artikel cara menanam rosemary dengan biji) dan cara yang kedua yang akan kita bahas pada artikel kali ini ialah dengan cara stek batang.


Langkah 1: Ambil potongan batang rosemary


 termasuk dalam jenis tumbuhan herbal berbau sangat harum Cara Menanam Rosemary Dari Stek Batang
Potongan batang rosemary biasanya direndam dalam air terlebih dahulu sebelum ditanam.

Rosemary lebih gampang dikembangbiakkan melalui stek atau potongan batang daripada bijinya. Anda sanggup membeli potongan rosemary di toko atau sanggup juga Anda memotong sendiri dari tumbuhan rosemary yang dipilih.


Potong rosemary sepanjang 4 inch untuk ditanamkan kembali. Pilih pecahan tumbuhan yang bagus, baik batang maupun daunnya. Selain itu pilih tumbuhan yang sudah cukup umur, bukan tumbuhan yang masih muda. Tanaman yang akan ditumbuhkan melalui stek batang akan mempunyai huruf sama dengan indukannya.


Ada aneka macam macam jenis rosemary diantaranya ada jenis yang cenderung tumbuh pendek atau jenis yang tinggi dan rimbun. Rosemary juga ada yang mempunyai bunga berwarna biru muda, putih, dan kebanyakan berwarna ungu.


Langkah 2: Tanam potongan stek rosemary


 termasuk dalam jenis tumbuhan herbal berbau sangat harum Cara Menanam Rosemary Dari Stek Batang


Tanam potongan rosemary tadi ke dalam sebuah pot yang sudah terisi media tanam berupa tanah yang dicampur dengan pasir garang serta lumut gambut dengan perbandingan 2:1. Kemudian letakkan pot pada tempat yang sanggup terkena sinar matahari namun bukan eksklusif terkena sinar matahari. Siramlah potongan tumbuhan ini dengan teratur sampai pecahan akarnya sanggup terbentuk, yaitu kemungkinan sekitar 20 hari.


Untuk menjaga calon bibit tetap hangat dan lembab, Anda sanggup memasukkan pot tadi ke dalam sebuah kantong plastik yang mempunyai beberapa buah lubang diatasnya. Suhu yang terjaga sanggup membantu potongan rosemary cepat tumbuh. Untuk menunjukkan nutrisi yang lebih baik, Anda sanggup melaksanakan perendaman pecahan ujung dari potongan rosemary dari dalam abu akar.


Langkah 3: Pindahkan bibit rosemary


Setelah akar mulai terbentuk, pindahkan rosemary ke dalam pot yang lebih besar atau di halaman rumah juga bisa. Tanaman dengan wangi harum yang menyengat ini gampang mengikuti keadaan di aneka macam kondisi lingkungan.


Rosemary sanggup bertahan dari aneka macam jenis tanah termasuk tanah kapur sampai kawasan beriklim hirau taacuh dengan hujan salju. Namun tumbuhan ini paling baik tumbuh di ldaerah dengan iklim sub tropis sampai tropis. Makara pilihlah lingkungan yang menerima pancaran sinar matahari secara penuh.


Selain ditanam untuk tujuan kesehatan, rosemary juga sanggup dibentuk sebagai pagar bagi tumbuhan lain. Namun jikalau Anda tinggal di kawasan beriklim dingin, lebih baik menanam rosemary dalam pot. Makara Anda sanggup memindahkannya jikalau cuaca terlalu ekstrim.


Bila Anda ingin menanam tumbuhan rosemary di area taman rumah, pilihlah tanah dengan suplai pemikiran air yang mencukupi. Jika tanah terlalu gembur maka akar tumbuhan ini akan membusuk.


Tips tambahan: Perlu diketahui jikalau aroma rosemary tergantung dari tingkat keasaman tanah. Semakin berair tekstur tanah maka aroma harum rosemary semakin terasa. Jika tanah terlalu asam, maka Anda sanggup memberi sedikit kapur.


Untuk cara lengkap mengenai menanam rosemary dari stek batang atau cuttings, kami menemukan salah satu website yang sangat bagus membahasnya, simak ulasannya disini.


Cara Merawat Tanaman Rosemary


Jika Anda sudah menanam potongan rosemary, selanjutnya yang sanggup Anda lakukan ialah merawat semoga tumbuh dengan baik. Siram tumbuhan rosemary secukupnya saja.


Tidak perlu menambahkan pupuk


Rosemary bukan jenis tumbuhan yang membutuhkan pupuk. Namun pastikan dalam tanah terdapat cukup kapur.


Pangkas batang rosemary jikalau diperlukan


Sebenarnya tidak perlu melaksanakan pemangkasan tanaman. Tapi rosemary sanggup tumbuh cukup besar dan memakan area taman. Lebih baik potong beberapa inchi cabangnya semoga lebih rapi.


Rosemary sanggup tumbuh dengan baik dalam lingkungan yang mengandung garam dan berangin. Sehingga bunga ini masuk dalam tumbuhan pantai. Akan tetapi rosemary paling baik di lingkungan yang terlindung. Makara Anda perlu memberi pemberian untuk tumbuhan rosemary, ibarat memposisikan akrab dinding. Rosemary sanggup tumbuh sampai ketinggian 2 meter. Meskipun demikian untuk mencapai tinggi tersebut butuh proses sangat lambat. Anda sanggup memetik daun rosemary kapanpun sesuai kebutuhan. Jangan khawatir alasannya ialah meskipun Anda petik, tumbuhan ini akan tetap tumbuh dengan sangat baik.


Sekian isu mengenai cara menanam rosemary dari stek batang. Semoga bermanfaat 🙂


Nah, bagi Anda yang belum mempunyai tumbuhan rosemary, Anda juga sanggup membeli benih / biji dan bibit tanamannnya (tanaman hidup) disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Rosemary Dari Stek Batang"

Posting Komentar