Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun – Dengan perkembangan teknologi internet yang kian pesat, bisnis online pun kian padat.


Setiap hari ada saja bisnis online baru yang diluncurkan, dan kapan giliran Anda? Memulai bisnis online memang tidak gampang, tapi juga tidak sepenuhnya susah.


Jangan berpikir bahwa Anda tidak bisa, melainkan pikirkan, apa yang bisa Anda lakukan dan bagaimana dikonversikan menjadi sebuah bisnis berbasis online?


Di dalam artikel ini, Anda sanggup mempelajari tahap-tahap yang bisa Anda ambil untuk memulai bisnis online.


Semua bisa dikonversikan menjadi bisnis asal Anda tekun mencari peluang bisnis yang tepat.


Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun


1. Cari Target Pasar Terlebih Dahulu


Banyak orang ragu untuk memulai bisnis di internet alasannya ialah merasa tidak punya ide. Ini mungkin wajar, alasannya ialah semua berangkat dari ide.


Tapi jangan terlalu berpatokan pada satu ide, atau jangan pernah memulai bisnis dengan wangsit yang Anda dapatkan tanpa menganalisa sasaran pasar Anda terlebih dahulu. Ini penting sekali untuk diingat.


Baca Juga: 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan


Yang pertama sekali yang harus Anda lakukan ialah mencari sasaran pasar. Jangan memulai bisnis online tanpa menentukan sasaran pasar. Mengapa? Karena betapa pun bagusnya produk atau jasa yang Anda miliki jikalau sasaran pasarnya tidak jelas, tidak akan berhasil alasannya ialah orang tidak tertarik.


Analisa sasaran pasar Anda terlebih dahulu dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana berikut:



  1. Kepada siapa bisnis Anda ditujukan berdasarkan demografis? [Gender, Usia, Status, dan sebagainya]
    Contoh: Menjual produk kemeja premium kepada pria yang sudah bekerja, menengah ke atas, berusia 23 tahun ke atas.

  2. Solusi untuk permasalahan apa yang ditawarkan oleh bisnis Anda?

    Contoh: Anda membutuhkan transportasi yang murah dan cepat dan bisa dipesan kapan pun di mana pun, maka Go-Jek muncul sebagai solusi.

  3. Apa yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor? Apa kelebihan dan keunikannya?

    Contoh: Go-Jek menunjukkan fixed price untuk layanannya sehingga lebih murah, sementara Uber tidak, yang masih bergantung dengan kondisi kemudian lintas maka harga sewaktu-waktu bisa naik.


Anda sanggup mencari-cari wangsit bisnis berdasarkan sasaran pasar Anda dengan cara:



  1. Aktif dalam lembaga offline maupun online.

  2. Temukan di situs-situs Q&A menyerupai Quora, Yahoo Answer, dan sebagainya.

  3. Peka ketika bermain media sosial.

  4. Peka terhadap lingkungan sekitar Anda.

  5. Perbanyak diskusi dengan orang-orang yang berdasarkan Anda mempunyai wawasan yang baik.


Dan perlu diingat, jikalau Anda tidak bisa menunjukkan solusi yang sempurna atas permasalahan sasaran pasar Anda dan menunjukkan keunikan, maka bisnis online Anda akan tertinggal dari kompetitor Anda. Apalagi kini ini bisnis gres yang berpotensi menjadi kompetitor Anda dengan cepat bermunculan.


2. Siapkan Produk


Peluang bisnis internet ada banyak sekali. Di bab sebelumnya Anda bisa memulai mencari wangsit bisnis online dengan menentukan sasaran pasar terlebih dahulu, dan kemudian mendapat wangsit bisnis berdasarkan sasaran pasar yang sudah Anda analisa. Setelah itu mulailah mempersiapkan produk Anda.


Jika Anda dikala ini hanya akan menjalani bisnis online Anda seorang diri, maka Anda harus menemukan vendor yang sempurna untuk membuat sebuah produk.


Jika sudah, mulai berkreasi dengan produk bisnis Anda. Tak perlu terlalu inovatif di tahap awal, atau jikalau Anda memang mempunyai wangsit yang sangat inovatif, maka eksklusif realisasikan.


Ketika produk Anda sudah selesai, jangan eksklusif menjualnya di internet. Sebarkan terlebih dahulu ke sahabat atau kerabat Anda, minta jawaban mereka.


Berbisnis lewat internet memang membutuhkan banyak waktu sebelum berjalan, oleh alasannya ialah itu fokus terlebih dahulu secara offline.


Jika Anda membuat bisnis yang sifatnya media online, jangan terburu-buru menyebarkannya di internet, tapi tanyalah jawaban temanmu melalui konten-kontennya.


Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk menentukan produk bisnis yang sempurna dan berkualitas:



  1. Temukan manfaat dan keunggulan utama dari produk Anda.

  2. Temukan keunikan utama produk Anda.

  3. Apakah kualitasnya sudah terjamin?

  4. Perbaiki produk jikalau Anda mendapat kritik.

  5. Terus menggali wangsit bisnis dari pasar potensial Anda.


3. Pemasaran Online: Bagaimana Pemasaran di Internet Dapat Dikerjakan?


Prinsipnya hampir serupa dengan offline, namun ada banyak faktor yang membuat Anda harus bekerja super ekstra. Di internet, semua orang, siapa pun dan di mana pun mereka berada sangat mungkin untuk menikmati bisnis Anda. Tapi bagaimana caranya biar mereka bisa hingga kepada Anda? Itulah tugas pemasaran online atau online marketing.


Berikut beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan untuk menerapkan pemasaran melalui internet:



  1. Membuat sebuah Blog untuk kepentingan content marketing.

  2. Membuat media umum khusus untuk bisnis Anda: Facebook Fanpage, Twitter, Instagram Business, hingga Youtube dan Linkedin

  3. Aktif berpartisipasi di lembaga tapi jangan melulu mempromosikan bisnis Anda, melainkan membantu menjawab permasalahan dan mengatakan solusi yang tepat.

  4. Pelajari SEO.

  5. Belajar internet marketing lebih dalam lagi.


4. Bentuk Tim Jika Perlu


Karena Anda tidak bisa mengerjakan segalanya sekaligus maka bentuklah tim Anda untuk memulai; bisa dengan sahabat atau keluarga. Tim yang baik akan menghasilkan bisnis yang baik.


Pastikan setiap orang mempunyai tugas inti masing-masing; contohnya Anda akan menangani bab produksi, carilah anggota tim yang andal di bidang pemasaran. Cari juga web developer Anda jika Anda berniat memulai bisnis online dengan sebuah website khusus.


Anda juga bisa melaksanakan outsource dengan menyewa jasa freelancer di bidang masing-masing dengan memanfaatkan situs freelancer menyerupai berikut:



  1. Projects.co.id

  2. Sribulancer

  3. Freelancer

  4. Upwork

  5. Fiverr

  6. Envato Studio


5. Bangun Website Khusus Untuk Bisnis Online


Apapun jenis bisnis Anda, sebuah website khusus tentunya sangat penting jikalau Anda memang berniat untuk berbisnis di internet. Buatlah sebuah website untuk bisnis online Anda memakai platform berikut:


1. WordPress

Inilah platform website atau CMS yang paling banyak digunakan. Cara instalasinya pun sangat mudah, di beberapa hosting, menginstal WordPress hanya membutuhkan satu kali klik dengan setup yang sangat mudah.


Yang perlu Anda lakukan pertama sekali ialah mencari sebuah hosting yang tepat, tentukan juga domain untuk bisnis Anda.


Baca Juga: Cara Menginstall WordPress


Berikut beberapa hosting rekomendasi saya yang menyediakan one-click instalasi WordPress yang sekaligus menyediakan domain secara gratis ketika membeli paket hosting:



  • Cloudkilat: Hosting berbasis cloud lengkap yang cepat dan murah.

  • NiagaHoster: Hosting lokal yang murah dengan diskon besar-besaran. Gunakan kupon a-seniberpikir untuk mendapat diskon sebesar 40% dikala pembayaran. Klik di sini.

  • SheHoster: Pilihan terbaik jikalau Anda masih gres memulai bisnis online.

  • DewaWeb: Direkomendasikan oleh internet marketer Indonesia.

  • Bluehost: Direkomendasikan oleh blogger kelas dunia.


Theme WordPress yang anggun sebagai template utamanya bisa memakai Studiopress Genesis, MyThemeShop atau Themeforest.


2. Shopify

Jika Anda ingin membuat toko online, Shopify bisa menjadi alat yang tepat. Platform ini sangat direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin membuat toko online dengan cepat dan praktis tanpa menyentuh coding.


Sebagai sebuah platform yang secara khusus bergerak di bidang ecommerce, Shopify ini begitu lengkap dari segi fitur, SEO, dan mudahnya untuk digunakan.


Baca Juga: Review Shopify: Membuat Toko Online dengan Mudah


Tidak menyerupai WordPress, Shopify merupakan platform berbayar, lebih tepatnya berlangganan, dengan biaya mulai dari $29 hingga $299 setiap bulannya. Jika toko online Anda menghasilkan pendapatan yang sesuai harapan, biaya tersebut tentu tidak seberapa jikalau memang bisa mendukung penjualan Anda.


Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!



3. Blogger

Blogger bisa dipakai oleh gratis, oleh siapa saja. Anda bahkan bisa menggunakan Blogger atau Blogspot dengan nama domain sendiri, dan masih tetap dihosting di Google. Tidak menyerupai WordPress yang harus dihosting secara terpisah, Blogger ini tetap akan bekerja dengan baik, tanpa batasan, meskipun Anda memakai nama domain sendiri.


Anda tentu bisa mengkustomisasi tampilan Blogger, tapi sistemnya tidak akan sefleksibel WordPress.


4. Weebly

Weebly merupakan platform bersifat website builder, di mana dengan memakai Weebly kau bisa membuat sebuah website jenis apapun yang kau mau tanpa coding, hanya memakai sistem drag & drop yang sangat praktis untuk diaplikasikan.


Menariknya, Weebly juga menyediakan opsi gratis, cocok bagi Anda yang tertarik untuk mencoba-coba Weebly terlebih dahulu.


6. Tingkatkan SEO


SEO merupakan salah satu aspek terpenting di dunia online, khususnya di bidang online marketing. Pelajari SEO tahap demi tahap, bisa memakai dukungan artikel berikut:



7. Aktif Promosi di Media Sosial, Forum, dan Sebagainya


Kita semua sudah tahu betapa kuatnya efek media umum di abad digital ini. Kekuatan maya kini tampaknya dicerminkan dari kegiatan di media sosial, bahkan untuk kepentingan bisnis yang minim modal marketing.


Aktiflah memakai media umum untuk kegiatan bisnis Anda, terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan branding dan penjualan. Selain gratis, media umum juga memungkinkan Anda untuk menjaring lebih banyak lagi orang, di mana pun mereka berada.


Baca Juga: Cara Mendaftarkan Blog di Google Analytics


Sama menyerupai SEO, media umum dan lembaga juga mempunyai tugas yang sangat berpengaruh dalam hal bisnis online, maka dari itu jangan sia-siakan. Sekali lagi, melanjutkan yang sudah dijelaskan di atas, ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda di media sosial:



  1. Buat sebuah Facebook Fan Page khusus untuk bisnis Anda, begitu juga dengan akun Twitter, Instagram, Youtube hingga Pinterest, bahkan Snapchat.

  2. Bagikan konten yang menarik namun masih bekerjasama dengan bisnis Anda, tapi jangan hard selling.

  3. Pertimbangkan untuk menyajikan konten-konten visual yang segar, baik grafis maupun video.

  4. Pertimbankan untuk membuat video promosi dan sebarkan di Youtube maupun Facebook Video.

  5. Curi dan kembangkan wangsit yang didapat dari kompetitor Anda.

  6. Pertimbangkan pula untuk mencoba periklanan untuk mempromosikan bisnis Anda menyerupai Google Adwords, Facebook Ads maupun Facebook Pixels, Instagram Ads, dan sebagainya.

  7. Gunakan juga lembaga atau website Q&A menyerupai Quora untuk memberi solusi atas dilema dengan produk/jasa bisnis Anda.


Penutup


Itulah bermacam-macam langkah yang bisa Anda praktikkan untuk memulai bisnis online. Memulai bisnis online tentu tidak gampang, namun juga tidak susah jikalau Anda paham betul langkah-langkah apa yang perlu diambil dalam prosesnya.


Semoga peluang bisnis yang Anda dapatkan bisa dikonversikan menjadi sebuah bisnis online yang menguntungkan, meskipun bahu-membahu dikala ini Anda bisa memulai bisnis tanpa modal tapi tetap menguntungkan.


Bagaimana berdasarkan Anda? Apa yang masih kurang? Silahkan sebarkan ke rekan Anda memakai tombol social share di bawah ini.



Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun"

Posting Komentar