Cara Memperbaiki Error Establishing A Database Connection Di Wordpress

Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress – Apabila Anda sudah cukup usang menjadi pengguna WordPress, kemungkinan besar Anda sudah pernah mendapat pesan Error Establishing a Database Connection paling tidak sekali.


Hal yang paling menjengkelkan mengenai hal ini yakni apabila kita tidak tahu betul bagaimana error ini sanggup muncul, apalagi Anda yang masih gres menggunakan WordPress.


Apabila permasalahan ini muncul pada website Anda, otomatis Anda akan kehilangan banyak potensi pengunjung dan pelanggan, dan kesempatan untuk mendapatkan uang dari blog Anda pun tentu saja akan menurun.


Dalam beberapa kasus, pesan error ini sanggup muncul apabila terjadi ketidaksinambungan data mengenai database Anda di wp-config.php atau mungkin database Anda korup.


Di sisi lain, hosting yang Anda gunakan juga sanggup menjadi salah satu penyebab. Apabila Anda merasa buntu untuk memperbaiki Error Establishing a Database Connection ini, silakan baca cara memperbaiki Error Establishing a Database Connection sebagai berikut:


Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress


Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress


1. Hubungi Tim Support Hosting Anda


Langkah pertama dan yang paling terang yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini yakni dengan menghubungi tim support hosting Anda.


Hal ini juga akan mengurangi kesalahan apabila Anda tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan sehingga kondisi yang lebih parah sanggup dihindari.


Baca Juga: Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce


Rata-rata layanan penyedia hosting mempunyai tim support 24 jam yang cepat tanggap. Penyedia hosting lokal menyerupai Cloudkilat dan Bluehost mempunyai tim support yang berdasarkan saya eksklusif cepat tanggap dalam melayani setiap permasalahan para pelanggan.


Apabila Anda belum juga mendapat balasan atas permasalahan ini, maka ikuti langkah selanjutnya.


2. Lakukan Perbaikan Pada Database Anda Lewat phpMyAdmin


Mayoritas hosting memakai fitur phpMyAdmin untuk meng-handle database MySQL. Salah satu penyebab utama terjadinya pesan Error Establishing a Database Connection yakni database yang korup.


Di tahap ini, silakan login ke akun hosting Anda menyerupai biasa dan akses sajian phpMyAdmin, lihat gambar berikut:


Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress


Setelah Anda masuk ke panel phpMyAdmin, susukan database Anda dengan mengklik sajian Structure di cuilan atas. Deretan table database Anda akan muncul.


Scroll ke cuilan bawah sampai Anda menemukan opsi Check All dan di dropdown sajian sebelah kanan silakan pilih opsi Repair, lihat gambar berikut:


Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress


Setelah itu phpMyAdmin akan melaksanakan perbaikan pada database Anda. Sekarang coba refresh website Anda. Apakah Anda sudah berhasil memperbaiki Error Establishing a Database Connection? Jika belum silakan lanjutkan ke tahap berikutnya.


3. Lakukan Perbaikan Pada Database Anda Lewat wp-config.php


Langkah ini bekerjsama sama dengan langkah sebelumnya. Apabila Anda lebih nyaman memperbaiki database melalui FTP, maka ikuti langkah-langkah berikut.


Akses file wp-config.php memakai file manager dari penyedia layanan hosting Anda atau memakai FileZilla.


Baca Juga: Cara Menggunakan FileZilla: File Transfer Protocol (FTP)


Di root directory website Anda, cari file wp-config.php dan pilih Edit. File wp-config.php akan terbuka dan masukkan isyarat berikut sempurna sebelum tulisan /* That’s all, stop editing! Happy blogging. */


define('WP_ALLOW_REPAIR', true);


Simpan wp-config.php tersebut bila sudah. Setelah itu susukan http://www.websiteanda.com/wp-admin/maint/repair.php dan klik Repair Database.


WordPress akan melaksanakan perbaikan secara otomatis dan mungkin perlu menunggu beberapa saat.


Setelah selesai, coba susukan kembali website Anda. Berhasil atau tidak, jangan lupa untuk menghapus isyarat tadi di wp-config.php mengikuti langkah-langkah sebelumnya.


Apabila belum berhasil memperbaiki Error Establishing a Database Connection, silakan lanjut ke tahap berikutnya.


4. Coba Periksa Pengaturan di wp-config.php


Seperti langkah sebelumnya, silakan susukan wp-config.php memakai file manager hosting Anda maupun FileZilla. Pilih Edit untuk melaksanakan perubahan.


Pastikan bahwa isyarat berikut sama dengan pengaturan database website Anda:


define('DB_NAME', 'nama database website Anda');
define('DB_USER', 'username database Anda');
define('DB_PASSWORD', 'password database');
define('DB_HOST', 'localhost');

Untuk menyocokkannya, silakan susukan sajian MySQL atau phpMyAdmin di hosting Anda dan cari tahu Nama Database, Username Database, Password, dan Host. Kemudian sesuaikan yang termuat di dalam file wp-config.php.


Setelah itu simpan wp-config.php yang sudah dicocokkan dan coba periksa kembali website Anda.


Apabila masih belum bisa, maka pilihan yang tersisa yang sanggup Anda harapkan yakni santunan dari tim support penyedia layanan hosting Anda.


Mereka akan memperbaiki atau me-reset database Anda serta bantuan-bantuan teknis lain yang pastinya akan sangat membantu menghidupkan website Anda kembali dari tidurnya.


Bagaimana berdasarkan Anda? Apakah tutorial ini sanggup membantu Anda emperbaiki Error Establishing a Database Connection? Semoga bermanfaat!




Bacaan Selanjutnya:

Cara Memperbaiki CSS dan JS Error di Google Search Console




Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Memperbaiki Error Establishing A Database Connection Di Wordpress"

Posting Komentar