Cara Install Google Analytics Di Wordpress Tanpa Plugin

Cara Install Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin – Siapapun Anda entah itu blogger, webmaster, atau internet marketer niscaya tahu apa itu Google Analytics.


Produk gratis dari perusahaan raksasa Google ini merupakan salah satu alat gratis yang sangat ampuh dan besar lengan berkuasa dalam menganalisa performa pengunjung di website kita.


Di artikel sebelumnya kami sudah pernah membahas ihwal cara mendaftarkan blog di Google Analytics. Apabila Anda pengguna WordPress, menginstall Google Analytics di WordPress sangat gampang.


Baca Juga: Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress


Apalagi ada banyak plugin WordPress yang terdapat di repository khusus Google Analytics yang sanggup Anda gunakan gratis dan tentu saja memudahkan.


Hanya saja, terlalu banyak memakai plugin WordPress tidak begitu disarankan terutama bagi Anda yang sangat peduli dengan kecepatan loading website. Terlalu banyak memakai plugin tentu saja akan menghipnotis kecepatan loading website Anda.


Baca Juga: Cara Mengintegrasikan Google Adsense dan Google Analytics


Apabila Anda ingin mencari alternatif mengenai cara install Google Analytics di WordPress tanpa plugin, artikel ini sanggup Anda jadikan panduan. Berikut langkah-langkahnya.


Cara Install Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin


Cara Install Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin Cara Install Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin


1. Pastikan Anda Sudah Mendaftarkan Website Anda ke Google Analytics


Ini sudah jelas. Namun, apabila Anda memang belum mendaftarkan blog Anda ke Google Analytics, baca artikel berikut sebagai panduan:


Cara Mendaftarkan Blog di Google Analytics



Jika sudah tamat mendaftarkan website Anda ke Google Analytics, Anda niscaya sudah mendapat kode/script Google Analytics yang siap untuk dipasang. Simpan terlebih dahulu dan lanjut ke tahap berikutnya.


2. Direkomendasikan Untuk Membuat Child Theme


Salah satu file terpenting di theme WordPress yang Anda gunakan sesaat lagi akan kita modifikasi.


Baca Juga: Lengkap: Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast


Namun, disarankan untuk menciptakan WordPress Child Theme terlebih dahulu supaya hasil modifikasi yang dibentuk tidak hilang sehabis melaksanakan update terhadap theme WordPress yang digunakan.


Membuat WordPress Child Theme tidak sesusah ibarat kedengarannya. Cara membuatnya tertulis terang di artikel berikut:


Pengertian dan Cara Membuat WordPress Child Theme



3. Lakukan Backup Pada File Functions.php


Dalam tutorial ini, kita bersentuhan pribadi dengan functions.php yang merupakan jantung utama theme WordPress.


Oleh lantaran itu, kita harus berhati-hati ketika berhadapan dengan file yang satu alasannya ialah satu kesalahan kecil saja akan menciptakan website Anda tidak sanggup diakses.


Baca Juga: Cara Menggunakan Google Fonts Tanpa Plugin


Sebelum memulai, lakukan backup terlebih dahulu. Anda sanggup memakai File Manager di cPanel layanan hosting Anda atau memakai FTP Client ibarat FileZilla.


Baca Juga: Cara Menggunakan FileZilla: File Transfer Protocol (FTP)


Login ke root directory website Anda memakai FileZilla atau File Manager. Kemudian masuk ke folder wp-content => themes => <folder theme Anda> => dan copy file functions.php ke penyimpanan lokal PC Anda.


4. Masukkan Code Berikut ke Functions.php


Nah, langkah inilah inti utama dari artikel ini. Copy kode/script Google Analytics tag yang Anda sudah didapat di langkah pertama. Kemudian di dalam file functions.php, silakan masukkan aba-aba berikut:


// @ https://www.seniberpikir.com
function seniberpikircom_google_analytics() { ?>
// Paste kode/script Google Analytics Anda di bawah ini (replace ###)
###
<?php }
add_action( 'wp_head', 'seniberpikircom_google_analytics', 10 );

Setelah itu, silakan simpan file functions.php yang telah diedit. Apabila Anda ingin meningkatkan performa website Anda, silakan ubah wp_head di atas menjadi wp_footer.


5. Mulai Monitor Pengunjung Lewat Google Analytics


Biasanya Google Analytics harus menunggu sekitar 1×24 jam untuk memuat data pengunjung di website Anda.


Setelah aba-aba di atas tamat diaplikasikan, Anda sekarang sudah sanggup memonitor perkembangan website Anda dari segi pengunjung dan banyak sekali metrik lain yang pastinya sangat bermanfaat bagi Anda.


Nah, itulah cara install Google Analytics di WordPress tanpa plugin. Apakah Anda sudah berhasil mengimplementasikannya? Semoga bermanfaat!



Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Install Google Analytics Di Wordpress Tanpa Plugin"

Posting Komentar