Upaya-Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani Di Indonesia

Masyarakat Madani Di Indonesia, sudut pandang pemahaman masyarakat madani sanggup dirumuskan secara sederhana. Rumusan tersebut yaitu membangun masyarakat yang adil, terbuka dan demokratif, dengan landasan takwa dengan semangat Ketuhanan Yang Maha Esa, serta sahnya nilai-nilai korelasi sosial yang luhur. Bentuk-bentuk korelasi sosial tersebut yaitu toleransi dan pluralisme. Keduanya merupakan wujud ikatan keadaban (bond of civility). Maka dari itu, toleransi dan pluralisme menjadi bab untuk menwujudkan nilai-nilai keadaban. Nah pada kesempatan kali ini akan menghadirkan klarifikasi mengenai uapay-upaya yang bisa dioptimalkan guna mewujudkan terciptanya masyarakat madani. Berikut ialah upaya-upaya untuk mewujudkan masyarakat madani. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

 sudut pandang pemahaman masyarakat madani sanggup dirumuskan secara sederhana Upaya-upaya Mewujudkan Masyarakat Madani di Indonesia
Upaya-upaya Mewujudkan Masyarakat Madani di Indonesia | www.zonasiswa.com

1. Meningkatkan Usaha Menciptakan Pemerintahan yang Baik
Terciptanya pemerintahan yang baik (good government) merupakan tuntutan masyarakat pada masa reformasi. Pemerintahan yang baik menjadi prasyarat untuk tumbuh dan berkembangnya masyarakat madani yang sehat. Pemerintahan yang higienis merupakan sebuah pemerintahan yang efesien dan efektif, profesional, berwibawa, serta bebas dari korupsi, kongkalikong dan nepotisme. Ciri khas dari pemerintahan yang higienis ialah sanggup mengemban amanah (credible), sanggup diterima (acceptable), sanggup memimpin (capable), pemerintahan higienis (clean government). 

2. Meningkatkan Keseimbangan dalam Pembagian Kekuasaan
Sebagaimana prinsip trias politika, sautu pemerintahan yang ideal terbagi ke dalam 3 kekuasaan, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Ketiganya terwadahi dalam lembagalembaga negara. Ketiga forum harus bisa menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dengan demikian, sanggup tercipta tingkat keseimbangan korelasi antara kekuasaan eksekutif, kekuasaan legeslatif, dan kekuasaan yudikatif. Di dalam menjalankan perannya, forum legislatif menjadi cerminan aspirasi masyarakat yang diwakili. 


3. Meningkatkan Jiwa Kemandirian melalui Kegiatan Perekonomian
Masyarakat madani menuntut pemerataan kehidupan ekonomi yang lebih merata. Dengan adanya pemerataan, acara perekonomian menjadi hak semua warga negara. Kegiatan ekonomi tidak hanya menjadi milik sekelompok kecil anggota masyarakat. Kegagalan dalam menerapkan pemerataan ekonomi, sanggup membuat kehidupan perekonomian yang tidak demokratis. Namun sebaliknya, pemerataan acara perekonomian, sanggup menjamin kehidupan ekonomi yang demokratis. Makin demokratis suatu bangsa, berarti makin gampang mewujudkan terciptanya masyarakat madani.

4. Meningkatkan Pemahaman Perlunya Kebebasan Pers
Di dalam kehidupan masyarakat madani, pers mempunyai tugas untuk melaksanakan kontrol sosial. Terciptanya kebebasan pers, yaitu berkembangnya media massa baik cetak maupun elektronik yang sanggup berfungsi mendidik dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta melaksanakan fungsi kontrol sosial. Kebebasan pers merupakan salah satu syarat demokrasi. Makin banyak syarat demokrasi terpenuhi, berarti makin gampang membawa masyarakat ke arah masyarakat madani.

5. Menciptakan Perangkat Hukum yang Memadai dan Berkeadilan Sosial
Terbentuknya forum pene gak aturan harus bisa mencerminkan berlakunya supremasi aturan dalam kehidupan bermasyara kat, berbangsa, dan bernegara menuju suatu tatanan masyarakat madani atau civil society Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan semangat reformasi. Di dalamnya terkandung semangat untuk mewujudkan ketaatan kepada aturan untuk semua orang dan bukan hanya untuk kepentingan penguasa. Setiap orang sama di depan hukum, sehingga dituntut kedisiplinan yang sama terhadap nilai-nilai aturan yang berlaku. Terciptanya perangkat aturan yang memadai dan berkeadilan sosial, bisa menghilangkan diskriminasi di bidang hukum. 


6. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan
Pendidikan menjadi jalan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk itu, perlu diciptakan sistem pendidikan yang baik. Sistem pendidikan yang baik, menekankan pada aspek kearifan budaya dan nilai-nilai lokal sebagai pijakan berbangsa. Identitas kebangsaan hanya bertahan kalau sosialisasi nilai-nilai kebangsaan yang mengacu pada nilai-nilai kultural bangsa dilakukan melalui forum pendidikan. Makin baik sistem pendidikan, makin banyak pula tercipta sumber daya insan yang berkualitas. Makin tinggi kualitas sumber daya manusia, makin gampang pula penerapan prinsip-prinsip masyarakat madani.

7. Menanamkan Sikap Mencintai dan Menghargai Budaya Bangsa
Perbedaaan yang dimiliki setiap suku bangsa merupakan identitas bangsa Indonesia. Oleh alasannya ialah itu, pengembangan budaya kawasan akan menawarkan santunan bagi perkembangan rasa kesatuan bangsa Indonesia. Pluralisme bukan menjadi sumber perpecahan, tetapi menjadi pujian sebagai identitas bangsa Indonesia yang berpengaruh dan benar. Bila bangsa Indonesia sanggup menghargai pluralisme, berarti salah satu syarat menjadi masyarakat madani telah terpenuhi. Masyarakat plural merupakan ciri masyarakat madani.

Demikianlah klarifikasi mengenai upaya-upaya untuk mewujudkan masyarakat madani, agar bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Apabila ada suatu kesalahan baik berupa penulisan maupun isi penjelasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa share ke teman-teman yang lainnya ya. Terima kasih...

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Upaya-Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani Di Indonesia"

Posting Komentar