Tips Menentukan Monitor Komputer Yang Berkualitas

Monitor komputer yaitu salah satu komponen penting yang mempengaruhi performa kerja dan bermain. Tanpa monitor yang baik, tidak mungkin buatmu untuk kerja, nge-game, atau menonton film dengan terang dan nyaman di komputer. Oleh sebab itu, menentukan monitor tak boleh sembarang atau hanya asal murah saja. Ada banyak aspek penting yang perlu diperhatikan sebelum tetapkan membeli suatu monitor. Berikut tipsnya!


Monitor komputer yaitu salah satu komponen penting yang mempengaruhi performa kerja dan b Tips Memilih Monitor Komputer yang Berkualitas


Pilih resolusi layar


Faktor penting lainnya yang patut dipertimbangkan yaitu resolusi layar. Terlebih di zaman sekarang, kebanyakan monitor sudah mempunyai resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). Tampilan gambarnya sangat tajam dengan ukuran teks yang bisa dilihat terang mengakibatkan monitor dengan resolusi Full HD sebuah kebutuhan dasar monitor ketika ini.


Tentukan ukuran monitor


Pemilihan ukuran monitor sesungguhnya tergantung pada kebutuhan pemakaian dan bujet pengguna. Sebagai contoh, layar 24 inci (sedang) dianggap sudah cukup untuk mendukung produktivitas kerja dan acara hiburan. Tapi bila space ruangan memungkinkan, maka layar berukuran 27 inci ke atas juga tak masalah.


Saat ini, banyak monitor 27 inci hadir dengan resolusi Wide Quad High Definition (WQHD) beresolusi 2560 x1440 piksel. Jumlah piksel yang lebih tinggi tentu sanggup mengatakan gambaran yang jauh lebih tajam dari Full HD. Meskipun begitu, harus diimbangi dengan kartu grafis yang besar lengan berkuasa untuk sanggup memainkan game terbaru dengan resolusi lebih tinggi.


Monitor komputer yaitu salah satu komponen penting yang mempengaruhi performa kerja dan b Tips Memilih Monitor Komputer yang Berkualitas


Pilih teknologi panel


Ada beberapa jenis teknologi layar di mana masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Pada umumnya, panel mainstream yang digunakan yaitu Twisted Nematic (TN) dan In-Plane Switching (IPS). TN merupakan panel yang paling terjangkau dan terkenal di kalangan gamer sebab memperlihatkan respons piksel dan refresh rate cepat. Sayangnya, panel ini rentan terhadap pergeseran warna ketika dilihat dari segala sisi. Sementara IPS bisa mengatakan kualitas warna terbaik dengan viewing angle yang lebar, meskipun tidak sanggup menandingi respons piksel panel TN.


Jadi, jikalau kau bakalan sering memakai monitor untuk kegiatan hiburan atau pekerja, maka panel IPS yaitu pilihan tepat. Panel IPS memperlihatkan kualitas visual menyeluruh dengan lebih baik. Ini berarti reproduksi warna menjadi lebih hidup dan akurat, serta sudut pandang lebih baik.


Monitor komputer yaitu salah satu komponen penting yang mempengaruhi performa kerja dan b Tips Memilih Monitor Komputer yang Berkualitas


Cek akurasi warna


Pengguna profesional biasanya mempunyai kebutuhan khusus yang menciptakan mereka harus mempertimbangkan beberapa aspek sebelum menentukan monitor. Sebut saja profesi menyerupai fotografer, desainer web, special effect artist, sampai pro-gamer, yang membutuhkan kontrol warna yang akurat untuk mendukung seluruh pekerjaan. Jika spAcer termasuk di dalamnya, prioritas utama untuk menentukan monitor yang sempurna yaitu kualitas gambar dengan sRGB.  


Monitor komputer yaitu salah satu komponen penting yang mempengaruhi performa kerja dan b Tips Memilih Monitor Komputer yang Berkualitas


Kecepatan refresh rate


Faktor lain yang turut menentukan pilihan yaitu refresh rate. Kebanyakan monitor ketika ini dilengkapi dengan refresh rate 60 Hz, yang berarti kau hanya sanggup melihat 60 frame per detik ketika gaming. Ini cukup bagi pekerja kantoran, dosen, atau pebisnis yang hanya memakai monitor untuk komputasi sehari-hari.


Tapi jikalau spAcer yaitu gamer, animator, atau YouTuber, maka pilihlah monitor dengan minimal refresh rate 144 Hz biar mengatakan pengalaman bermain atau kerja yang lebih smooth. Beberapa monitor gaming high end bahkan dirancang dengan teknologi yang dikenal sebagai variable refresh rate. Fitur ini disematkan dalam monitor biar sanggup me-refresh pada frame rate yang sama oleh sistem.  Misalnya, jikalau game di-render pada 50 frame per detik, maka monitor juga akan refresh pada 50 frame per detik.


Setidaknya ada dua manufaktur yang tersedia ketika ini, yaitu NVIDIA G-Sync dan AMD Freesync. Jadi, jikalau kau bakal sering memakai monitor untuk kerja berat, carilah monitor yang telah didukung salah satu jenis kartu tersebut.


Cek response time


Poin ini tak semua orang membutuhkannya. Umumnya, monitor dengan response time yang cepat lebih banyak diperlukan gamer profesional. Gamer menuntut response time di bawah 8 ms untuk memastikan bahwa video atau animasi yang bergerak cepat sanggup terbebas dari imbas ghosting ketika digunakan untuk game berat.


Perhatikan fitur lainnya


Untuk meningkatkan produktivitas kerja atau berkolaborasi bersama teman, pilihlah monitor dengan stand (dudukan) ergonomis sehingga tingkat kemiringan, ketinggian, dan sudutnya bisa diatur dengan mudah. Selain mengatakan rasa nyaman ketika memakai monitor, desain tersebut juga turut meminimalkan rasa capek pada leher dan matamu ketika menatap monitor.


Monitor komputer yaitu salah satu komponen penting yang mempengaruhi performa kerja dan b Tips Memilih Monitor Komputer yang Berkualitas


Terakhir, hal lain yang harus diperhatikan yaitu menentukan monitor yang dilengkapi lapisan anti silau sehingga akan membantumu ketika berada di ruangan yang sangat terang atau duduk di belakang jendela. Kamu juga sebaiknya menentukan monitor yang dilengkapi built-in speaker yang bisa mengatakan bunyi tajam dan powerful. Dengan begini, kau tak memerlukan speaker eksternal, sekaligus sanggup menjaga estetika ruangan tanpa adanya banyak kabel yang awut-awutan di sekitar monitor.


Itulah beberapa tips dari Acer dalam menentukan monitor ideal. Bila ingin yang jauh lebih menarik dan efisien, PC All in One (AIO) bisa kau pilih sebab tidak memakan ruang besar dan bebas dari koneksi kabel yang ribet. Acer merekomendasikan Aspire S24 dan Aspire U27 yang mempunyai paduan kinerja dan desain yang seimbang.


Aspire S24 menonjolkan tampilan stylish berkat bezel layar super tipis 2,7 mm. Hadir dengan ukuran layar 24 inci, PC AIO Acer tertipis ini memperlihatkan performa besar lengan berkuasa untuk produktivitas kerja sampai multimedia. Di dalamnya, Aspire S24 memakai prosesor Intel Core generasi ke-8 dan Intel Optane Memory untuk membantu kinerja PC lebih kencang. Bahkan sanggup memudahkan charge baterai ponsel berteknologi Qi Wireless Charging.


Monitor komputer yaitu salah satu komponen penting yang mempengaruhi performa kerja dan b Tips Memilih Monitor Komputer yang Berkualitas


Sementara Aspire U27 sangat sempurna untuk kegiatan hiburan multimedia. PC AIO mempunyai layar lebih besar, yaitu Full HD 27 inci, dan telah dilengkapi teknologi Acer ExaColor untuk warna yang akurat. Suara yang jernih ketika menonton film atau mendengarkan musik hadir berkat dua speaker dengan subwoofer internal yang dirancang khusus.


Menariknya, Aspire U27 dibekali sistem pendingin fanless LiquidLoop yang sanggup meminimalisir duduk masalah panas berlebihan. Sistem tersebut juga sanggup menciptakan PC beroperasi lebih damai dan irit energi. Bahkan biar performa yang lebih responsif dan cepat, PC AIO ini telah mempunyai upgrade ke Intel Optane Memory.


Tidak lagi ragu atau gundah membeli monitor komputer, spAcer. Semoga bermanfaat!



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Menentukan Monitor Komputer Yang Berkualitas"

Posting Komentar