Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Spltv)

Sistem persamaan linear tiga variabel. Assalamualaikum teman bangkusekolah.com. Masih belum pada bosan kan berguru matematika? Sekarang pada kesempatakan kali ini kita akan membahas Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel tersebut yang mana udah kita bahas di perjumpaan kemarin. Sebelumnya kita sudah berguru bersama mengenai Sistem persamaan linear dua variabel.


Namanya saja Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Pasti variabelnya ada tiga biasanya yang sering dipakai x, y, z, dalam penyelesaiannya kita dapat memakai tiga metode, yakni metode substitusi, metode adonan dan metode determinan. Sekarang kita masuk pada bahasan kita hari ini yaitu memilih persamaan linear tiga variabel, Mari berguru bersama dari ulasan berikut ini.


Belajar Menentukan Sistem Persamaan Linear Tiga Variable (SPLTV)


 Masih belum pada bosan kan berguru matematika Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)








Persamaan linear dengan tiga variabel memiliki tiga bentuk umum: ax + by + cz = d, dengan a, b, c, dan d yaitu bilangan real dan a 0 ; b 0 ; c 0

Pada persamaan linear dengan dua variabel menyerupai kita diketahui grafiknya berupa garis lurus pada bidang XY. Namun pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, bentuk grafiknya yaitu berupa garis lurus pada bidang datar pada ruang berdimensi tiga, yaitu ruang XYZ. Dari sini terlihat terperinci perbedaan antara persamaan linear dua variabel dengan persamaan linear tiga variabel.


Penyelesaian dari persamaan ax + by + cz = d diperoleh dengan cara memberi nilai sembarang terhadap dua variabelnya. Dari situlah gres lalu kita dapat memilih nilai variabel ketiga.


Nah dibawah ini yaitu bentuk umum dari Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.


ax + by + cz = d


dx + ey + fz = p


gx + hy + iz = q


a, b, c, d, e, f, g, h, I, p, q, r Î r


a, d, g = koefisien dari x


b, e, h = koefisien dari y


c, f, i = koefisien dari z


d, p,q = konstanta


x, y, z = variabel


Nah, bagaimana? Apa teman sudah paham? Untuk memperdalam lagi pemahaman teman mengenai Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, berikut ini telah kami siapkan pola soal. Selamat menyimak!


Contoh 1


Tentukan penyelesaian dari persamaan:


x + y + z = 6


jawaban:


persamaan dengan tiga variabel: x + y + z = 6


untuk x = 0, dan y = 0, diperoleh z = 6


untuk x = 0, dan z = 0, diperoleh y = 6


untuk y = 0, dan z = 0, diperoleh x = 6


jadi, (0, 0, 6), (0, 6, 0), dan (6, 0, 0) merupakan penyelesaian dari persamaan x + y + z = 6, grafiknya ditunjukkan gambar dibawah ini


Contoh 2


Tentukan penyelesaian dari persamaan:


x + y + z = 9


jawaban:


persamaan dengan tiga variabel: x + y + z = 9


untuk x = 0, dan y = 0, diperoleh z = 9


untuk x = 0, dan z = 0, diperoleh y = 9


untuk y = 0, dan z = 0, diperoleh x = 9


jadi, (0, 0, 9), (0, 9, 0), dan (9, 0, 0) merupakan penyelesaian dari persamaan x + y + z = 9


latihan!



  1. x + y + z = 9

  2. x + y + z = 10

  3. x + y + z = 5

  4. x + y + z = 3

  5. x + y + z = 7


Nah itu saja dulu teman bangkusekolah.com kita sudah mengenai bahan bahasan kali ini seputar Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), Dari pembahasan hari ini teman pahami dulu ya. Oya, kalau pada bahasan kali ini masih ada yang belum teman pahami dan dimengerti, teman dapat eksklusif mengajukan apa yang belum teman mengerti disini.


Pada pertemuan yang selanjutnya, kita akan berguru bersama dan membahas Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel dengan memakai cara metode substitusi. Mohon maaf kalau postingan ada kesalahan yang tak terduga dan mohon juga saran perbaikannya. Dan tak lupa terima kasih atas kunjungannya para teman bangkusekolah.com.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Spltv)"

Posting Komentar