√ Rangkuman Lingkup Lingkungan Kehidupan Manusia



Keadaan relief permukaan bumi dipengaruhi oleh proses alami yang berlangsung sangat lama. Proses alamiah ini digerakkan oleh tenaga geologi.

Tenaga geologi dibedakan atas tenaga endogen dan tenaga eksogen.

Tenaga endogen secara umum ada dua macam, ialah tektonisme dan vulkanisme.

Peristiwa alam tektonisme sanggup berupa pelipatan, perggeseran, dan pengangkatan yang membentuk struktur permukaan bumi.

Proses pembentukan kembali kulit bumi yang berupa gunung, pegunungan, plato, lembah, dan retakan yang terjadi akhir gerakan lempeng bumi dinamakan tanda-tanda diastrofisme.


Rangkuman Lingkup Lingkungan Kehidupan Manusia √ RANGKUMAN LINGKUP LINGKUNGAN KEHIDUPAN MANUSIA


Gejala-gejala alam akhir pergerakan magma disebut vulkanisme. Vulkanisme dibedakan atas intrusi dan ekstrusi magma.

Getaran di muka bumi yang terjadi sebab pergerakan tektonis maupun vulkanis bumi dinamakan gempa bumi atau seisme.

Gempa bumi dibedakan tiga jenis, ialah gempa tektonik, gempa vulkanik, dan runtuhan atau terban.

Tenaga pengubah bentuk muka bumi yang berasal dari luar disebut tenaga eksogen. Tenaga eksogen mengubah bentuk permukaan bumi dengan merusak, contohnya melalui pelapukan, erosi, abrasi, sedimentasi.

Proses-proses alami pembentukan permukaan bumi sebab tenaga endogen dan eksogen menghasilkan dampak-dampak konkret maupun negatif bagi manusia.

Kehidupan insan berkaitan bersahabat dengan lingkungan hidupnya. Hal ini terjadi semenjak masa pra-aksara sampai dikala ini.

Masa dua juta tahun terakhir disebut sebagai kuarnair. Pada masa ini terjadi perubahan iklim di seluruh dunia yang disebut glasial dan interglasial.

Perpindahan insan pertama ke wilayah Indonesia diduga terjadi pada masa satu juta tahun yang lalu, ialah pithecanthropus.

Perubahan kehidupan insan di Indonesia pada masa pra-aksara dibedakan menurut teknologi yang digunakan, ialah zaman kerikil tua, zaman kerikil tengah, zaman kerikil bara, dan zaman logam.

Keberadaan dan kehidupan insan purba sanggup dilacak menurut fosil-fosil dan artefak yang ditemukan.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Rangkuman Lingkup Lingkungan Kehidupan Manusia"

Posting Komentar