Pengertian Dinding Dan Jenisnya

 Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan dan membentuk ruan pengertian dinding dan jenisnya

Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan dan membentuk ruangan.Teknologi menghadirkan fungsi gres dari dinding dan menyajikan aneka macam macam jenis finishing-nya. Fungsi lain dari dinding yaitu sebagai pendefinisi ruangan, peredam suara, melindungi serpihan dalam bangunan dari paparan sinar matahari,hujan,maupun hewan dan sebagainya. Berdasarkan fungsinya, dinding terbagi menjadi beberapa serpihan yaitu dinding partisi, dinding pembatas , dinding penahan dan masih banyak lagi.

Dinding mempunyai beberapa fungsi yaitu:
  • Pembatas antar ruang serpihan dalam, luar, samping,depan dan belakang.
  • Pembentuk kawasan fungsi (zoning) dalam bangunan. Ruang tidur dengan ruang dapur dan ruang-ruang lainnya dipisahkan oleh dinding dan masing-masing ruangan mempunyai funsi yang berbeda.
  • Pelindung dari efek di lingkungan luar tempat kita tinggal dan beraktifitas.
  • Menambah keindahan pada bangunan, pada rumah dan bangunan modern seringkali menampilkan dinding luar di ekspose sedemikian rupa untuk menambah daya tarik suatu bangunan tersebut
  • Pada struktur bangunan tertentu dinding berfungsi sebagai pemikul beban (shear wall), Umumnya terdapat pada bangunan dengan skema yang tidak teratur dan bertingkat, hal ini untuk mengurangi gaya geser berlebihan yang akan diterima struktur bangunan sehingga bangunan tersebut kondusif terhadap ancaman roboh.

Berdasarkan fungsinya dinding terbagi menjadi 3 yaitu :
  1. Dinding Partisi : yaitu batas vertikal yang ada di dalam ruangan (interior), Bahan yang digunakan untuk dinding partisi ini diantaranya menyerupai gypsum, papan kalsium, triplek, beling Dll.
  2. Dinding Pembatas : Biasanya untuk ruangan yang pribadi secara keluarga pun juga sanggup di buat menyerupai Milik A dan milik si B
  3. Dinding Penahan : Digunakan pada kondisi tanah yang berkontur dan diperlukan struktur perhiasan untuk menahan tekanan tanah.

Berdasarkan Jenisnya dinding terbagi menjadi :
  • Dinding Batu Bata

 Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan dan membentuk ruan pengertian dinding dan jenisnya

dinding yang paling sering digunakan dalam pembangunan baik perumahan sederhana maupun pembangunan gedung-gedung yang berukuran sedang. Adapun kelebihan dari dinding kerikil bata yaitu : Kuat dan tahan lama,Kedap air, sehingga jarang terjadi rembesan pada tembol akhir air hujan, Keretakan relatif jarang terjadi. Namun, kerikil bata mempunyai kekurangan tersendiri yaitu : Biaya yang cukup tinggi, Waktu pemasangan lebih usang dibandingkan batako dan materi dinding lainnya.

  • Batako Semen Pc / Batako Pres

 Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan dan membentuk ruan pengertian dinding dan jenisnya

Batako pres dibentuk dari adonan semen PC dan pasir atau debu batu. Jenis dinding ini ada yang dibentuk secara manual (menggunakan tangan), ada juga yang menggunakan mesin. Pembuatannya menggunakan cetakan yang dipres secara maksimal, dan dibakar dengan tungku khusus, dengan panas yang tinggi. Ukuran harus sempurna sehingga pemasangannya tidak perlu diadakan plesteran.
Kelebihan dari dinding batako pres yaitu:Pemasangan batako lebih cepat, Kedap air sehingga sangat kecil terjadinya rembesan air,Penggunaan rangka beton pengakunya lebih luas, antara 9 – 12 m2.
Namun dinding batako pres mempunyai kekurangan : Kekurangan dinding batako pres : Harga relatif lebih mahal dibanding batako tras, Praktis terjadi retak rambut pada dinding,Mudah dilubangi lantaran terdapat lubang pada serpihan sisi dalamnya.

  • Dinding Bata Kapur

 Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan dan membentuk ruan pengertian dinding dan jenisnya

Ukuran dinding bata kapur 8 cm x 17 cm x 30 cm. Dinding ini banyak digunakan pada rumah-rumah di pedesaan, perumahan rakyat,pagar pembatas tanah, atau rumah sederhana. Dinding bata kapur terbuat dari adonan tanah liat dengan kapur gunung. Waktu pemasangan pun cepat dan sedikit memakaia adukan semen-pasir. Bila telah terpasang dan di plester dinding ini tidak akan terlihat dari tanah dan kapur. Dinding ini memerlukan kolom pengaku (kolom praktis) setiap 2,5 m.

  • Dinding Bata Hebel Atau Celcon

 Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan dan membentuk ruan pengertian dinding dan jenisnya

Dinding bata hebel atau celcon yaitu materi bangunan pembentuk dinding dengan mutu yang relatif tinggi. Dinding jenis ini sanggup tidak di plester, cukup di aci saja lantaran permukaannya yang sudah rata dan permukaan kerikil yang lebar. Hanya saja ketebalan kusennya harus disesuaikan. Selain itu, dalam praktik pemasangan sedikit materi yang terbuang percuma. Bata ini cukup ringan, halus, dan mempunyai tingkat kerataan yang baik. Bisa pribadi diberi aci tanpa harus di plester terlebih dulu, dengan menggunakan semen khusus. Bahan dasar acian/semen tersebut yaitu pasir silika, semen, filler, dan zat aditif. Untuk menggunakannya, semen ini hanya di campur dengan air. Tetapi sanggup juga menggunakan materi menyerupai pemasangan batako.
Kelebihan dari dinding bata hebel atau celcon : Kedap air sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan air,Pemasangan lebih cepat dengan pemotongan yang lebih gampang dengan menggunakan gergaji,Penggunaan rangka beton pengakunya lebih luas, antara 9 - 12,Ringan, tahan api, dan mempunyai kekedapan bunyi yang baik.Kekurangan yang di miliki dinding bata hebel atau celcon yaitu : Harga relatif lebih mahal,Tidak semua tukang pernah memasang bata jenis ini,Hanya toko material besar yang menjual dan penjualannya dalam jumlah m3.

  • Dinding Partisi

 Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan dan membentuk ruan pengertian dinding dan jenisnya

Sesuai dengan namanya dinding partisi memang dikhususkan untuk sekat antar ruang. Karena di desain sebagai sekat antara ruang satu dan yang lain, dinding ini mempunyai desain konstruksi yang lebih mudah dan ringan dibanding dengan konstruksi dinding yang lain. Bahan partisi untuk dinding jenis ini termasuk cantik dan murah. Sayangnya dinding ini tidak sanggup digunakan untuk dinding luar (eksterior). Ini disebabkan sifat bahannya yang kurang menjamin faktor keamanan dari gangguan luar. Disamping tidak cocok untuk konstruksi terbuka, dinding jenis ini juga tidak dirancang untuk memikul beban yang berat. Dinding macam ini banyak digunakan sebagai materi penyekat ruangan, terutama di perkantoran. Bahan yang digunakan umumnya terdiri dari lembaran multiplek atau papan gipsum dengan ketebalan 9-12 mm. Dari segi beban terhadap bangunan, dinding partisi sanggup diabaikan.

  • Dinding Precast

 Dinding merupakan salah satu elemen bangunan yang berfungsi memisahkan dan membentuk ruan pengertian dinding dan jenisnya

Dinding beton precast yaitu dinding yang terbuat dari adonan beton agregat yang dicetak yang mengakibatkan dinding ini sangat kokoh dan juga ringan. Dinding ini biasa digunakan untuk gedung gedung bertingkat selain lantaran kokoh dan ringan dinding yang satu ini juga gampang dalam pengerjaannya dibanding dinding yang lain.

Sumber http://rizkikakbar.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dinding Dan Jenisnya"

Posting Komentar